Posted by: todung | 4 June 2010

RENUNGAN PRIBADI ALMANAK HKBP JAN-JUNI 2010

RENUNGAN MINGGUAN PRIBADI
Menggunakan ALMANAK HKBP
JANUARI-JUNI 2010

————————————————————————————————-

GOOD ADMISTRATION YEAR OF HKBP:
TAHUN PENATALAYANAN HKBP
2010

-————————————————————————————————

MINGGU: 1 JANUARI 2010
Tahun Baru

THE UNITY OF THE BODY
KESATUAN TUBUH
HASADAON NI HURIA SONGON PAMATANG NI KRISTU
S

Evangelium : EF 4; 16;
Epistel : 1 TESS.5;12-22;
Topik : 1 KORINT 12; 27

RENUNGAN MINGGU INI: “Penatalayanan Keuangan HKBP dalam tubuh Kristus”

Dulu, kalau ada Ibu melahirkan pasti dimohonkan agar keluarganya memberi persembahan di Gereja kepada Diakoni Sosial atau Sending Batak (di Pusat HKBP) penuh dengan iman dan pengharapan, walaupun pelayanan itu tidak pernah dia lihat di Hephata, Elim, Mentawai atau di Pulau Rupat. Mereka merasa ada kesatuan dirinya dengan manusia yang dilayani di tempat jauh disana. Alhasil jadilah anak yang lahir di Silindung, Humbang, Toba, Samosir, Dairi, Tapsel, Mandailing, Simalungun, Karo, Sumatera Timur, Jawa, Kepri, Sumbangsel, Kalimantan, Sulawesi, Ambon, Papua dan di segala penjuru HKBP berkembang besar dalam Tuhan, yang kemudian hari turut berpartisipasi membangun membesarkan Gereja HKBP.
Banyak Jemaat sekarang lebih mengutamakan memberikan persembahan yang dapat dilihat mata di Huria dari pada kepada pelayanan Diakonia atau Sending (Marturia) yang tidak dapat dilihat. Kecenderungan lain bahwa persembahan Jemaat harus dapat diketahui banyak orang, bila perlu disiarkan melalui media. Sudah jarang terdengar persembahan dengan istilah ”NN” Akibat semuanya ini ialah pengembangan pelayanan Huria menjadi gemuk, tidak sebanding dengan pengembangan Distrik dan Pelayanan Pusat. Pimpinan Jemaatpun sibuk mengumpulkan dana lebih mementingkan Gereja sendiri untuk keperluan berbagai kegiatan pelayanan, pembangunan dan rehab. Bahkan Pelean II yang seharusnya untuk Pusat pun tidak dikirimkan, perasaan satu Gereja antara Huria, Ressort dan Pusat semakin berkurang. Egoisme Huria menebal. Seperti ada keinginan otonomi Huria memisahkan diri dari Pusat, bahaya, rasa kesatuan berHKBP sudah berkurang!
Namun Pusat kiranya juga perlu menjelaskan secara transparan dan akuntabel atas dana dari Huria dan Ressort, dapat diverifikasi dan diaudit oleh pulblik. Gereja sebesar HKBP hingga saat ini belum bisa atau belum mau menata pelayanan keuangan Gereja dengan aplikasi keuangan modern, masih menggunakan teknik manual, ketinggalan dari Gereja-Gereja lain. Dengan penatalayanan keuangan secara modern mulai dari Huria, hingga Pusat diharapkan Keuangan Gereja tidak lagi menjadi momok, namun HKBP jadi kebanggaaan. Sehingga kesatuan Gereja dalam Kristus seperti diingatkan oleh khotbah minggu ini akan menjadi nyata. Mampukah Pusat menatanya? Kapan? Mari kita doakan.

TEENS & YOUTH: ALL OF YOU ARE CHRIST’S BODY, AND EACH ONE IS A PART OF IT. WHAT DO YOU SHOULD SAY AND PRAY FOR HKBP? SAUDARA SEMUANYA BERSAMA-SAMA ADALAH TUBUH KRISTUS, DAN KALIAN MASING-MASING PULA ANGGOTA DARI TUBUH ITU. APA YANG KAMU PIKIRKAN DAN YANG KAMU DOAKAN UNTUK HKBP?

_________________________________________________________tdlt__


MINGGU PERTAMA: 3 JANUARI 2010
Minggu Setelah Tahun Baru

JESUS CHRIST IS THE ONE AND ONLY FOUNDATION
YESUS KRISTUS LAH SATUSATUNYA PONDASI
HOLAN JESUS KRISTUS DO OJAHAN

Evangelium : 1 KORINTUS 3;10-17; Epistel. : 1 Petr 2;4-8; Topik : 1 Korintus 3;11

RENUNGAN MINGGU INI:Penatalayanan Kewenangan Ressort dan Gereja Pagaran HKBP”

Menurut Aturan dan Peraturan (AP) HKBP yang sekarang bahwa Gereja Sabungan (Gereja Induk Lokasi Ressort) dipimpin oleh Pendeta Ressort dan mulai tahun 2004 semua Gereja HKBP dipimpin oleh seorang Fultimer setelah mendapat penugasan melalui SK Pimpinan HKBP. Kedua pasal tersebut menjadi akar permasalahan banyak Gereja HKBP dewasa ini. Pertama bahwa Pendeta Ressort dan Pendeta Jemaat tidak lagi hanya melayani kerohanian Jemaaat, tetapi sudah all round dan all out menangani seluruh manajemen Gereja termasuk dan terutama harta dan keuangan yang selalu menjadi sumber masalah di setiap Gereja. Dari permasalahan ini jelas akan terlihat seberapa jauh seorang Pendeta murni melayani jemaat dengan Firman Tuhan Fundasi Gereja?
Untuk mengatasi permasalahan seperti ini terpaksa diupayakan agar dalam satu Gereja Sabungan bahkan Gereja Pagaran ditambah pelayan fultimer pelayan fungsional khusus misalnya pelayan administrasi Keuangan, Pelayan Remaja dan Pemuda, Pelayan Marturia dan Diakonia dan lain-lain semakin ditambah untuk melayani kategorial dan pelayanan lainnya, sehingga satu Gereja membutuhkan 5 atau lebih pelayan fultimer. Kecenderungan HKBP seperti ini bagi Gereja mapan tidak menjadi masalah karena bisa diatasi dengan kekayaan yang ada. Bagaimana dengan Gereja yang kurang mapan? Memaksakan diri dengan penggajian fulltimer yang besar? Dibandingkan dengan AP lama lebih efektif dan efisien, dimana Pendeta mengurusi khusus Kerohanian secara berwibawa berkembang, dan Penatua Terpilih atau Guru Huria Sipoholon mengurusi manajemen.
Inilah masalah di berbagai Gereja HKBP dewasa ini, pertama mengenai kepemim-pinan Gereja. Bayangkan, jemaat bersama penatuanya dengan berbagai pergumulan hebat dan panjang dari sejak pengadaan lahan, perolehan IMB, pengumpulan dana, lalu membangun, namun begitu selesai, langsung dikuasai orang Pusat. Kedua, dengan hadirnya fulltimer di Huria Pagaran maka tugas pokok dan fungsi Pendeta Ressort menurut AP dan RPP banyak diambil alih oleh Pimpinan Huria Pagaran tanpa aturan peralihan yang jelas. Banyak Pendeta Ressort yang tidak akur dengan Pimpinan Jemaat Pagaran dewasa ini. Perlu ditata Kewenangan dan Kepemimpinan di Ressort dan Gereja Pagaran HKBP untuk senantiasa menempatkan Firman Tuhan sebagai Fundasi Gereja, bukan manajemen harta dan keuangan.

TEENS & YOUTH: FOR GOD HAS ALREADY PLACED JESUS CHRIST AS THE ONE AND ONLY FONDATION, AND NO OTHER FOUNDATION CAN BE LAID. WHAT DO YOU SHOULD SAY AND PRAY FOR HKBP? SEBAB ALLAH SENDIRI SUDAH MENEMPATKAN YESUS KRISTUS SEBAGAI SATU-SATUNYA PONDASI UNTUK GEDUNG ITU, TIDAK ADA PONDASI YANG LAIN. APA YANG KAMU PIKIRKAN DAN YANG KAMU DOAKAN UNTUK HKBP?

________________________________________________________tdlt-

MINGGU KEDUA: 10 JANUARI 2010

Minggu Pertama Setelah Epiphania

JESUS’S BROTHERS
SAUDARA-SAUDARA YESUS
SISOLHOT NI TUHAN JESU
S

EV. : MATEUS 12;46-50; EP.: EFESUS 2;11-22; TOPIK : MATEUS 12; 50

RENUNGAN MINGGU INI: ”Penatalayanan Administrasi Kepegawaian HKBP”

Banyak Gereja HKBP dewasa ini ingin otonom, lepas dari Pusat, ada Pimpinan Jemaat lebih mendambakan keputusan jemaat melalui Rapat Huria (Jemaat), tidak tunduk kepada aturan dan peraturan HKBP, lepas dari kriteria sebagai gereja yang presbiterial dan Synodal, pengen seperti Gereja Kharismatik dan Pentakostal, otonom.
Pimpinan Jemaat yang diangkat oleh Ephorus seperti tidak perlu lagi taat kepada Ephorus yang mengangkatnya, lebih taat kepada Rapat Huria yang menggaji dia. Pada hal ada dua hal yang harus ditaati oleh Pimpinan Jemaat yaitu : Taat Aturan dan Taat Pimpinan. Ada pendeta yang sudah 4 kali menerima SK perpindahan, tetapi tidak dihiraukan oleh Pendeta tersebut dengan alasan bahwa Rapat Huria tidak membolehkannya untuk pindah. Banyak kok Pendeta yang tidak mentaati SK Pimpinan dewasa ini, nggak diapa-apakan oleh Pimpinan, celotehnya. Inilah salahnya, jika Pendeta tersebut digaji oleh Huria bukan dari Ressort. Sudah ada SK pindah masih bisa menggunakan jabatannya untuk melakukan pelayanan seperti Pemberkatan Baptisan, Pemberkatan Sidi, Pemberkatan Sintua, Pemberkatan Pernikahan dan lain-lain. Pada lingkungan pemerintahan hal seperti ini tidak dibolehkan. Setiap pejabat yang sudah menerima SK pindah tidak dibolehkan melakukan tugas pada jabatan sebelumnya. Dimana-mana, kalau sudah ada SK Pindah maka tidak berhak lagi untuk menggunakan jabatannya di lokasi itu. Siapakah Pimpinannya, Ephorus atau Rapat Huria? Rapat Huria sendiri menurut aturan HKBP diadakan untuk melaksanakan keputusan Synode Godang, Synode Distrik, Rapat Ressort dan keperluan internal Huria.
Rupanya Pimpinan Jemaat seperti di atas tidak menganggap Aturan sebagai Suara Tuhan dan Pimpinan HKBP bukan lagi sebagai Pilihan Tuhan. Bahkan sering menjelekkan Pusat HKBP dan Pimpinan HKBP dalam khotbahnya hanya untuk menarik simpati jemaat agar mempertahankannya. Kalau demikian siapa yang layak disebut sebagai saudara Yesus? Jawabnya yang melakukan kehendak Bapa yang taat aturan dan taat pimpinan yang adalah disusun dan diangkat atas kehendak Bapa di surga. Untuk itu mari kita renungkan betapa perlunya ditata pengangkatan Pendeta berbasis karier, bakat dan minat dan juga SP4 HKBP (Sistem Penilaian, Pengangkatan, Penempatan Pendeta) seperti telah diatur dalam Aturan Administrasi Kepegawaian HKBP 2006. Administrasi Kepegawaian inipun perlu disosialisasikan.

TEENS & YOUTH:
WHOEVER DOES WHAT MY FATHER IN HEAVEN WANTS IS MY BROTHER. WHAT DO YOU SHOULD SAY AND PRAY FOR HKBP? ORANG YANG MELAKUKAN KEHENDAK BAPA-KU YANG DI SURGA, DIALAH SAUDARA LAKI-LAKI,SAUDARA PEREMPUAN DAN IBU-KU. APA YANG KAMU PIKIRKAN DAN YANG KAMU DOAKAN UNTUK HKBP?

_______________________________________________________tdlt_

MINGGU KETIGA: 17 JANUARI 2010
Minggu Kedua setelah Epiphania

UT OMNES UNUM SINT
SUPAYA MEREKA MENJADI SATU
HASADAON NI HALAK KRISTEN

EV. : John 17;20-23
EP. : Rom 15;1-6
TOPIK : John 17;21

RENUNGAN MINGGU INI: ”PENATALAYANAN OIKUMENE”

Banyak Denominasi (Gereja dan Sekte) Gereja-Gereja khususnya di Indonesia dewasa ini saling berebut anggota. Ada yang memanfaatkan kekurangan Gereja /Sekte lain. Ada dengan cara melaksanakan acara bersama dengan konteks Alkitab di satu wilayah di lapangan atau tempat terbuka untuk umum tanpa mengenal denominasi misalnya dengan doa bersama, paskah bersama, natal bersama, ada dengan cara memberi suguhan-suguhan menarik seperti entertaiment by celebrity, makan-makan, bahkan ada yang terang-terangan bersaksi bahwa selama di HKBP dia tidak mengenal Roh Tuhan.
HKBP sendiri dengan bersahaja melalui AP 2002 menetapkan adanya Kebaktian Alternatif, Kebaktian Situasional yang dimulai di berbagai Gereja Besar di kota-kota besar, menjalar ke kota-kota kecil hingga menjadi model di Gereja-Gereja di desa, yang justru cenderung mengikuti pola denominasi Kharismatik dan Pantekostal dan cenderung penuh dengan Suka Cita dan Emosional, mereka tidak diterima total oleh jemaat yang lebih mendambakan ciri khas kebaktian HKBP yaitu khikmad sejak ratusan tahun HKBP ada.
Kesimpulannya, bahwa Gereja itu banyak dan berbeda-beda. Berbeda tata ibadah, berbeda aliran, saling tarik-menarik satu dengan yang lain; menjadi sulit untuk dipersatukan. Apa memang perlu dipersatukan? Menurut Yesus harus dan mutlak dipersatukan, tapi menurut Gereja-gereja dengan denominasi yang berbeda, khotbahnya menyatakan …ya!, tapi Gerejanya menyatakan.. tunggu dulu!. Kapan mau bersatu? Keburu maranata tiba? Adakah pernyataan HKBP bahwa Kharismarik dan Pantekostal tidak masalah bagi HKBP seperti dalam Konvessi lama? Jadi ingat candanya Pdt Undangan Simbolon Almarhum berkata: “Marilah kita bersama selama kita boleh bersama, namun mari kita sendiri-sendiri saat kita masih berbeda”. Untuk itu diperlukan Penatalayanan Kebersamaan HKBP dengan Gereja/Sekte lain atau Penatalayanan Oikumene”. Agar dalam segala hal Gereja boleh ikhlas bersatu, yang pada hakekatnya lebih berat pada HKBP

TEENS & YOUTH:
JESUS PRAYS: I PRAY THAT THEY MAY ALL BE ONE. FATHER, MAY THEY BE IN US, JUST AS YOU ARE IN ME, AND I AM IN YOU, MAY THEY BE IN ONE, SO THAT THE WORLD WILL BELIEVE THAT YOU SENT ME. What Do You Should Say And Pray For HKBP? AKU MOHON BAPA, SUPAYA MEREKA SEMUA MENJADI SATU, SEPERTI BAPA BERSATU DENGAN AKU, DAN AKU DENGAN BAPA. SEMOGA MEREKA MENJADI SATU DENGAN KITA SUPAYA DUNIA PERCAYA BAHWA BAPA YANG MENGUTUS AKU. Apa Yang Kamu Pikirkan Dan Yang Kamu Doakan Untuk HKBP?

______________________________________________________tdlt__

MINGGU KEEMPAT: 24 JANUARI 2010
Minggu Ketiga Setelah Epiphania

HOW TO TEACH THE GREAT COMMANDEMENT
BAGAIMANA MENGAJARKAN PERINTAH YANG UTAMA
BOHA DO MANGAJARHON INA NI NASA HATIGORAN

EV. : ULANGAN (5 Musa) 6;4-9
EP. : MATIUS 7; 24-27
TOPIK : ULANGAN 6;7

RENUNGAN MINGGU: ”Penatalayanan Kebaktian Keluarga HKBP”

Banyak orang tua tidak mampu menjadi teladan bagi anak-anaknya. Orang tua menasehati agar anaknya rajin ke Gereja pada hal dia sendiri malas ke Gereja, Orang tua menasehati agar berdoa sebelum dan sesudah tidur, namun orang tuanya laki-laki begitu bangun langsung mencuci mobil siap-siap mau ke kantor, ibunya langsung mengeclek tombol gas untuk memasak air untuk keperluan ayah dan anak berangkat, mereka langsung bergegas dari tempat tidur, tanpa berdoa. Sama juga boong. Begitu dalam benak anaknya yang sudah mulai remaja, tambah bingung lagi setelah ayah dan ibunya pergi ke dukun memohon kesembuhannya atau mungkin untuk mengetahui primbonnya. Anaknya berfikir, semua adalah kebohongan yang dinasehatkan dan diteladankan sia-sia.
Anak kemudian berpikir: ada buku renungan harian ”Pajonok hamu ma tu Debata” /”Mendekatlah Kepada Tuhan” produksi HKBP yang selalu dibagi Gereja ke setiap Keluarga, tapi sepanjang minggu, bulan bahkan selesai semesteran percetakannya tidak pernah dibaca bersama keluarga. Ada juga dibelikan buku harian dari gereja lain seperti Wasiat, Pelita Hidup, dan banyak lagi, namun tak ada kebaktian keluarga. Bahkan banyak Gereja dewasa ini memproduksi sendiri Buku Harian dengan beaya besar, namun hanyalah kebanggaan lokal untuk pamer. Akhirnya anak membeli sendiri renungan harian khusus untuk remaja dan pemuda yang tersedia di toko-toko buku karena kecintaannya kepada Gereja atau karena ikutan dengan temannya di tempat persekutuan, namun siapa yang mengkontrol jika orang tuapun tak peduli membelajarkan? (mangajarhon ina ni hatigoran)?
Anak tidak dikaderkan untuk mengetahui dan melaksanakan Firman Tuhan yang dia ketahui. Kapan jemaat mengkaderkan anak-anak untuk Firman Tuhan? Banyak orang tua yang ingin membentuk acara kebaktian keluarga, namun terkendala karena kesibukan harian di kantor dan pelayanan di gereja. Anakpun kadang-kadang tidak lagi dapat dikontrol karena kesibukannya ikut aneka ragam kursus, dan kesibukan di persekutuan Gereja. Perlu penatalayanan penggunaan Buku Renungan Harian HKBP dan Kebaktian Keluarga HKBP.

TEENS & YOUTH:
REMEMBER THIS: THE LORD –AND THE LORD ALONE- IS OUR GOD. LOVE THE LORD YOUR GOD WITH ALL YOUR HEART, WITH ALL YOUR SOUL AND WITH ALL YOUR STRENGTH . What Do You Should Say And Pray For HKBP? INGATLAH! TUHAN, DAN TUHAN SAJA ALLAH KITA! CINTAILAH TUHAN ALLAHMU DENGAN SEPENUH HATIMU. TUNJUKKANLAH ITU DALAM CARA HIDUPMU DAN DALAM PERBUATANMU. Apa yang kamu pikirkan dan apa doamu untuk HKBP?

_____________________________________________________tdlt____

MINGGU KELIMA: 31 JANUARI 2010
Minggu Septuagesima

THE REWARD OF OBEDIENCE IN THE LORD
BERKAT ATAS RUMAH TANGGA
TUA NA MASA DI JABU NI NA DAULAT MARROHA

EV. : MAZMUR 128;1-6
EP. : KOLOSE 3;18- 4;1
TOPIK : PSALM 128;1

RENUNGN MINGGU INI: ”Penatalayanan Pedoman Rumah Tangga dan Keluarga HKBP”

Banyak orang tidak bisa membedakan arti kata antara house dan home. Rumah terkait dengan fisik, ada atap, dinding, lantai dan lainnya; home terkait dengan keadaan hubungan penghuni tetapnya, keluarga, ayah, ibu, anak dan penghuni lainnya. Bila Tuhan datang ke rumah jemaat, berarti Dia singgah ke rumah yang disebut home, dimana penghuninya takut (takwa) akan Tuhan dan hidup menurut perintah Tuhan. Siapa yang hidup menurut perintah Tuhan akan berbahagia, akan makan dari hasil kerjanya, hidup makmur dan sejahtera. Isterinya bagaikan pohon anggur yang subur dalam rumahnya, anak-anaknya seperti tunas pohon zaitun di sekeliling meja. Tuhan memberkati orang yang takwa (daulat marroha).
Sudahkah ada ”pedoman rumah tangga dan keluarga” yang disusun oleh HKBP selain pedoman asli dari Alkitab dan larangan-larangan dalam buku siasat Gereja (RPP)?. Belum! Apakah pedoman dimaksud perlu? Perlu, untuk menjadi petunjuk atau bahan konseling yang harus ditaati dan dipelajari oleh setiap anggota jemaat HKBP. Alkitab dan RPP boleh dijadikan sebagai induk dan dasar dari segala aturan yang harus ditata secara detil dan menjadi cermin bagi kerumahtanggaan setiap keluarga HKBP melalui Pedoman Rumah Tangga dan Keluarga HKBP.
Bagaimana sikap penatalayanan HKBP terhadap maraknya perceraian dengan catatan sipil akhir-akhir ini? Bagaimana dengan Pernikahan Siri? Bagaimana dengan beristeri dan bersuami lebih dari satu (poligami)? Bagaimana dengan anak yang diadopsi?, Bagaimana dengan keluarga Kumpul Kebo? Bagaimana tentang harta warisan, Perlu juga ditata dalam penatalayanan rumah tangga dan keluarga HKBP. Cukup banyak ahli HKBP yang dapat menyusun pedoman seperti ini, sehingga kita harapkan 150 tahun HKBP sebanyak mungkin pedoman penatalayanan serupa sudah ditata dan dikeluarkan HKBP. Dan disinilah arti dan makna dari Tahun Penatalayanan tahun 2010, bila tahun ini tidak mampu diselesaikan semuanya, paling tidak sudah meletakkan dasar dan bentuk penatalayanan yang harus dikembangkan sambil HKBP berjalan tahun-tahun berikutnya.

TEENS & YOUTH:
HAPPY ARE THOSE WHO OBEY THE LORD. WHO LIVE BY HIS COMMANDS, MAY YOU LIVE TO SEE YOUR GRANdCHILDREN! What Do You Should Say And Pray for HKBP? BERBAHAGIALAH ORANG YANG TAKWA DAN HIDUP MENURUT PERINTAH ALLAH. SEMOGA ENGKAU PANJANG UMUR DAN MELIHAT ANAK CUCUMU. Bagaimana Pendapatmu Dan Apa Doamu Untuk HKBP?

____________________________________________________tdlt_____

MINGGU PERTAMA: 7 FEBRUARI 2010
Sexsagesima, 60 hari Sebelum Kebangkitan

IF ONE OF YOU WANTS TO BE GREATS
ORANG YANG MAU JADI BESAR DI ANTARA KAMU
PANGOLOION MANGHORHON HASANGAPON

EV. : MARK.10;35-45
EP. : 1 SAMUEL 8;1-9
TOPIK : MARK.10;43B

RENUNGAN MINGGU INI: ”Penatalayanan Struktur Organisasi HKBP”

Ephorus J Sihombing Almarhum, membalikkan papantulis yang menggambarkan struktur organisasi, dimana seperti biasanya tergambar bahwa Ephorus sebagai Pimpinan tertinggi HKBP digambarkan selalu berada di kotak paling atas. Dengan membalikkan papan tulis maka bagan menjadi terbalik, kotak jemaat yang tadinya di bawah jadi berada paling atas, dan Ephorus berada pada bagan paling bawah. Ephorus ingin menggambarkan bahwa pelayan itu harus selalu berada di bawah. DR Marthin Luther menggambarkan bahwa kebesaran Yesus justru ditunjukkan oleh kenistaannya di kandang Betlehem dan sengsaranya di Joljuta. Kekecillan Tuhan, bila ada, lebih besar dari segala kebesaran dunia.
Banyak orang makan puji, ingin dipuji oleh orang banyak atas jasa dan perbuatannya, atas khotbah dan penggembalaannya yang heran yang menurutnya merupakan hasil keringat dan kehandalan diri sendiri yang dianugerahkan Tuhan kepadanya. Banyak orang membuat janji-janji rohani palsu yang pada saatnya tidak akan pernah menjadi kenyataan, semua untuk kepentingan diri sendiri. Arogansi pribadi sering muncul di Gereja, sehingga orang berkata:”rapat di gereja HKBP dan sermon parhaladonya sering keras lebih sadis dari pada rapat adat pernikahan yang berlangsung begitu lembut”.
Siapa orang yang mau jadi besar? Dijawab oleh Alkitab: ia harus jadi pelayanmu, menjadi hamba bagi semua. Dalam rangka penatalayanan HKBP, apakah kekuasaan menjadi bagan yang diletakkan diatas dan sasaran pelayanan menjadi bagan yang diletakkan di bagian bawah? Digambarkan demikian biar orang administrasi manajemen mengerti, namun dalam prakteknya harus sebaliknya. Banyak pelayan sudah gagah duluan, pakai jas dan dasi yang mahal masih dilengkapi lagi dengan vulpen warna emas berklauan di kantong depan dan cincin emas di jari kiri dan kanan dan dengan rasa pede maju melayani dalam ibadah di Gereja, tidak mau lagi memakai baju parhobas atau Toga. Bagaimana menata pelayanan Roh Kudus dalam kehidupan pelayanan sehari-hari? Bagaimana menunjukkan struktur organisasi rohaniah tergambar dipraktekkan di HKBP?

TEENS & YOUTH:
IF ONE OF YOU WANTS TO BE GREAT, YOU MUST BE THE SERVANT OF THE REST. AND IF ONE OF YOU WANTS TO BE REST, YOU MUST BE THE SLAVE OF ALL. WHAT DO YOU SHOULD SAY AND PRAY FOR HKBP? ORANG YANG MAU MENJADI BESAR DI ANTARA KALIAN, IA HARUS JADI PELAYANMU, HARUS MENJADI HAMBA BAGI SEMUA. Apa yang kamu pikirkan dan doakan untuk HKBP?

_______________________________________________________tdlt__

MINGGU KEDUA: 14 FEBRUARI 2010
MINGGU ESTOMIHI (SAI HO MA GABE PARTANOBATOANKU)

LEADER OF THE CHURCH WITHOUT FAULT
PENILIK JEMAAT BERPERILAKU BAIK
PARHOBAS/SINTUA MARPARANGE NA DENGGAN

EV. : 1 TIMOTEUS 3;1-7
EP. : 2 MUSA (KELUARAN) 18;17-23
TOPIK : 1 TIMOTEUS 3;2A

PEDOMAN MINGGU INI: ”Penatalayanan Pedoman-Pedoman Pelayan HKBP”

Tidak cukup pedoman untuk Penilik Jemaat saja dalam Gereja perlu disusun tetapi juga Pedoman bagi pelayan lainnya seperti Pedoman Ephorus, Pedoman Sekjen, Pedoman Kepala Departemen, Pedoman Praeses, Pedoman Pdt Ressort, Pedoman Pendeta Huria, Pedoman Pimpinan Jemaat, Pedoman Evangelis, Pedoman Bybelvrow, Pedoman Diakones, Pedoman Sintua dan Pedoman Pelayan lainnya seperti Pedoman Kepala Bidang dan dewan Marturia, Koinonia, Diakonia, Pedoman Ketua Badan/Pusat/Panitia, Pedoman Instruktur Musik, Guru Koor Song Leader dan Prokantor, Pedoman Lepas sidi, Pedoman Retreat, Pedoman Kategorial HKBP untuk Sekolah Minggu dan Guru Sekolah Minggu, Remaja, NHKBP, Ama, Ina, Lansia dan Kelompok lain, Pedoman Panitia Pembangunan, Pedoman Kelembagaan HKBP: Yayasan, Lembaga, Komisi. Pedoman ini diperlukan lebih rinci dengan jelas mencantumkan hal-hal yang terkait dengan keberadaan, hak dan kewajiban dan pengawasan kepelayanan (perilaku, perangai) dan norma lainnya.
Kalau AP HKBP dianggap sebagai UU (Undang-Undang), maka Pedoman dimaksud disusun sebagai peraturan di bawahnya. Dan setiap poin dalam AP yang memerlukan peraturan lebih lanjut seharusnya ditulis kalimat dalam poin baru yang menyatakan: Pelaksanaannya diatur dalam Pedoman. Bila di Distrik tertentu aturan umum HKBP ternyata perlu dikembangkan -misalnya aturan khusus untuk distrik di kota besar dan di pedesaan- maka atas persetujuan Sinode Distrik dan Ephorus sebagai mandatory Sinode Godang dapat dimodifikasi seperlunya. Sangat mungkin apabila masing-masing Distrik diperkenankan menyusun desain atau SOP (standard operating systems) yang mengatur semua bentuk penatalayanan yang berlaku di distriknya yang belum diatur oleh Pusat dan yang bisa berlaku dalam jangka waktu tertentu dan harus senantiasa berpedoman pada peraturan induk. Disarankan, SOP tidak perlu disusun sendiri oleh Ressort atau Huria.
Dalam Tahun Pelayanan HKBP 2010 ini mestinya pedoman-pedoman seperti ini perlu disusun. Sehingga yang disebut penilik HKBP yang benar ialah mereka yang berperilaku baik (marparange na denggan), berperangai teladan yang dapat diukur dan tercatat dengan fakta pelayanan dalam roh kudus, melayani dengan tidak tercela.

TEENS & YOUTH:
A Church leader must be without fault, he must have only one wife, be sober, self controlled. WHAT DO YOU SHOULD SAY AND PRAY FOR HKBP? Seorang Penilik jemaat haruslah orang yang tanpa cela, hanya satu istrinya, tahu menahan diri. APA YANG KAMU PIKIRKAN DAN DOAKAN UNTUK HKBP?

______________________________________________________tdlt__

MINGGU KETIGA: 21 FEBRUARI 2010
MINGGU INVOKAVIT (JOUONNA MA AHU, JADI ALUSANKU MA IBANA)

PERSONAL INSTRUCTION AS A MAN OF GOD
PETUNJUK-PETUNJUK PRIBADI SEBAGAI ORANG ALLAH
MANGHABURJUHON PARALOAN HAPORSEAON

EV. : 1 TIMOTEUS 6;11-16
EP. : YEREMIA 10;6-10
TOPIK : 1 TIM. 6; 11B

RENUNGAN MINGGU INI: ”Penatalayanan Pembentukan dan Pembangunan Gereja HKBP”

Banyak Gereja dipaksa oleh peraturan harus memiliki ijin di wilayah kebanyakan beragama non kristen, sementara tempat ibadah agama lain tidak harus memenuhi aturan pemerintah tersebut, tidak harus memiliki ijin. Sebaliknya di wilayah yang dihuni oleh penduduk beragama Kristen, orang Kristen tidak pernah memaksa penduduk yang non Kristen harus memiliki ijin jika membangun tempat ibadah. Pemerintah lokal di wilayah berpenduduk non kristen membuat aturan tambahan tertulis maupun tidak tertulis hanya untuk menjegal berdirinya Gereja di wilayahnya, dan membolapimpongkan proses pengurusan ijin, sudah memperoleh tanda tangan Lurah dan Camat begitu sampai di FKUB tiba-tiba sudah ditunjukkan tanda tangan ratusan warga yang keberatan, begitu tiba di Bupati/Walikota dikembalikan lagi ke Lurah dan Camat, dan keduanya tidak mau lagi bertanda tangan karena sudah terancam, terjadilah diskriminasi pendirian tempat ibadah.
Bahkan ada walikota yang berani mencabut ijin Gereja hanya karena usulan keberatan orang-orang yang tidak seagama, yang datang jauh dari lokasi gereja. Untunglah kemudian digagalkan oleh pengadilan tinggi (PTUN). Pergumulan bagi kaum ”minoritas” selalu saja terjadi di wilayah kaum beragama yang dikatakan sebagai ”mayoritas” Terjadi pembakaran gereja, terjadi peledakan gereja dengan bom. Di negara yang sudah merdeka masih ada kaum yang harus ditakuti. Semua itu menjadi pergumulan (paraloan) iman.
Perlu penatalayanan pembentukan dan pembangunan Gereja HKBP tidak hanya berpatokan pada keberadaan Gereja yang berbentuk gedung dan gedung megah, sehingga di wilayah tertentu misalnya rumah doa, pelayanan pasar, pelayanan kantor, pelayanan buruh, dan lain-lain yang mungkin menjadi Pos Parmingguan di kemudian hari, juga disebut sebagai Bakal Gereja (Bager). Sehingga Gereja boleh berbentuk bangunan gereja dan boleh berbentuk pelayanan, dan resmi sebagai Gereja dalam tubuh HKBP walaupun dengan kategori khusus. Namun kita ingat bahwa kebesaran HKBP sangat didambakan karena penyebaran pembangunan gerejanya dengan potensi berkat Tuhan yang sangat unik, sementara Gereja lain kebesarannya justru karena pelayanan orang per orang

TEENS & YOUTH:
RUN YOUR BEST IN THE RACE OF FAITH, AND WIN ETERNAL LIFE FOR YOURSELF. FOR IT WAS TO THIS LIFE THAT GOD CALLED YOU. WHAT DO YOU SHOULD SAY AND PRAY FOR HKBP? Berjuanglah sungguh-sungguh untuk hidup sebagai orang Kristen supaya engkau merebut hadiah hidup sejati dan kekal. Sebab untuk itulah Allah memanggil engkau. Apa yang anda pikirkan dan doakan untuk HKBP?

_____________________________________________________tdlt___

MINGGU KEEMPAT: 28 FEBRUARI 2010
MINGGU REMINISCERE (SAI INGOT MA ANGKA DENGGAN NI BASAM)

THE PRAYER OF CONFESSION
DOA PENGAKUAN DOSA
PARASI ROHA JALA PARDENGGAN BASA DO JAHOWA

EV. : NEHEMIA 9;26-31
EP. : LUK. 7; 36-50
TOPIK : NEHEMIA 9;31

RENUNGAN MINGGU INI: “ Penatalayanan Sosialisasi RPP HKBP”

Sosialisasi Siasat Gereja (RPP-Ruhut Parmahanion dohot Paminsangon) HKBP sangat dirasakan kurang bagi jemaatnya. Sehingga dalam pelaksanaannya masih banyak penafsiran-penafsiran yang bertentangan baik dalam benak para pendeta , majelis dan anggota jemaat. Sebagai contoh, ada Pendeta Huria yang berani melaksanakan RPP kepada majelis dan anggota jemaat yang tidak sejalan dengan dia. Pada hal dalam aturan RPP sendiri jelas dinyatakan bahwa RPP hanya boleh dilaksanakan oleh Pendeta Ressort. Bila seseorang akan di RPP, maka dalam aturan, majelis harus mengadakan pendekatan kepada ybs 2 hingga 3 kali hingga jelas apa hal yang dituduhkan dan alasan apa dia melakukan kesalahan itu dan bila memang salah agar diingatkan untuk memperbaiki kesalahannya, namun demi kata hati permusuhan maka dengan sesegera mungkin dilakukanlah RPP secara paksa. Sebelum diwartakan maka menurut aturan pengambil keputusan RPP harus menyurati ybs. untuk memberi tahu bahwa RPP untuk ybs. akan diwartakan di Gereja, namun bisa saja warta jemaat berjalan tanpa surat dimaksud.
Dijelaskan juga bahwa RPP bagi majelis hanya dilakukan oleh temannya setingkat majelis, namun terjadi juga RPP diputuskan bersama dengan calon majelis (lerling sintua). Ada lagi contoh yang terjadi disalah satu Gereja, semua jemaat dalam satu wijk (banjar/huta) di RPP oleh Pendeta. Apa alasannya? Mungkin saja salah tafsir, mungkin sengaja disalahtafsirkan, namun yang sangat mungkin ialah kurangnya sosialisasi dan pengetahuan jemaat tentang RPP HKBP. Tidak cukup dengan pedoman RPP yang sudah tersedia namun juga harus dengan sosialisasinya
Dalam rangka tahun pelayanan HKBP 2010, perlu sosialisasi bahkan bila perlu melalui rapat jemaat, agar semua lapisan mengerti, pelayanpun tidak sembarang memberlakukan RPP. Mestinya seperti orang Israel dalam renungan ini bahwa kemarahan Allah hanya dalam kasih sayangNya kepada Israel, bukan karena benci atau karena kemauan hati dalam permusuhan dengan menggunakan kekuasaan.

TEENS & YOUTH:
And yet, because your mercy is great, you did not forsake or destroy them, you are a gracious and merciful. WHAT DO YOU SHOULD SAY AND PRAY FOR HKBP. Tetapi karena kasihMu besar luar biasa, tidak Kau tinggalkan atau Kau hancurkan mereka. Memang Engkaulah Allah yang tiada bandingan; besar kasih sayangMu penuh belas kasihan. APA YANG KAMU PIKIRKAN DAN DOAKAN UNTUK HKBP?

____________________________________________________tdlt_____

MINGGU PERTAMA: 7 MARET 2009
Okuli (SAI TONG DO MANGARANAP MATANGKU TU JAHOWA)

KEPT THE BEST BLESSING IN WEDDING
MENYIMPAN BERKAT YG PALING BAIK DALAM PEMBERKATAN NIKAH
RAPHON KRISTUS TARULI NA DUMENGGA
N

EV. : JOHANNES 2;1-10
EP. : PSALM 115;9-15
TOPIK : JOHANNES 2;10

RENUNGAN MINGGU INI: ”Penatalayanan Acara Pernikahan HKBP”

PENATALAYANAN acara pernikahan warga jemaat HKBP belakangan agak jadi samar dan membingungkan karena banyaknya pengaruh tata ibadah Pernikahan dari Gereja sekitar. Acara pertukaran cincin penganten pun dimasalahkan. Sahut menyahut antara penganten pria dan wanita dalam acara kebaktian pemberkatan di luar acara yang ditetapkan dalam Agenda HKBP jadi marak dengan teknik dan argumentasi sendiri-sendiri, kadang-kadang terasa asing dan lucu. Sebenarnya janji pengantin yang diucapkan berbalas-balasan itu merupakan janji antara mereka kedua penganten atau janji mereka kepada Tuhan yang memberkati mereka?
Demikian juga dalam hal acara Akad Nikah (Martumpol), ada yang mengadakan acara penandatanganan cukup di konsistori, ada yang bersamaan dengan Acara Kebaktian di gedung gereja. Masihkah harus dipertahankan bahwa jarak antara hari Martumpol dan hari Pemberkatan Nikah dengan minimal 2 kali warta jemaat? Ada pelayan dalam acara martumpol tidak memakai baju parhobas Penatua atau baju toga Pendeta, yang berkhotbah pun tidak perlu naik ke mimbar utama di atas, cukup di fodium altar bawah, seolah-olah acara Martumpol itu hanya acara selingan tambahan, acara yang kurang perlu. Perlu diatur juga, apakah masih perlu mandok hata setelah selesai acara martumpol dan acara pernikahan? Sepertinya tidak ada manfaatnya.
Ada gereja HKBP yang menerima pernikahan warganya dengan warga Katolik, GBI, Pantekosta, Adventist, Tapi banyak Gereja HKBP yang membatalkannya bahkan menghukum dengan melakukan RPP kepada mereka. bila menikah dengan anggota Gereja-Gereja itu atau menikah di gereja lain tanpa sepengetahuan Gereja HKBP. Mana yang benar? Terkait dengan khotbah minggu ini, marilah kita upayakan agar ”berkat yang terbaik tertinggal dalam setiap pemberkatan nikah dalam pernikahan warga HKBP” menjadi kenyataan berkat. Mari kita tata Tata Ibadah Martumpol dan Tata Ibadah Pamasu-masuon dalam Tahun Penatalayanan HKBP tahun 2010 ini.

TEENS & YOUTH:
EVERYONE ELSE SERVES THE BEST WINE FIRST, AND AFTER THE GUESTS DRUNK A LOT, HE SERVES THE ORDINARY WINE. BUT YOU HAVE KEPT THE BEST WINE UNTIL NOW. WHAT Do YOU SHOULD SAY AND PRAY FOR HKBP? Biasanya orang menghidangkan anggur yang paling baik lebih dahulu dan kalau para tamu sudah puas minum, barulah anggur yang biasa. Tetapi saudara menyimpan anggur yang paling baik sampai sekarang. APA YANG KAU PIKIRKAN DAN DOAKAN UNTUK HKBP?

______________________________________________________tdlt___

MINGGU KEDUA: 14 MARET 2009
Letare (MARLAS NI ROHA MA HAMU)

GOD LOVES FOR YOU WILL NEVER END
AKU TAK AKAN BERHENTI MENGASIHI ENGKAU
HOT DO PADAN NI DEBATA TU NA PORSEA

EV. : JESAYA 54;7-10
EP. : 2 KORINT 1;3-7
TOPIK : JESAYA 54;10

RENUNGAN MINGGU INI: ”Penatalayanan Pemberian Ucapan Syukur di Gereja HKBP”

Banyak orang bersukacita (marlas ni roha) karena berkat dan anugerah yang diterima dari Tuhan, misalnya menerima kekayaan, hamoraon, boleh memperoleh perabotan rumah yang semakin modern, memiliki kendaraan roda dua dan roda empat, memiliki rumah sendiri tidak menyewa atau kontrakan lagi, memiliki tabungan di beberapa bank; menerima keturunan (hagabeon) punya anak laki-laki, anak perempuan, bahkan cucu laki-laki, cucu perempuan, bahkan buyut (nini nono); menerima kemuliaan, boleh diterima dan dihargai banyak orang dan boleh menerima dan menghargai banyak orang, diberi pangkat dan jabatan yang tinggi, boleh memberi dan menghibahkan hartanya tanpa pamrih;
Semua itu suka cita karena pemberian Tuhan dan diperlukan oleh manusia secara kodrati atas pengasihan Tuhan Allah. Di luar orang percaya juga menerima hal serupa. Namun, saudaraku, ternyata menurut Tuhan, bahwa yang membuat kita bersuka cita lebih besar dalam kehidupan ialah penghiburanNya akan kesedihan hidup kita (2 Korint 1; 3-7).
Bukan berarti semua berkat dan anugerah yang disebut di atas tidak perlu, justru karena Tuhan suka maka kita terima dan kita syukuri. Apa itu suka cita karena penghiburan Tuhan? Penghiburan Tuhan ialah bahwa nama kita ada dalam Buku Kehidupan Tuhan di Surga. Kita sudah lepas dari kungkungan maut yang menjadi kesedihan kita dan kita masuk dalam KerajaanNya yang kekal Dia hidup kekal di dalamnya selama-lamanya. Bagaimana cara kita mengucap syukur dalam Gereja HKBP atas segala sukacita yang diberikan oleh Tuhan dalam kehidupan kita agar Tuhan tidak pernah berhenti mengasihi dan memberkati kita? Siapa yang mau mengucap syukur ialah mereka yang tahu bahwa pemberian itu diperoleh dari berkat Tuhan dan layaklah bila dia mengucap syukur kepada Tuhan.
Dalam Islam diatur dengan baik yang namanya zakat dan sadakoh. Demikian halnya Yayasan Gideon perkumpulan pengusaha dunia menyebarkan Alkitab ke seluruh Hotel. Aneka cara memberi ucapan syukur seperti perpuluhan atau persepuluhan, pemberian buah sulung, pengucapan syukur, Pesta Panen (Pesta Gotilon), Lelang, Dana Abadi Huria, Persembahan Nazar, Persembahan Ibadah Minggu, Persembahan Ibadah Kelompok, Hibah uang atau natura, dan banyak lagi, perlu disusun pedomannya dalam penatalayanan HKBP.

TEENS & YOUTH:

The mountains and hils may crumble, but my love for you will never end; I will kept forever my promise of peace. WHAT DO YOU THINK AND PRAY FOR HKBP. BIARPUN GUNUNG-GUNUNG DAN BUKIT-BUKIT GOYAH, AKU TAK AKAN BERHENTI MENGASIHI ENGKAU. PERJANJAIAN DAMAIKU AKAN KUPEGANG SELALU, KATA TUHAN YANG MENGASIHI ENGKAU. Apa yang kau pikirkan dan doakan untuk HKBP?

_____________________________________________________tdlt____

MINGGU KETIGA: 21 MARET 2010
Judika (LULUHON AHU, ALE JAHOWA)

I KNOW THAT YOU HONOR AND OBEY GOD
ALLAH TAHU BAHWA ENGKAU HORMAT DAN TAAT KEPADANYA
MARPANATAP DO JAHOWA TU NA PORSE
A

EV. : 1 MUSA 22;9-14
EP. : ROM 3;21-26
TOPIK : 1 MUSA 22;12C

RENUNGAN MINGGU INI: ” Penatalayanan Mutasi Pendeta HKBP”

Alkitab menasehatkan agar kita hormat kepada yang lebih tua, kepada pemimpin dan pemerintah yang berwibawa, kepada orang tua, bapa dan ibu. Hormat juga kepada hukum, aturan dan peraturan. Namun banyak orang yang lebih tua, bapa dan ibu, pemimpin dan pemerintah seperti tidak perlu memperhatikan yang lebih kecil atas penderitaannya (haporsuhonna), Sehingga banyak SK Pimpinan yang “dianggap” kontroversial, berbasis like and dislike dan semena-mena. Akibatnya ada pendeta yang berkeras tidak mau pindah walau sudah 4 kali diturunkan SK mutasi, tapi bertahan tidak mau pindah. Tidak merasa lagi bahwa Pimpinan Pusat adalah pimpinannya. Semua itu bisa terjadi karena belum diatur dalam pedoman penatalayanan mutasi HKBP, khususnya Pendeta.
Dalam pola mutasi PNS dikenal apa yang disebut DP3 (Daftar Penilaian dan Pembinaan Pegawai) yang berisi penilaian ketaatan (loyalitas), kejujuran, kepemimpinan , dikenal juga DUK (Daftar Urutan Kepangkatan) berdasarkan golongan, jabatan yang pernah diduduki, karier, Catatan Individu (Pribadi), Reward & Punishment. Semua itu dilaksanakan oleh tim Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan)
Apakah HKBP memiliki system seperti ini? MPS 2004-2008 atas persetujuan Ephorus sudah menatanya dalam Buku Aturan Kepegawaian HKBP, namun terasa kurang sosialisasi. Dalam Buku tersebut mutasi diawali dengan penempatan pelayan berbasis pada bakat, minat dan kompetensinya; pengalaman melayani di daerah desa tertinggal, di pedesaan, di perkotaan dan di kota besar; sebagai pelayan di Huria, di Ressort, di Distrik, di kantor-kantor, sekolah, perguruan tinggi HKBP; ditambah penilaian pimpinan langsung dan atasan dari atasan langsung; pelatihan dan kursus yang diikuti di dalam dan di luar negeri; inovasi yang diciptakan dalam mengembangkan pendirian gereja di ladang baru; serta buku-buku yang dikarang dan diterbitkan; juga pangkat dan golongan yang dimiliki.
Sepanjang system dimaksud belum dilaksanakan akan selalu terjadi penilaian like and dislike terutama bagi mutasi yang diberikan bagi pegawai dan pendeta yang bertugas di kota di-sk-kan pindah ke pedesaaan, bahkan dari kota besar pindah ke kota kecil. Banyak pendeta berikhtiar agar pensiun di kota besar, berupaya dengan segala usaha agar sebelum pensiun dapat melayani terus di kota besar. Sudah sangat penting diatur atau dilaksanakan Pedoman Mutasi HKBP terutama bagi Pendeta dan Full timer lainnya.

TEENS & YOUTH:

NOW I KNOW THAT YOU HONOR AND OBEY GOD. What Do You Should Say And Pray For HKBP?. SEKARANG AKU TAHU BAHWA ENGKAU HORMAT DAN TAAT KEPADAKU. Apa Yang Kau Pikirkan Dan Doakan Untuk HKBP?

_______________________________________________________tdlt__

MINGGU KEEMPAT: 28 MARET 2010
Palmarum (MARE-MARE)

GIVE A FINEST AND BEAUTIFUL THINGS FOR LORD JESUS
BERIKAN YANG TERBAIK KEPADA TUHAN YESUS
MAMELEHON NADUMENGGAN TU JESU
S

EV. : MARKUS 14;3-9
EP. : 3 MUSA 23;39-44
TOPIK : MARKUS 14;6C

RENUNGAN MINGGU INI: ”Penatalayanan System Keuangan HKBP”

Pernah terjadi persembahan anak perantau yang datang dari kota merayakan Natal di kampung halamannya; memberikan persembahan yang terbaik menurutnya untuk biaya lanjutan membangun rehabilitasi balkon Gereja yang sudah lama terbengkalai. Berita (tingting) persembahan tersebut tidak langsung dilakukan pada hari itu juga, dengan alasan tidak sempat ditulis. Apa berita yang didapat orang kota ini dari saudaranya yang tinggal di kampung? Diceritakanlah bahwa sebagian dari persembahan itu dipotong dulu untuk penatua dan pendeta, dan sisanya baru diberikan sesuai dengan hasrat orang kota untuk rehabilitasi balkon Gereja. Alasan penatua itu ialah: bahwa orang kota hanya memikirkan dirinya sendiri untuk gagah-gagahan diwartakan, orang kota tidak pernah memikirkan nasib penatua di kampungnya. Ke pembangunan melulu jutaan rupiah, ke penatua sepeserpun tidak ada. Sejak itu orang kota itu tidak pernah lagi memberikan persembahan dengan uang, tapi dengan bantuan langsung berupa alat dan bahan (natura).
Pertanyaan yang selalu timbul di tengah Gereja menyeringai apakah persembahan dari seluruh Gereja HKBP benar-benar sampai ke tangan yang berhak menerima? Kalau disebut pengumpulan dana melalui penjualan Pin untuk pembangunan Pelayanan Pulau Rupat, apakah dana tersebut sampai ke Pulau Rupat? Dalam bentuk pembangunan apa? Bagaimana dengan bentuk persembahan yang beraneka ragam itu, masih ada saja peesembahan terbaik jemaat ditujukan ke Diakoni Sosial, ke Hephata, ke Sending Batak, ke Mentawai, sampai di Pusat HKBP, apakah disalurkan kepada yang berhak menerima?
Mengapa gaji Pelayan di pedesaan take home pay yang diterima jauh berbeda dengan pelayan golongan sama di kota dan di kota besar? Mengapa HKBP dengan usia hampir 150 tahun masih belum bisa masuk dalam sistem keuangan modern secara on line dan transparan, sehingga persembahan jemaat selalu tersalurkan kepada yang berhak menerima. Bagaimana ini terjawab dalam tahun penatalayanan 2010 ini? Yesus marah kepada orang disekelilingnya, berkata: ”Mengapa kalian menyusahkan dia? Ia melakukan sesuatu yang baik dan terpuji kepadaKU” Demikian Yesus marah kepada Gereja yang menyalahgunakan persembahan jemaat, dengan alasan apapun mulai dari Gereja kecil hingga Pusat. Transparan-lah agar berkat bagi HKBP berkembang, mulai juga dari Huria.

TEENS & YOUTH:
SHE HAS DONE A FINE AND BEAUTIFUL THING FOR ME. What Do You Should Say And Pray For HKBP? IA MELAKUKAN SESUATU YANG BAIK DAN TERPUJI KEPADAKU. Apa yang kau pikirkan dan doakan untuk HKBP

______________________________________________________tdlt___

MINGGU WAFATNYA YESUS KRISTUS
2 APRIL 2010
Jumat Agung

DON’T CRY FOR ME, BUT YOURSELF AND YOUR CHILDREN
TANGISILAH DIRIMU SENDIRI DAN ANAK-ANAKMU
TATANGISI MA DIRIM DOHOT ANGKA IANAKHONMU

EV. : LUKAS 23;26-32
EP. : MIKA 7;7-12
TOPIK : LUKAS 23;28B

RENUNGAN MINGGU INI: “Penyempurnaan Total Penatalayanan HKBP”

Banyak melihat pergumulan hanya dengan fakta keadaan sekarang tidak melihat kaitan keadaan sekarang dengan hari kemudian. Orang melihat keadaan pembakaran gereja hanya dengan keadaan sekarang, tidak melihat bahwa di depan sana sudah tersedia gereja yang lebih baik lengkap dengan IMBnya. Seorang janda menangisi kematian suaminya begitu kejam, tidak melihat kemudian bahwa anak-anaknya yang 5 itu kemudian menjadi sarjana-sarjana terbaik di tengah keluarga besarnya. Banyak pemuda Gereja tidak pede menjalani pergumulan kuliahnya, padahal di depan sana sudah tersedia kelulusan bahkan pekerjaan yang terbaik baik sebagai orang yang bekerja kepada majikan atau menciptakan sendiri pekerjaan bagi dirinya dan bagi orang lain.
Sakit memang akibat pembakaran Gereja itu merasa sebagai pendatang di negeri sendiri, sakit memang menjanda itu tidak ada yang menolong, lelah memang kuliah dengan perjalanan yang selalu menantang (via dolorosa) namun di ujung sana di bukit Joljuta ada keselamatan dan kebahagiaan. Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Wanita-wanita Jerusalem tidak tau keselamatan yang akan datang, hanya tahu kesengsaraan Yesus yang dikasihi saat itu, hingga Yesus menegur mereka:”Janganlah menangisi aku, tangisilah dirimu sendiri dan anak-anakmu.”
Penatalayanan HKBP tahun 2010 adalah saatnya menangisi seluruh kekurangan. Saatnya introspeksi sebelum penghujung tahun Penatalayanan tiba. Jangan seperti tahun pelayanan sebelumnya, Tahun Dana Pensiun (2006), Tahun Koinonia (2007), Tahun Diakonia (2008), Tahun Marturia (2009) menurut pandangan jemaat, tidak jelas apa hasilnya yang nyata? dan kini (2010) Tahun Penatalayanan dan Tahun depan sebagai Tahun Jubilate 150 tahun HKBP akankah sama ketidakjelasan makna semua tahun pelayanan itu? Walaupun sebenarnya usai tahun pelayanan itu masih berlanjut kegiatan yang dibicarakan, yang diciptakan, yang diseminarkan, yang direncanakan, dilanjutkan pada tahun –tahun berikutnya. Penatalayanan bukan kerja ringan, bahkan diperlukan perhatian khusus dan pekerjaan berat oleh pelayan Pusat, Praeses dan MPS. Kita yakin bahwa di ujung sana selesai penatalayanan pasti ada keselamatan dan kebahagiaan bagi seluruh HKBP.

TEENS & YOUTH:
DON’T CRY FOR ME, BUT FOR YOURSELF. What Do Should Say And Pray For HKBP? JANGAN MENANGISI AKU, TANGISILAH DIRIMU SENDIRI. Apa Yang Kamu Pikirkan dan Doakan Untuk HKBP?

_____________________________________________________tdlt___

MINGGU PERTAMA: 4 APRIL 2010
Paskah 1

RELEVATE THE RESURRECTION OF JESUS
BERSAKSI AKAN KEBANGKITAN YESUS
NUNGA HEHE TUHAN JESUS

EV. : JOHANNES 20;1-10
EP. : ROM 6;4-13
TOPIK : JOHANNES 20;9

RENUNGAN MINGGU INI: “Penatalayanan Diakonia dan Marturia HKBP”

Banyak orang menyambut Paskah dengan berbagai acara seremonial. Hingga di tingkat nasional. Kita bangga, tersiarlah lagu Handel: Haleluya Na Bolon dengan megahnya dari stadion utama Senayan Jakarta. Namun banyak orang yang tidak mengerti Paskah. Yang dimengerti baru di tingkat pengenalannya berupa entertain yang demikian gagah karena juga dihadiri Presiden dan pejabat-pejabat dalam jajarannya, serta duta besar negara-negara sahabat. Dan itu merupakan perhelatan besar yang harus kita syukuri.
Dan yang terjadi di Gereja HKBP ialah kemunduran dalam memberitakan kebangkitan Yesus (Firman Tuhan) Mungkin trauma karena didera oleh banyaknya Gereja HKBP yang dipermasalahkan sehingga mulai takut untuk berkembang. Salah satu ciri khas HKBP ialah: bahwa HKBP berkembang karena perkembangan jumlah Gerejanya, tudia ruas ni HKBP lao marserak sai dituhuk do garejana, (kemanapun anggota HKBP berada, dia berupaya membangun Gerejanya). Berbeda dengan Gereja lain, mereka berkembang karena panggilan pelayanan jiwa perjiwa (ini juga sebabnya jemaat HKBP sekarang banyak eksodus ke Gereja lain terpanggil langsung menginjili secara pribadi, ini perlu disikapi).
Penginjilan marturia di seluruh dunia pada tahun 2009 lalu heboh dengan munculnya upaya-upaya yang mencoba menyorot dan meragukan iman kristiani dengan munculnya kembali penyebaran Injil Barnabas dan Da Vinci Code, untunglah seluruh umat menghadapinya dengan kekuatan iman sehingga tidak menggoyahkan iman siapapun.
Di setiap pelosok dimana HKBP ada, disitu sudah terbentuk Gereja lain yang cukup menggunakan fasilitas rumah apa adanya. Juga kehadiran tempat ibadah agama lain disambut selamat datang di wilayah dimana Gereja dan umatnya dominan. Namun di lingkungan tempat ibadah agama lain dengan umatnya yang dominan, membangun Gereja sebagai suatu hal yang diharamkan. Ini sebuah contoh ketidakadilan HAM di negara ini. Bisakah terulang pelayanan Marturia dan Diakonia HKBP di Mentawai dan Pulau Rupat yang sangat terkenal itu?, Bagaimana HKBP besikap mengembangkan siar Kebangkitan Yesus dengan penatalayanan Marturia sekaligus Diakonia yang menjadi kebanggaan dan yang mengembangkan HKBP selama ratusan tahun? Perlu pedoman Marturia dan Diakonia.

TEENS & YOUTH:
THEY STILL DID NOT UNDERSTAND HE SCRIPTURE WHICH SAID THAT HE MUST RISE FROM DEATH. What Do You Should Say And Pray For HKBP? SAMPAI PADA WAKTU ITU MEREKA BELUM MENGERTI APA YANG TERTULIS DALAM ALKITAB BAHWA IA HARUS BANGKIT DARI MATI. Apa Yang Kamu Pikirkan Dan Doakan Untuk HKBP?

________________________________________________________tdlt_

MINGGU PASKAH II: SENIN 5 APRIL 2010
PESTA PADUAHON PARNINGOTAN HAHEHEON NI TUHAN JESUS

BELIEVE ABOUT RISING FROM DEATH
PERCAYA AKAN KEBANGKITAN YESUS
MANGHAPORSEAI HAHEHEON NI JESU
S

EV. : JOHANNES 20;24-29
EP. : JESAYA 26;15-19
TOPIK : JOHANNES 20;29B

RENUNGAN MINGGU INI: ”Penatalayanan Hari-Hari Besar Kristiani HKBP”

Tanpa Kebangkitan Kristus, sia-sialah berita Surgawi KelahiranNya di Kandang Domba Betlehem di Efratha dan berita penderitaan KematianNya dalam via dolorosa hingga Bukit Joljuta. Sia-sialah khotbah pemberitaan kami, kata Rasul Paulus. Berita kedahsyatan Kebangkitan Tuhan Yesus oleh umat percaya selalu dirayakan selama dua hari berturut-turut sebagai perayaan Paskah. Tujuannya ialah agar pemberitaan ini dahsyat disosialisasikan ke seluruh penjuru dunia secara rohani dengan pertolongan Roh Kudus.
Ada 3 (tiga) hari besar yang dirayakan dahsyat sebagai inti dari iman Kristiani yaitu Natal, Paskah dan Turunnya Roh Kudus. Ketiga peristiwa surgawi itulah yang menjadi inti iman orang-orang percaya yang membedakannya dengan iman-iman yang ada dalam agama-agama di dunia ini terutama dalam hal konotasi Penyelamatan manusia yang berakhir pada kebersamaan manusia itu sendiri pada suatu janji kekekalan kebersamaan dengan Allah, Tuhan Yesus Kristus dan Roh Kudus di tempat yang dipersiapkan yang kita sebut Surga, kebersamaan yang ”omega” yang tak berakhir, kekal selama-lamanya. Oleh agama lain, Surga boleh diperoleh dengan perbuatan baik, namun pengikut Kristus diajarkan hanya dengan pembelaan Kristus dalam peristiwa Penyelamatan Kelahiran, Kematian & Paskah dan Turunnya Roh Kudus.
Gereja HKBP ada dalam iman itu, namun dalam penatalayanannya tidak jelas dalam Pedoman Iman yang lebih khusus. Sehingga banyak khotbah saat perayaan Natal tidak bernuansa (mengabarkan) Natal, demikian pada perayaan Paskah, hamba-hamba Tuhan lebih banyak memberitakan hal-hal yang duniawi di luar pemberitaan Hari Besar. Acara Perayaanpun didukung oleh acara yang dibukukan dan dibagikan kepada jemaat saat ibadah, tapi terkadang isinya sama dengan apa yang ada dalam agenda. Bila sama, untuk apa harus dicetak, membuang uang saja? Mestinya isinya harus berbeda dengan apa yang telah disusun dalam Buku Agenda HKBP, seperti misalnya buku acara Ulaon Na Hohom Panaonon ni Tuhan Yesus. Abadi sifatnya dan khikmad. Kita doakan Pusat HKBP dapat mempersiapkan penatalayanan Hari-Hari Besar HKBP pada Tahun Pelayanan HKBP 2010 ini

TEENS & YOUTH:
DO YOU BELIEVE BECAUSE YOU SEE ME? HOW HAPPY ARE THOSE WHO BELIEVE WITHOUT SEEING ME! What Do You Should Say And Pray For HKBP? ENGKAU PERCAYA KARENA SUDAH MELIHAT AKU, BUKAN? BERBAHAGIALAH ORANG YANG PERCAYA MESKIPUN TIDAK MELIHAT AKU! Apa Komentarmu Dan Doamu Untuk HKBP?

_______________________________________________________tdlt__

MINGGU KEDUA: 11 APRIL 2010
Quasimodogenity (SONGON POSO-POSO NA IMBARU TUBU)

OBEY THE WORDS OF GOD
TAAT AKAN PERKATAAN ALLAH
MANGARADOTI PATIK NI DEBAT
A

EV. : 1 JOHANNES 2;1-6
EP. : PSALM 8;2-7
TOPIK : 1 JOHANNES 2;5

RENUNGAN MINGGU INI: ”Penatalayanan Pedoman Kategorial HKBP”

Hukum Taurat Allah biasanya baru akan lebih efektif dihayati oleh Jemaat sejak ia masuk dalam kategorial Remaja Pelajar Sidi. Memang kurikulum Pelajar Sidi yang banyak digumuli ialah Hukum Taurat (The Ten Commandements) selain topik lain yang diajarkan oleh DR Marthin Luther dalam buku kecilnya: Katekhismus. Buku itupun diterjemahkan oleh HKBP dalam 2 (dua) jenis buku yaitu Buku Pelajaran untuk pelajar sidi dan Buku Pedoman untuk Pengajar, keduanya dalam bahasa Batak. Ada upaya menterjemahkannya oleh Pdt Tionggar Nababan, STh, namun hanya dipakai oleh Gereja HKBP yang pernah dilayani oleh beliau, karena dicetak secara pribadi, tidak oleh Pusat HKBP.
Kenyataannya tidak semua Gereja HKBP menggunakan Buku Pedoman itu, masing-masing pengajar seperti berlomba untuk tampil beda dan dengan bangga mengatakan: bahwa saya bikin kurikulum sendiri sesuai dengan kebutuhan remaja kini, …pakai buku yang dari Pusat?…mau dibawa kemana remaja kita?, katanya. Yang lain dengan bangga menceritakan bahwa saya bentuk tim pengajar, sebelum pelajaran mulai saya suruh dulu tim menetapkan mata pelajaran masing-masing sekaligus menetapkan jadual pelajarannya setiap minggu dan pengajarnya. Yang lain dengan bangga berkata: kami tambahkan materi pelajaran tambahan seperti: Pelajaran anti Narkoba, Budaya Batak termasuk Partuturon, Surat Batak, Pernikahan, serta banyak teknik pengajaran dan materi lain. Itu berarti Buku Pedoman Pelajar Sidi perlu dimodernisasi. Lama belajar sidi ditetapkan 2 tahun, tapi pada umumnya dewasa ini belajar sidi dipercepat cukup selama 1 tahun.
Bagaimana HKBP Memelihara Hukum Tuhan (Mangaradoti Patik Ni Debata) sesuai dengan topik, tanpa pengkaderan yang layak bagi penghayatan akan Hukum Taurat itu sendiri dimulai dari Pelajar Sidi atau Sekolah Minggu? Bagaimana pula dengan Pedoman Sekolah Minggu dan Pedoman Guru Sekolah Minggu? Bagaimana dengan dibentuknya kategorial baru ”Remaja HKBP” sudahkah ada pedomannya? Pedoman NHKBP dan Kategorial lain ”Parompuan”, ”Ama”, ”Lansia” sudah adakah pedomannya? Belum. Perlu dipersiapkan dalam rangka Tahun Pelayanan HKBP 2010, agar tahun 2011 tahun Jubilate 150 tahun HKBP semuanya sudah lengkap tertatalayani.

TEENS & YOUTH:
IF WE OBEY HIS WORD, WE ARE THE ONES WHO LOVES FOR GOD HAS REALLY BEEN MADE PERFECT. What Do You Should Say And Pray For HKBP? TETAPI ORANG YANG TAAT KEPADA PERKATAAN ALLAH, ORANG ITU MENGASIHI ALLAH DENGAN SEMPURNA. Apa Pendapatmu Dan Doamu Untuk HKBP?

______________________________________________________tdlt___

MINGGU KETIGA: 18 APRIL 2010
Misekordias Domini (GOK ASI NI ROHA NI JAHOWA DO TANOON)

SAY THANKS FOR GOD BLESSING
MENGUCAP SYUKUR ATAS ANUGERAH ALLAH
MANGHAMAULIATEHON ASI NI ROHA NI DEBAT
A

EV. : LUKAS 17;11-19
EP. : ANDUNG 3;22-26
TOPIK : LUKAS 17;16

RENUNGAN MINGGU INI:”Penatalayanan Pedoman Pesta Gotilon HKBP”

Bersukacitalah dengan mengucap syukur. Gereja HKBP hanya mengatur upacara mengucap syukur secara resmi dengan acara Pesta Gotilon (Panen).Hal itu dimulai dengan sejarah HKBP yang berawal dari daerah pertanian dimana waktu panen tertentu karena penanaman padi dimulai secara serentak mengikuti musim di daerah pertanian. Cara orang Manado Mengucap syukur dengan mengumumkan bahwa di satu wilayah (Huria) diadakan Pengucapan Syukur. Jemaat dari wilayah lain datang ke wilayah itu, mereka bebas masuk keluar rumah untuk makan minum dan pintu mereka sengaja mereka buka dengan persiapan segala sajian makanan bagi para tamu yang datang dari wilayah lain. Secara internasional disebut dengan acara thanksgiving, acara mengucap syukur.
Tidak banyak Gereja HKBP menterjemahkan pelaksanaan upacara Pesta Gotilon di wilayah perkotaan di luar wilayah pertanian. Ada Gereja yang sudah menetapkan bahwa Minggu pengucapan syukur dilaksanakan setiap minggu kedua setiap bulan, berarti setelah warga menerima gaji bulanan. Ini sebuah langkah baik, perlu ditiru oleh gereja-gereja diperkotaan atau di kota besar. Masalahnya, baik mengenai hal Pengucapan Syukur karena Pesta Gotilon maupun Pengucapan syukur karena perolehan gaji bulanan tidak diatur dalam tata layanan Gereja HKBP. Barangkali perlu dapat terbaca dan tertata dalam aturan tertulis. Karena, Anugerah Tuhan tidak pernah berhenti (Ndang hea mansohot asi ni rohaNa)
Demikian juga penghayatan akan arti dari ”Mengucap Syukur” dalam Alkitab dan iman kristiani, boleh menjadi dasar dari tata layanan dimaksud. Bahwa orang yang mengucap syukur ialah orang yang sadar akan berkat Tuhan yang telah diterima, baik berupa natura seperti gaji, gaji tambahan, bonus, hasil bisnis, panen yang baik, hasil penjualan tanah atau rumah; maupun berupa hal-hal yang tidak kasat mata, berupa kesehatan, kerukunan keluarga, anak yang baik dan memiliki cita-cita masa depan, suami yang penuh dengan kasih sayang, dan penuh tanggung jawab, isteri yang hati lembut dan berwibawa. Firman Tuhan ini menginginkan agar masing-masing orang atau keluarga menetapkan hari tertentu dalam satu tahun untuk mengucap syukur kepada Tuhan. Apakah pada saat perayaan hari ulang tahun, atau kesempatan lain. Mengucap syukur senantiasa.

TEENS & YOUTH:
HE THREW HIMSELF TO THE GROUND AT JESUS’S FEET AND THANKED HIM. THE MAN WAS A SAMARITAN. What Do You Should Think And Pray For HKBP? LALU DI DEPAN YESUS IA SUJUD DAN MENGUCAP TERIMA KASIH KEPADANYA. ORANG ITU SEORANG SAMARIA. Apa Tanggapan Anda Dan Doa Mu Untuk HKBP?

_____________________________________________________tdlt____

MINGGU KEEMPAT: 25 APRIL 2010
Jubilate(MAROLOP-OLOP TU DEBATA SANDOK TANOON)

HAPPY FOR THE GRACE OF THE LORD
SUKACITA ATAS ANUGERAH ALLAH
MANGHALASHON ASI NI ROHA NI TUHAN JESU
S

EV. : ULAON NI APOSTEL 15;6-18
EP. : SEPANYA 3;14-20
TOPIK : ULAON 15;11A

RENUNGAN MINGGU INI: ”Penatalayanan Percetakan Buku-Buku Rohani HKBP”

Banyak orang tidak mampu membedakan berkat dengan anugerah (pasu-pasu dohot asi ni roha) yang diterimanya dari Tuhan. Kita terima berkat sesuai dengan apa yang kita minta dan kita harapkan dari Tuhan. Tuhan memberikan isteri, suami, diberikan anak, diberikan kelayakan hidup sesuai dengan apa yang kita minta. Tahukah kita bahwa Tuhan juga menganugerahkan (marasi ni roha) memberikan bukan sembarang isteri, bukan sembarang suami, bukan sembarang anak?
Topik Firman Tuhan ini mengkhususkan agar kita bersuka cita dan mengucap syukur akan anugerah Tuhan, yaitu berkat Tuhan yang kita terima di luar jangkauan pemikiran dan permintaan kita. Semua diberikan indah pada waktunya. Kalau karena dosa dan perbuatan kita yang selalu jahat di hadapanNya, kita tidak layak menerima banyak dari Tuhan namun tanpa memperhitungkan dosa dan kekurangan kita, masih saja Tuhan menganugerahkan semua itu bagi kita. Kita layak bersuka cita atas segala berkat dan anugerahNya.(Manghalashon Asi Ni Roha Ni Tuhan Yesus).
Anugerah yang paling besar dari Tuhan Yesus ialah Kasihnya, kerelaannya menderita di Kayu Salib demi keselamatan manusia yang sudah jatuh ke dalam dosa yang sudah menjadi milik iblis, milik neraka, diselamatkan menjadi pewaris Kerajaan Allah kekal selama-lamanya. Sebuah anugerah yang tidak pernah dimintakan oleh manusia itu sendiri namun dianugerahkan, sesuai dengan hakekat penciptaannya: diciptakan serupa dan segambar dengan Dia untuk menjadi temannya dalam Surga yang tadinya hanya dihuni olehNya, diperlukan manusia-manusia untuk menjadi temanNya. HKBP membutuhkan buku-buku rohani menjelaskan karya besar dan Kasih Allah bagi semua orang.
Dimanakah HKBP melayani buku-buku rohani yang sangat mendasar? Cukupkah Percetakan HKBP dan Ahli-ahli Teologi HKBP memfasilitasi Buku-Buku HKBP? Masih berfungsikah colportase HKBP seperti dahulu? Masih berfungsikah Percetakan HKBP hingga sekarang? Atau tinggal namakah. Apakah semua produk Buku Rohani HKBP mampu dicetak di percetakan HKBP? Perlu penatalayanan Pedoman Percetakan, Penerbitan dan Distribusi Buku Rohani HKBP.

TEENS & YOUTH:
WE BELIEVE AND ARE SAVED BY THE GRACE OF THE LORD JESUS, JUST AS THEY ARE. What Do You Think And Pray For HKBP? KITA PERCAYA DAN KITA DISELAMATKAN KARENA BELAS KASIHAN TUHAN YESUS; BEGITU JUGA MEREKA. Bagaimana Pendapatmu Dan Apa Doamu Untuk HKBP?

__________________________________________________________tdlt

MINGGU PERTAMA: 2 MEI 2010
Kantate (ENDEHON HAMU MA DI JAHOWA ENDE NA IMBARU)

IMPLEMENTATION OF BELIEVENESS IN GOD
MELAKSANAKAN IMAN PERCAYA
MANGHANGOLUHON HAPORSEAON

EV. : 2 KORINT 4;13-18
EP. : PSALM 66;16-20
TOPIK : 2 KORINT 4;13B

RENUNGAN MINGGU INI: ”Penatalayanan Musik Ibadah Gereja HKBP”

Bagaimana cara bernyanyi HKBP dewasa ini dalam setiap kebaktiannya? Dari jaman ke jaman selalu ada perubahan. Tahun 60 an jarang dipakai dalam kebaktian umum yang namanya ”Haluaon Na Gok” karena banyak lagu-lagunya dipakai oleh Gereja Pantekosta dan Sekte Bethel. Nyanyian Haluaon na Gok di HKBP paling hanya dinyanyikan oleh Kaum Parompuan (Pararikamis). Kemudian Haluaon Na Gok ditempelkan bersama dengan Buku Ende HKBP sehingga resmi menjadi Buku Ende HKBP. Jemaatpun bersuka cita.
Sejalan dengan kemauan HKBP menerima keberadaan Pantekosta dan Kharismatik, terjadi fenomena baru bahwa warga HKBP juga banyak yang mencintai lagu-lagu gembira dari Kharismatik. Bahkan HKBP sendiri secara resmi dalam keputusan Sinode Godang mengijinkan diadakannya Kebaktian Alternatif yang pada kenyataan pelaksanaannya lebih banyak menggunakan Lagu-lagu Kharismatik, pada saat yang sama diresmikan pula oleh Pusat pengayaan Buku Ende awalnya disebut dengan ”Suplemen BE HKBP” bertopik ”Endehon Ma Jahowa” dipersiapkan dengan sangat baik oleh Pdt JAU Doloksaribu dilengkapi DVD musik luar biasa yang sudah dipergunakan oleh banyak Gereja.
Buku Ende terakhir ini berisikan lagu-lagu Eropah, lagu-lagu daerah, Lagu-lagu Kidung Jemaat Yamuger, serta lagu-lagu Negro, juga lagu Koor dan lagu Penatkostal dan Kharismatik. Artinya bahwa HKBP terbuka dengan lagu berbasis budaya dan sumber lagu sekitar. Yang bergeser ialah penggunaan alat musik beragam dengan gitar, taganing, suling, lalu meninggalkan organ, piano dan trompet. Belajar notasi tidak perlu lagi. Song Leader atau Pro Kantor menjadi sangat dibutuhkan. Semua meninggalkan ciri khas HKBP
Setiap acara kebaktian HKBP, dari sejak Votum hingga Berkat selalu diselingi dengan nyanyian, ditambah lagi dengan selingan Koor atau Vocal Group dari NHKBP, Parompuan, Ama, Lansia, Remaja, bahkan Sekolah Minggu, belum lagi bila kedatangan tamu. Sehingga kebaktian menjadi bertambah lama, dan cenderung seperti terjadi festival koor setiap minggunya, sebagai akibat dari banyaknya paduan suara dalam Kebaktian Minggu. Membosankan, Untuk semua itu, perlu penatalayanan Pedoman Musik Ibadah.

TEENS & YOUTH:
I SPOKE BECAUSE I BELIEVE, IN THE SAME SPIRIT OF FAITH WE ALSO SPEAK BECAUSE WE BELIEVE. What Do You Think And Your Pray For HKBP? SAYA PERCAYA, ITU SEBABNYA SAYA BICARA. NAH DENGAN SEMANGAT PERCAYA YANG SEPERTI ITU JUGA KAMI BERBICARA SEBAB KAMI PERCAYA. Apa Yang Kau Piirkan Dan Doakan Untuk HKBP?

____________________________________________________tdlt_____

MINGGU KEDUA: 9 MEI 2010
Rogate (MARTANGIANG/BERDOA)

THE GRACE OF OUR LORD JESUS BE WITH YOU
DOA ORANG BENAR SELALU DIKABULKAN
SAI NA TULUS DO PANGIDOAN NI NAPORSEA

EV. : 4 MUSA 14;11-20
EP. : 1 TIMOTEUS 2;1-7
TOPIK : 4 MUSA 14;20

RENUNGAN MINGGU INI: ” Penatalayanan Doa HKBP ”

Banyak orang dewasa ini tidak pas berdoa bila tidak angkat tangan, bila tidak menangis, bila tidak didampingi oleh Hamba Tuhan yang heran terimbas dari banyaknya jemaat HKBP mengikuti acara-acara kebaktian Pantekostal dan Kharismatik yang sangat ramai masuk di daerah Tapanuli sejak tahun 80 an yaitu pada saat HKBP bergumul secara internal. Pendeta HKBP juga sudah tidak seirama, ada yang berdoa dengan buka mata, tidak melipat tangan, dan dianggap tidak model bila tidak berpanjang-panjang, sehingga jemaat HKBP menjadi bertanya-tanya: mana yang benar? Terpaksa berpanjang-panjang karena disisi lain kita diharuskan mendoakan banyak orang, termasuk keluarga kita serumah, keluarga di tempat jauh, saudara sepelayanan, saudara sepekerjaan, pekerjaan kita, jadual kita seharian, bahkan penguasa, agar mereka semua juga mendoakan kita.
Sejak Sekolah Minggu kita diajarkan bahwa berdoa dengan lipat tangan dan tutup mata dan jangan berpanjang-panjang, sekarang justru Pendeta yang tidak lipat tangan dan tidak tutup mata dan berpanjang-panjang dalam berdoa. Ada pendeta yang berdoa sambil buka mata dan tatapan matanya berjalan melihat jemaat dari ujung ke ujung. Mereka para pendeta yang berdoa seperti itu dapat melandasi cara berdoanya dengan ayat-ayat Alkitab. Jemaat yang mengaguminyapun jadi ikut serta berbuat dan mengajarkan hal yang sama.
Sementara itu masih banyak jemaat HKBP yang masih sungkan atau memang tidak terbiasa berdoa, saling melempar kesempatan bila disuruh berdoa dalam kebaktian-kebaktian, berupaya tidak datang ke tempat kebaktian takut disuruh untuk memimpin doa. Bukan hanya jemaat biasa, bahkan para pelayanpun demikian terutama bila disuruh berdoa dalam bahasa Indonesia. Mereka yang rajin dan tidak masalah bila disuruh berdoa khususnya bagi ibu-ibu, remaja dan NHKBP yang sudah terbiasa berdoa pada saat mengikuti kebaktian di gereja kharismatik dan pentakostal, misalnya di sekolah, di persekutuan doa atau di tempat retreat. HKBP tidak secara khusus mengajar jemaatnya untuk pintar dan jadi teladan berdoa.
Sekarang perlukah HKBP menyusun penatalayanan tentang doa dan berdoa?. Berdoa dengan Iman. Doa permohonan orang-orang percaya akan terjawab dari imannya sendiri (sai na tulus do pangidoan ni angka naporsea)

TEENS & YOUTH:
I WILL FORGIVE THEM AS YOU HAVE ASKED. What Do Should You Say And Pray For HKBP? BAIKLAH AKU AKAN MENGAMPUNI MEREKA SEPERTI YANG KAUMINTA. Apa Yang Kau Pikirkan Dan Doakan Untuk HKBP?

___________________________________________________tdlt______

MINGGU KETIGA: 16 MEI 2010
Exaudi (SAI TANGIHON MA SOARANGKU, ALE JAHOWA,DENGARLAH SUARAKU, YA ALLAH)

THE FORGIVENESS OF SINS
PENGAKUAN DOSA KEPADA ALLAH
MANGOKUHON DOSA TU DEBAT
A

EV. : PANGUHUM (HAKIM-HAKIM) 10;10-16
EP. : MATEUS 14;22-33
TOPIK : PANGUHUM 10;15

RENUNGAN MINGGU INI: ”Penatalayanan Perjamuan Kudus HKBP”

Banyak orang Kudus menangis berseru kepada Yesus. Banyak orang memulai Kebaktian Keluarga. Banyak kelompok doa dibentuk. Banyak doa yang dikabulkan. Banyak juga doa yang tidak dikabulkan. Salah satu doa yang selalu disebut dalam setiap doa ialah permohonan agar dosa dihapuskan, namun kalimat memohon dosa dihapuskan hanya merupakan kelengkapan doa, tidak melekat pada dosa apa yang dilakukan yang perlu dihapuskan Tuhan dalam doanya.
Bahkan saat melakukan Perjamuan Kudus, acara yang sangat khusus untuk pertobatan dan penghapusan dosa dalam pengakuan dosa namun yang terjadi ialah peserta perjamuan kudus hanya tertuju pada enaknya anggur (atau fanta, atau air putih) khusus perjamuan walaupun hanya sedikit –satu sloki- atau satu piala, bersama wangi roti kasur yang dipotong-potong kecil, sekali lagi tidak akan pernah lagi menginstrospeksi akan dosa-dosa yang pernah dilakukan untuk dimohon dihapuskan oleh Tuhan saat perjamuan.
Belakangan ini terjadi perubahan tatacara perjamuan kudus, dimana dulu dilakukan kebaktian persiapan seminggu sebelum hari perjamuan, dan hanya jemaat yang ikut persiapan itulah yang dibolehkan mengikuti perjamuan kudus. Dalam persiapan itu jelas-jelas diingatkan kepada jemaat agar merenungkan segala dosa yang diperbuat dan dengan sungguh dengan kerendahan hati datang ke tempat perjamuan minggu depannya dengan hati yang penuh penyesalan dan pengakuan dosa di hadapan Tuhan. Persiapan seperti ini sudah tidak berlaku lagi sekarang. Siapa saja boleh ikut asal sudah lepas sidi, tanpa persiapan sekalipun. Acara bersalaman juga sudah disesuaikan dengan kondisi tempat melaksanakan perjamuan, banyak-banyak tidak dilakukan, cukup pada akhir kebaktian perjamuan masing-masing jemaat menyambut tangan jemaat di sebelah kiri dan kanan dan sama-sama menyanyikan lagu: ”Namarhahaanggi hita sasude” atau ”Jesus Ngolu ni Tondingku” dll. Ini juga menjadi kesempatan aman bagi jemaat yang suka berkelahi di gereja untuk tidak bersalaman hingga nanti ajal menanti mereka (mardomu di tano rara). Perlu ada penatalayanan Pedoman Kebaktian Perjamuan HKBP.

TEENS & YOUTH:
TAKE AND EAT IT, HE SAID, THIS IS MY BODY; DRINK IT ALL OF YOU, HE SAID, THIS IS MY BLOOD; What Do You Should Say And Pray For HKBP: AMBIL DAN MAKANLAH, INILAH TUBUHKU; MINUMLAH, KAMU SEMUA SEBAB INILAH DARAHKU; Apa Pendapatmu Dan Doamu Untuk HKBP?

__________________________________________________________tdlt

MINGGU KEEMPAT: 23 MEI 2010
Pentakosta I
(PESTA PARJOLO PARNINGOTAN HARORO NI TONDI PORBADIA)

THE SPIRIT RESTORES THE PROSPERITY
KUASA ROH KUDUS BESAR
HUASO NI TONDI PORBADI
A

EV. : JOEL 3;1-5/JOEL 2;28-32
EP. : HEBER (IBRANI) 8;8-13
TOPIK : JOEL 3;1

MINGGU INI: ”Penatalayanan Asset HKBP”

Ada semacam bom waktu akan terjadi di HKBP di bonapasogit dimana pada umumnya penyerahan tanah pargodungan dari nenek moyang marga hanya berlaku dalam waktu antara 20-40 tahun, dan sekarang sudah banyak yang sudah kelewat waktu. Dalam program MPS periode lalu, salah satu program yang disusun yaitu menata asset HKBP dengan upaya sertifikasi seluruh asset HKBP. Bom waktu apabila keturunan nenek moyang yang memberikan tanah pargodungan yang hidup sekarang dan nanti dengan terpaksa meminta mengembalikan tanah itu kepada mereka mengingat bahwa keturunan tersebut dewasa ini tidak semua lagi menjadi anggota HKBP. Atau mengingat semakin minimnya lahan yang dimiliki oleh mereka yang semakin hari berkembang (gabe), serta semakin kurangnya wewenang keturunan Ompu dalam HKBP, yang dahulunya ada semacam perjanjian agar keturunan Ompu diberi kesempatan dalam kepemimpinan termasuk penatua atau guru sekolah, atau penjaga, yang dewasa ini semakin didominasi total oleh Pusat. Pengurusan sertifikat tanah di bona pasogit kini marak karena anjuran pemerintah, juga karena semakin melambungnya harga tanah terutama karena issu Protap (Prov. Tapanuli).
Keturunan ompu yang menghibahkan tanahnya kepada HKBP kuatir bahwa HKBP menjadikannya misalnya jadi pusat pasar, pertokoan atau bahkan menjualnya untuk dimiliki pribadi atau dijadikan fasilitas umum seperti terjadi di Eropah sana, atau hilang dari asset HKBP, sehingga mereka tidak mau menyetujui tanah pargodungan menjadi SHM (sertifikat hak miik) murni, namun berupa Hibah Bersyarat, atau berupa Tanah Ulayat dimana asset boleh milik HKBP selamanya, selama digunakan untuk Pelayanan Gereja.
Keturunan nenek moyang di bonapasogit dan di perantauan selalu sadar akan kuat kuasa Roh Kudus, keturunannya diberkati oleh Tuhan karena penyerahan tanah itu kepada HKBP. Itu menjadi kenyataan. Banyak daerah di bonapasogit begitu gersang, ketinggalan jauh dalam berbagai hal, setelah diteliti, bahwa tidak ada tanda-tanda bahwa nenek moyang mereka peduli atas kedatangan Roh Kudus di wilayahnya, bagaikan Korazim, Betsaida dan Kapernaum (Mt 11;20-24). Percayalah Roh Kudus membimbing Orang Batak dan HKBP. Namun penataan asset HKBP sangat diperlukan dalam tahun penatalayanan 2010 ini.

TEENS & YOUTH:
AT THAT TIME I WILL RESTORE THE PROSPERITY OF JUDAH AND JERUSALEM. What Do YOu Should Say And Pray For HKBP? PADA WAKTU ITU YERUSALEM DAN YEHUDA AKAN KUPULIHKAN KEMAKMURANNYA. Apa Yang Kamu Pikirkan Dan Doakan Untuk HKBP?

________________________________________________________tdlt_

MINGGU PENTAKOSTA II: SENIN 24 MEI 2010
Turunnya Roh Kudus

WORD WAS WITH GOD, THE WORD WAS GOD
ROH ADALAH FIRMAN
TONDI DO HATA I

EV. : ULAON (KISAH) 2;1-13
EP. : 2 MUSA 31;1-6
TOPIK : ULAON 2;4

RENUNGAN MINGGU INI: ”Penatalayanan Pedoman Penghayatan Roh Kudus”

Banyak orang menderita sesuatu yang abadi dalam hidupnya. Ada pemuda yang tangannya cacat seumur hidup, karena saat membawa motor, lalu tergelincir, jatuh dan menciderai dirinya dan wanita yang dibawanya, yang ternyata bukan satu iman dengan dia. Ada keluarga yang kemudian melahirkan anak yang cacat tanpa disadari dan sulit mengakui sebagai akibat dari kenakalan sang ayah pada waktu muda.
Sebaliknya pemuda yang kemudian sukses menjadi tenaga professional, dokter, ahli hukum, ahli ekonomi dan pelaku pasar yang berhasil dan kaya, karena komitmen hidupnya dalam Tuhan. Namun sebaliknya ada pula yang berhasil dalam hidup ini namun semasa remaja dan kepemudaannya tidak pernah akrab dengan Tuhan. Untung Tuhan menangkap dia. Ada pula yang ternyata rajin memuji dan memuliakan Tuhan, sudah guru sekolah minggu bertahun-tahun, ternyata tidak ada keberhasilan yang dia raih dalam hidupnya bahkan dengan mudah melakukan hal tak senonoh bahkan beralih menganut agama lain. Dalam hal kita melaksanakan Firman Tuhan saja belum tentu berkat Tuhan mengalir dalam kehidupan kita, apalagi kita melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan kehendakNya. Sekarang, mana yang kita pilih? Kita serahkan saja semuanya kepada Tuhan, kepada Roh Kudus agar membimbing hidup kita ke jalan yang dikehendaki olehNya.
Ini berarti kuasa Roh Kudus sangat berpengaruh dalam kehidupan orang percaya sesuai dengan komitmen pribadinya melalui kata-kata yang dilontarkan dalam setiap kesaksian hidupnya. Demikian juga Firman Tuhan berupa Kata-Kata suci itu sendiri yang menjadi nasehat bagi kehidupan manusia adalah seutuhnya Roh Kudus yang selalu menilai pemikiran dan kata-kata yang keluar yang kita persaksikan dari mulut dan menilai pikiran kita serta membalaskannya sejalan dengan apa yang kita pikirkan dan yang kita lakukan. Tidak cukup dengan konvessi tentang Roh Kudus, perlu semacam pedoman khusus dalam penatalayanan Pedoman Iman Roh Kudus dalam kehidupan sehari-hari jemaat HKBP.

TEENS & YOUTH:
THEY WERE ALL FILLED WITH THE HOLY SPIRIT AND BEGAN TO TALK IN OTHER LANGUAGES, AS THE SPIRIT ENABLED THEM TO SPEAK; What Do You Think And Pray For HKBP? MEREKA SEMUA DIKUASAI ROH ALLAH, DAN MULAI BERBICARA DALAM BERMACAM-MACAM BAHASA LAI. MEREKA BERBICARA MENURUT APA YANG DIBERIKAN OLEH ROH ITU KEPADA MEREKA UNTUK DIUCAPKAN. Apa Yang Kamu Pikirkan Dan Doakan Untuk HKBP?

_______________________________________________________tdlt__

MINGGU KELIMA: 30 MEI 2010
Trinitatis (HASITOLUSADAON NI DEBATA)

DECLARE THE THRINITY OF GOD PUBLICLY
PERSAKSIKANLAH TRINITAS ALLAH
MANGHATINDANGHON DEBATA SITOLUSAD
A

EV. : LUKAS 12; 1-12
EP. : PSALM 57; 1-4
TOPIK : LUKAS 12; 8

RENUNGAN MINGGU INI: ”Penatalayanan Pedoman Penghayatan Trinitatis”

Banyak pelayan dan jemaat tidak pasti mengetahui tentang Trinitatis. Banyak gereja tidak membicarakan trinitatis, berhenti dengan soal jawab dan pendalamannya. Banyak doa-doa seperti tidak jelas yang mana Allah, mana Yesus dan Roh Kudus. Sejak awalnya, hingga sekarang, dan pada masa yang akan datang Tuhan Allah yang menciptakan segalanya dalam kehidupan kita. Menciptakan hal-hal yang baru untuk memenuhi permintaan atau untuk dianugerahkan kepada kita sekarang dan pada masa datang.
Tuhan Yesus Kristus adalah Tuhan Allah sendiri yang menjadi manusia menjadi Juru Selamat manusia dan menghapus dosa-dosa kita di Bukit Joljuta lalu naik ke Surga untuk menyediakan dan mengharapkan kedatangan orang-orang percaya, yang telah dibaptiskan untuk kematianNya untuk sama-sama dibangkitkan dan menjadi penghuni Kerajaan Allah yang kekal sesuai dengan harapanNya sejak awal dimana dia berkata: Mari kita jadikan manusia segambar dan serupa dengan kita, agar Surga itu dihuni oleh banyak manusia, tidak hanya Dia sendiri.
Tuhan Yesus sudah kembali ke Surga menyediakan tempat bagi orang-orang percaya. Roh KudusNya sendiri, membimbing manusia agar selama masih di dunia ini manusia boleh berjalan dengan sesuai dengan nasehat Tuhan melalui FirmanNya baik melalui Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, jauh dari perbuatan dosa, tidak korupsi, tidak dipenjara, tidak tercela, Agar jalannya mulus menuju Tuhan Yesus dan Allah dalam Surga, hidup bersama secara kekal, akhir dari segala perjalanan hidup manusia.
Menjelaskan Trinitatis, ada kalanya sulit. sehingga ada yang memberi contoh berikut: bagaikan matahari, hanya satu matahari tetapi terdiri dari: pertama, benda matahari itu sendiri lengkap dengan yang kedua, cahaya yang dipancarkannya dan yang ketiga, lengkap dengan panas yang dikeluarkan darinya. Ada tiga tapi satu. Namun para pengkhotbah selalu mengalaskan bahwa contoh seperti di atas terlalu kecil dibandingkan dengan karya Allah menyelamatkan dunia ini yang begitu besar. Penatalayanan HKBP sangat relevan bila diperlengkapi dengan Pedoman Penghayatan dan Sosialisasi Trinitatis.

TEENS & YOUTH:
ORANG YANG MENGAKUI DI DEPAN UMUM BAHWA IA PENGIKUTKU, IA AKAN DIAKUI JUGA OLEH ANAK MANUSIA DI HADAPAN MALAIKAT-MALAIKAT ALLAH. APA YANG KAMU PIKIRKAN DAN DOAKAN UNTUK HKBP? THAT THOSE WHO DECLARE PUBLICLY THAT THEY BELONG TO ME , THE SON OF MAN WLL DO THE SAME FOR THEM BEFORE THE ANGELS OF GOD. WHAT DO YOU THINK AND PRAY FOR HKBP?

______________________________________________________tdlt___

MINGGU PERTAMA : 6 JUNI 2010
Pertama setelah Trinitatis (HASITOLUSADAON NI DEBATA)

NEITHER THE HAVE NOR THE HAVE NOT, REMEMBER THE KINDS OF GOD
INGAT TERUS KEBAIKAN ALLAH
PAINGOT-INGOT NA BINAHEN NI JAHOWA

EV. : 5 MUSA 6;10-15
EP. : RUT 1;1-6
TOPIK : 5 MUSA 6;12 A

RENUNGAN MINGGU INI: “Penatalayanan Pedoman Kekayaan Jemaat HKBP”

Banyak orang haus akan Firman Tuhan. Banyak orang mencari Tuhan. Banyak orang mencari masa depan yang lebih baik. Banyak berkeinginan agar Allah membaharui hidupnya. Semua itu dia peroleh baik dengan jalan yang berliku-liku, penuh dengan pengorbanan dan ujian dan jalan panjang. Namun ada juga dengan jalan yang tak terduga oleh pikiran manusia sehingga dia memperoleh berkat dan anugerah Tuhan, begitu cepat, penuh dengan keharuan tanpa bisa diceritakan hanya dengan kata-kata.
Jalan Tuhan ada saja bagi mereka yang bergumul sesuai dengan bidang dan keahliannya juga jalan Tuhan bagi kehidupannya. Ada yang menjadi pejabat tinggi pada kantor pemerintahan atau swasta pada lahan basah, menjadi pemborong yang dipercaya, menjadi konsultan pajak yang berhasil, menjadi pimpinan proyek besar, menjadi pengusaha global. Hasilnyapun dinikmati tahap demi tahap, hari berganti bulan berganti tahun. Awalnya dia selalu mengkaitkan segalanya dengan kebesaran dan kuat kuasa Tuhan, bahwa semua itu terjadi hanya karena Tuhan Allah, diapun rajin beribadah memuji memuliakan Tuhan melalui ibadah dan persembahan serta kekerabatan yang sangat intim di dalam pergumulan sehari-hari. Iapun rajin memberi sedekah, bantuan dan dukungan dana.
Namun lama-lama semakin mengerucut pada kesaksian bahwa semua itu terjadi hanya karena kemampuan diri sendiri. Kalau bukan karena aku semua itu tidak bakal tercapai, tidak mungkin menjadi kenyataan. Ibadah ditinggalkan, diganti menjadi hiburan dan tamasya meninggalkan ibadahnya, dan akhirnya dimakan waktu sampai-sampai meninggalkan Tuhan secara terselubung dan akhirnya meninggalkan Tuhan dengan sebenarnya. Bukan hanya dirinya tetapi juga seluruh anggota keluarganya mengikut dia. Seterusnya riwayatnyapun hilang begitu saja tanpa bekas di sekelilingnya.
Ada yang sebaliknya, kesetiaan akan Tuhan tetap terlihat di dalam kehidupannya dan keluarganya setelah menerima banyak berkat Tuhan yang diterima. Dalam ibadahnya selalu dia menghitung satu persatu berkat Tuhan, dan selalu terucap kata-kata terma kasih kepada Tuhan atas segala anugerahnya. Akhir hidupnyapun dilalui dengan pujian orang-orang yang turut mengantar dalam upacara kematiannya. Bagaimana sebenarnya keberadaan orangkaya, kekayaan dalam kehidupan ber HKBP? Perlukah ada pedomannya?

TEENS & YOUTH:
LET ME BE NEITHER RICH NOR POOR. JANGAN BIARKAN AKU MISKIN ATAU KAYA. What You Should Say And Pray For HKBP? Apa Yang Kau Katakan Dan Doakan Untuk HKBP?

_____________________________________________________tdlt____

MINGGU KEDUA: 13 JUNI 2010
Kedua setelah Trinitatis (HASITOLUSADAON NI DEBATA)

CRY OUT TO THE GOD THY LORDGOD
MEMINTA TOLONGLAH KEPADA TUHAN ALLAH
JOU-JOU TU JAHOWA

EV. : JOEL 1;8-20
EP. : JAKOBUS 1;12-16
TOPIK : JOEL 1;19A

RENUNGAN MINGGU INI: ”Penatalayanan Pelanggaran karena Meninggalkan Tuhan Allah”

Banyak orang yang tidak berdamai, tidak sukacita, tidak murah hati. Banyak orang yang congkak, peminum, pelaku kejahatan. Banyak yang tidak mau dihadapkan dengan tantangan, justru ingin jalan pintas, ingin jadi pemenang, peraih berkat tanpa kerja keras. Banyak orang yang tidak menggunakan hati, yang mengarahkan diri pada kejahatan dan kenajisan. Banyak yang tidak peduli bahwa Tuhan memberikan berkatNya senantiasa. Banyak orang yang tidak mampu bertahan dalam penderitaannya
Banyak orang mengira bahwa Tuhan Allah hanya menciptakan semesta alam dengan segala isinya hanya pada awalnya, pada hal Dia juga masih mencipta hingga sekarang untuk kebutuhan manusia ciptaannya, hingga masa yang akan datang, hingga maranatha, bahkan hingga selama-lamanya, sehingga orang percaya yang sadar akan hal ini senantiasa memanggil nama Tuhan Allah (jou-jou tu Jahowa) dalam kehidupannya, baik pada saat menerima berkatnya, juga pada saat menderita, saat berjuang dan saat menikmati pemberian berkat dan anugerahNya.
Selain itu, sama seperti orang Israel dalam perjalanan sejarah Alkitab, selalu jauh bahkan meninggalkan Tuhan Allah saat mereka mengalami kemakmuran baik di wilayah penjajahan maupun di negeri sendiri. Demikian kehidupan jemaat dewasa ini bahwa tempat ibadah akan penuh kedatangan jemaat beribadah pada saat terjadi kerusuhan, ketidaknyamanan dalam berkehidupan, dan akan menjadi kosong saat jemaat demikian senang, mengalami kehidupan yang bahagia karena panen atas usaha-usaha dan professionalitasnya, bahkan berupaya membanding-bandingkan dan mencari ilah baru selain Tuhan Allah. Tiada rasa takut, dukun dan orang pintarpun menjadi hal biasa dihadap bersamaaan dengan menghadap Tuhan, mereka berkata: ”Kalau nggak pergi ke orang pintar mana bisa kaya? Semua orang kaya tidak ada yang tidak pergi ke orang pintar” benda-benda bermaknapun menjadi kekuatan khusus dalam kehidupannnya. Tidak segan-segan berkata bahwa Tuhan itu penting dalam surga nanti, kita khan masih dalam dunia ini, selanjutnya menurut dia, harus kita bedakan dunia dan akherat. (portibion dohot partondion). Selayaknyalah HKBP menatalayani dan menyusun Pedoman Kesetiaan Kepada Tuhan, sehingga jelas siasat Gereja bagi mereka yang meninggalkan atau menduakan Tuhan dengan segala praktek kehidupan dan perilakunya

TEENS & YOUTH:
I CRY OUT TO YOU, LORD. AKU MINTA TOLONG KEPADAMU, YA TUHAN. What Doyou Think And Pray For HKBP. Apa Pendapatmu Dan Doamu Untuk HKBP?

____________________________________________________tdlt_____

MINGGU KETIGA: 20 JUNI 2010
Ketiga setelah Trinitatis

BELIEVE IN GOD, BELIEVE IN JESUS
PERCAYALAH KEPADA ALLAH DI DALAM YESUS
MANGHAPORSEAI DEBATA DIBAGASAN KRISTU
S

EV. : JOHANNES 14;1-3
EP. : 5 MUSA 11;13-21
TOPIK : JOHANNES 14;1B

RENUNGAN MINGGU INI: ”Penatalayanan Sosialisai Konvessi HKBP”

Di dunia ini tidak banyak gereja yang memiliki Konvessi (Pengakuan Iman) sebagai pernyataan iman. Konvessi HKBP menuliskan pengakuan iman Kritiani yang diakui oleh HKBP. Dalam konvessi dijelaskan kepada siapa kita beriman, apa pengakuan HKBP tentang Firman Tuhan, Alkitab, Hubungan dengan agama seiman, oikumene, hubungan dengan Gereja atau Sekte Kristen, bahkan dengan yang tidak seagama, perhubungan dengan Tuhan melalui Yesus (Manghaporseai Debata di bagasan Kristus, Yoh. 14; 1B), apakah Roh Kudus itu, bagaimana iman kita tentang malaikat, tentang dosa, tentang Surga dan Kehidupan kekal dan neraka, dan lain-lain yang berkaitan dengan isi dan makna Alkitab.
Setahu kita bahwa Pusat HKBP menerbitkan Konvessi HKBP dalam 3 (tiga) bahasa, yaitu bahasa Batak Toba, Indonesia dan bahasa Inggeris dengan maksud agar segera dapat tersosialisasikan betapa HKBP memiliki Buku Konvessi yang secara kuat membentengi jemaat untuk dapat membedakan iman dalam HKBP dengan iman lain. Seberapa pentingkah Konvessi HKBP bila ternyata iman dari Gereja lain atau dari agama lain memasuki dan mempengaruhi iman anggota jemaat HKBP baik terselubung atau terang-terangan? Misalnya, dewasa ini semua berhak menyatakan dirinya Gereja, yang manakah yang disebut sebgai Sekte? Jemaat pun tidak peduli bila Gereja harus dibeda-bedakan dengan sekte, karena di beberapa tempat sekte itu sudah lebih populer dan lebih besar dari Gereja.
Namun terasa sangat kurang sosialisasi, HKBP menganggap bahwa jemaat sudah mengerti sendiri apa isi konvessi HKBP. Dulu masih sempat disosialisasikan dengan menjadikan penggalan-penggalannya selain penggalan-penggalan RPP (siasat Gereja) menjadi pengganti Hukum Taurat yang dibacakan dalam ibadah mingguan, tetapi akhir-akhir ini sudah sangat jarang. Pelajar sidipun tidak memiliki jadwal yang secara khusus mempelajari Konvessi, demikian juga remaja dan pemuda serta kategorial lain, tidak dalam keseriusan untuk mengetahui, mendalami Konvessi dan bersikap oleh karenanya. Dan Konvessi pun menjadi barang mahal, langka, yang tidak terlalu dipedulikan oleh Jemaat HKBP, jemaat masih lebih mengenal Katekhismus, Almanak, Buku Pajonok (Mendekatlah Kepada Allah) dan buku lain dari pada mengenal Konvessi HKBP.

TEENS & YOUTH:
BELIEVE IN GOD, AND BELIEVE ALSO IN ME. PERCAYALAH KEPADA ALLAH DAN PERCAYALAH KEPADAKU JUGA. What Do You Think And Pray For Hkbp. Apa Pendapat Dan Doamu Untuk HKBP?

___________________________________________________tdlt______

MINGGU KEEMPAT: 27 JUNI 2010
KEEMPAT setelah Trinitatis

DOING GOOD AS GOD’S WILL
BERBUAT BAIK SESUAI KEHENDAK ALLAH
HOBAS TU ULAON NA DENGGAN

EV. : 1 PETRUS 3;13-17
EP. : PARJAMITA (PENGKHOTBAH) 3;16-22
TOPIK : 1 PETRUS 3;17

RENUNGAN MINGGU INI: ”Penatalayanan HKBP tentang Pesta Adat”

Banyak pesta orang Batak yang diselenggarakan hampir setiap hari, tanpa menentukan hari khusus, misalnya pesta adat pernikahan, pesta adat kematian, bahkan hari Minggupun sudah tidak dipermasalahkan lagi untuk dipakai melaksanakan kegiatan pesta adat. Juga pelaksanaan pesta bona taon atau pesta parolopolopon marga yang sengaja dilaksanakan pada hari minggu, pada jam-jam peribadahan dimana kebaktian dilaksanakan di gedung-gedung pesta di luar gedung gereja yang kemudian menguras kehadiran jemaat untuk beribadah di luar gereja karena sudah mengutamakan untuk hadir di gedung pesta.
Melakukan ibadah di gedung di luar gedung gereja sudah menjadi trend baru karena acara kebaktian tidak hanya melulu acara menurut Agenda HKBP, namun juga menggunakan tata ibadah agama dan sekte lain. Nyanyian kebaktian pun boleh dicampur aduk menggunakan lagu Gereja lain yang sangat digandrungi oleh sekolah minggu, remaja pemuda dan orang tua yang masih berjiwa muda, karena kebaktian itu juga tidak hanya dihadiri oleh anggota HKBP. Cara seperti ini juga menciptakan klebiasaan baru membawa jemaat untuk tidak melakukan ibadah hanya di Gereja HKBP tetapi menjadi terbiasa dengan nyanyian dan doa ala gereja lain.
Banyaknya pesta adat di bona pasogit sudah tentu mengajarkan suatu pola hidup konsumerisme yang secara ekonomi menjadikan jemaat sangat konsum minded, tidak sebanding dengan pola hidup produktif, dan tidak memiliki peluang untuk investasi (menabung). Adat dan budaya yang sudah baik berjalan tidak bertentangan dengan iman Kristiani seperti penggunaan ULOS terganggu statusnya terkait dengan analisis sekte tertentu, sementara itu, kecenderungan baru terjadi dewasa ini, dimana demi pelestarian adat dan budaya, ada kelompok yang ingin mengulang kembali kekuatan magic (tonggo hadatuon) yang dimiliki oleh budaya lama di Pusuk Buhit dan daerah tua lainnya, juga dengan hadirnya kembali issu begu ganjang.
Sudah waktunya HKBP menatalayani pelaksanaan pesta adat yang begitu meriah dan kembalinya budaya lama yaitu dengan menyusun pedoman penatalayanan pelaksanaan pesta adat dan budaya di bona pasogit dan di perkotaan serta kota besar.

TEENS & YOUTH:
FOR IT IS BETTER TO SUFFER FOR DOING GOOD, IF THIS SHOULD BE GOD ‘S WILL. LEBIH BAIK MENDERITA KARENA BERBUAT BAIK -KALAU ITU ADALAH KEMAUAN ALLAH- What Do You Think And Pray For HKBP? Apa Yang Kau Pikirkan Dan Doakan Untuk HKBP?

_____________________________________________________tdlt____

DAPATKAN RENUNGAN MINGGUAN PRIBADI SELANJUTNYA UNTUK BULAN JULI SD. DESEMBER TAHUN PELAYANAN HKBP 2010, BERIKUTNYA. TUHAN YESUS MEMBERKATI

______________________________________________tdlt___



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: