Posted by: todung | 14 May 2008

Quovadis Indonesiaku (10), Ekonomi: Pajak Jalan Untuk Pembangunan Jalan?

<!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>

Pajak kendaraan dan retribusi jalan gunakanlah untuk merehab dan membangun jalan. Jalan sudah memakan banyak korban meninggal karena dirusak genangan banjir, lebatnya hujan, namun pemerintah tidak dapat segera menggunakan hasil pajak dan retribusi itu untuk memperbaikinya. Demikian juga Pajak Bumi dan Bangunan, tidak dapat digunakan langsung untuk memperbaiki jalan ke tempat hunian, di desa atau di kota, ke kebun rakyat, atau memfasilitasi sertifikasi tanah rakyat dengan gratis seperti program prona/pemutihan.

Semua itu merupakan hal yang mustahil di sini. Semua pajak terkumpul, disatukan, dicampuraduk, diakumulasi menjadi asset pemasukan kekayaan Negara kemudian dibagi-bagi menurut Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional atau Daerah (APBN/D) masing-masing yang penggunaannya harus menuruti peraturan perundang-undangan yang diberlakukan. Mungkin saja digunakan untuk membeli senjata dan kapal selam.

Sebaiknya, pajak harus digunakan sedapatnya untuk mengembangkan obyek masing-masing, apabila jumlah pajak yang bersangkutan kurang maka baru ditambahkan atau dicari jalan lain untuk menutupinya. Dana pembangunan atau rehabilitasi bangunan irigasi diambil sepenuhnya dari pajak PBB, bila kurang boleh diambil dari sumber dana lain misalnya dari hasil devisa atau dari kelebihan pajak kendaraan. Bila kejadiannya di wilayah Kabupaten Kota mungkin sumber pendanaannya kurang, bisa ditanggulangi oleh bantuan dana Provinsi bahkan bantuan Nasional.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: