Posted by: todung | 14 May 2008

Quovadis Indonesiaku (11), Hukum: Ratifikasi HAM

<!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>

Menyamakan hukum dan hak asasi di Negara maju dan di Negara miskin merupakan suatu hal yang timpang. Nilai penderitaan dan nilai prifasi individual di kedua kategori wilayah itu sangat berbeda, namun harus disamakan oleh perundang-undangan tentang hak asasi manusia dan keadilan. Sampai-sampai Indonesia juga meratifikasi peraturan HAM yang dikeluarkan PBB, lalu mengamandemen UUD 1945 dengan memasukkan aspek HAM di dalamnya serta membentuk Komisi Nasional (Komnas) HAM.

Ada nilai HAM melawan kebiasaan adat dan budaya setempat. Sebagai contoh tentang persamaan hak antara laki-laki dan perempuan. Di Negara yang individualismenya sangat tinggi, ada hak suami dan isteri yang dibatasi oleh hak prifasi masing-masing. Bisa saja suami dianggap melanggar hukum dan dijebloskan ke penjara karena kebutuhan untuk melakukan kewajiban sebagai suami isteri. Di Negara beradat dan berbudaya atau katakanlah budaya orang timur jarak itu hampir tidak ada.

Nilai persamaan hak orang kaya dan orang miskin juga harus diperhitungkan dengan baik. Orang kaya bisa saja seenaknya membeli harta orang miskin, misalnya lahan tanah bahkan rumahnya, anggaplah kesepakatannya senang sama senang. Namun hal ini tidak akan membawa keadilan karena dengan hilangnya kepemilikan orang miskin maka hidupnya akan menderita dan orang kaya semakin kaya. Adakah Pemerintah jauh-jauh hari berperan menengahi ketidakadilan HAM antara orang kaya dan orang miskin seperti ini?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: