Posted by: todung | 14 May 2008

Quovadis Indonesiaku: 2. Alam, Lingkungan Hidup

<!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>

    1. Alam:

Lingkungan Hidup

Alam dan lingkungan kita rusak karena kualitas pemimpin kita, tidak peduli dan tidak mengenal apa itu udara, air dan tanah, merokok di sembarang tempat, kemudian orang seperti ini dewasa tanpa perubahan wawasan dan perilaku, menjadi tokoh, teknokrat, cendekiawan sekaligus jadi pimpinan dan pemberi teladan di tengah masyarakat. Merusak udara dengan polusi, merusak langit, ozon dan kulit atmosfer bumi hingga berlubang dan merusak alam. Mereka tidak peduli masa depan anak dan cucu, membabat hutan hingga gundul, merancang dan membangun kota tanpa peduli dampak lingkungan, mengeruk harta bumi dari kekayaan alam.

Kerusakan alam dan lingkungan hidup tidak lepas dari dua hal yaitu “kerakusan” dan “salah urus”. Untuk itu, demi alam dan lingkungan kita cari pemimpin yang baik, yang peduli kebersihan pisik dan jiwa, teladan dalam membangun Negara, tidak sembarangan membangun kota, tidak serakah dengan membiarkan cukong-cukong merambah dan memalak hutan, namun yang terbukti pintar membangun desa dan kota dengan segala isinya.

Pemimpin bisa saja generalis pemimpin keseluruhan bidang namun semua bidang itu berkaitan dengan alam lingkungan. Bila ada fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) jadi pemimpin atau jadi wakil rakyat maka elemen pengetahuan dan kepedulian akan alam dan lingkungan harus menjadi salah satu kriteria setara dengan kriteria aturan agama dan keahlian lainnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: