Posted by: todung | 14 May 2008

Quovadis Indonesiaku (3) Ekonomi: Kenaikan Harga dan Daya Beli

<!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>

Naiknya harga sesuatu barang dipengaruhi banyak faktor, mungkin karena peminat barang itu semakin banyak pada hal jumlah persediaan barang terbatas. Mungkin juga karena pengaruh kenaikan harga barang lain, misalnya bila harga bbm dan gas naik maka ongkos transportasi juga produksi pabrik yang menggunakan bbm dan gas akan naik, jasa tukang dorong dan tukang angkut barang juga akan naik.

Pemerintah yang baik yang peduli terhadap penderitaan rakyat sangat hati-hati menaikkan harga barang lebih khusus bbm dan gas, senantiasa berupaya lebih dahulu meningkatkan daya beli masyarakatnya. Harga gabah kering panen, harga ikan nelayan, harga produk usaha kecil dan menengah (UKM), dan upah minimum regional (UMR) selalu dinaikkan secara stabil lebih dahulu baru menaikkan harga bbm dan gas, bukan sebaliknya. Coba harga gabah kering panen perkilogramnya sama atau lebih tinggi dari harga bensin premium perliternya maka rakyat bukan rakyat miskin lagi, tidak perlu subsidi lagi.

Jumlah penganggur akan berkurang. Jika harga berbagai produksi petani, nelayan dan UKM serta jasa UMR ternyata mendatangkan keuntungan, maka penganggurpun akan lari menjemput pekerjaan di bidang itu. Dimana ada gula tebu disitu ada semut. Tidak seperti sekarang, pengelolaan produksi rakyat ditinggalkan oleh masyarakat pemilik di desa, pantai dan bukit, mereka lari ke pinggiran kota menjadi pengemis, pengasong, pemulung atau menjadi pekerja kasar, kota jadi penuh kekacauan, masyarakat semakin tidak memiliki daya beli. Yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: