Posted by: todung | 14 May 2008

Quovadis Indonesiaku (4), Politik: Masih Layakkah Partai Bagi Masyarakat?

<!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>

Tidak kelihatan lagi kaitan antara partai dengan masyarakat dalam pemilihan. Masyarakat tidak tahu apa visi dan misi yang dibawa oleh partai. Jangankan bagi partai baru, partai lama pun demikian tidak jelas idealisme yang harus diperjuangkan. Sebuah perbedaan yang kental antara orde lama, orde baru dan orde reformasi ini.

Dewasa ini, umumnya masyarakat tidak memiliki partai, lebih banyak golput (golongan putih), kalau pun ada, sifatnya situasional, lebih didominasi oleh uang dan agama. Sulit bagi partai sekarang memprediksi jumlah anggota atau pemilih partainya. Slogan, sosok pribadi dan kehebatan mencuri waktu, uang sogok (money politics) atau permainan strategi kampanye dengan yel-yel pilihan juga serangan fajar, lebih menonjol, bukan idealisme partai. Pengurus dan tokoh partai pun mudah membelot ke partai lain atau membentuk partai baru. Memang, bagi politik, yang pasti hanyalah kepentingan.

Menurut UUD 1945 yang diamandemen, rakyat langsung memilih Pemimpinnya, tidak seperti dulu, memilih partai dulu baru partai yang menang otomatis berpeluang menang dalam memilih pemimpinnya. Nanti ada juga pemilihan legislatif, memilih wakil rakyat dan wakil daerah yang diajukan oleh partai dan daerah. Lebih banyak wakil rakyat yang terpilih dari partai maka lebih dominanlah partai itu dalam lembaga legislatif DPR dan DPRD. Untuk itu, perlu sosialisasi dan pembelajaran visi dan misi partai jauh sebelum kampanye, mengajak masyarakat menjadi anggota, karena idealisme. Sebuah pembodohan bila masyarakat hanya diajak berpolitik pintas, hanya saat pemilihan, tanpa idealisme.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: