Posted by: todung | 14 May 2008

Quovadis Indonesiaku, (5) Sosial: Kemiskinan Rakyat dan Subsidi

<!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>

Apakah benar rakyat Indonesia miskin? Disebut rakyat miskin karena tidak mampu menikmati kebutuhan hidupnya secara wajar, tidak mampu makan minimal dua kali sehari, tidak mampu menunaikan kewajiban dalam bersosialisasi seperti menjalankan agama, membayar adat dan budaya setempat, masih buta aksara latin dan tidak mampu menyekolahkan anak minimal hingga menyelesaikan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun (hingga ke SMP) dan memiliki penyakit menahun dan tidak mampu menyembuhkannya.

Angka miskin dipermainkan. Angka penyandang kemiskinan ini pada Negara miskin khususnya di Indonesia semakin lama semakin bengkak, digolongkan menurut tingkatan pra sejahtera, sejahtera satu, sejahtera dua. Naik, karena bila ada pembagian subsidi, keluarga pejabat Desa, Kelurahan bahkan Kecamatan dan keluarga aparatnya terdaftar sebagai keluarga miskin. Angka ini bahkan bisa dipolitiser untuk menjadi data memohon bantuan lebih besar dari Negara donor, juga politisasi program untuk meyakinkan kelayakan program subsidi.

Pemerintah menjadi seperti paman (natal) disanjung karena memberikan hadiah bagi anak-anak, sehingga anak-anak senang, walau pun hanya sebentar namun hatinya terkesan. Program JPP, hadiah uang cash Rp 300.000,-per keluarga miskin, subsidi beras miskin (raskin), bbm dan gas bersubsidi, dinikmati masyarakat miskin hanya sesaat, sifatnya pun politis. Mestinya rakyat harus menolak disebut orang miskin dan tidak menerima subsidi. Program seperti ini justru membodohi (pembodohan) rakyat, karena melatih rakyat pemilik negara ini menjadi pengemis kepada Pemerintahnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: