Posted by: todung | 14 May 2008

Quovadis Indonesiaku, (6) Pendidikan: Cendekiawan dan Putra Daerah

<!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>

Mereka lebih sejahtera bekerja di Negara lain. Banyak warga Negara Indonesia belajar dalam berbagai jenis keahlian di dalam dan di luar negeri setiap tahunnya, baik dibeayai oleh Negara mau pun dengan beaya sendiri. Namun bila ditanya: “Kemana para Cendekiawan kita ini sekarang”? Yang belajar di luar negeri tidak pulang-pulang karena di luar negeri lebih dipakai bekerja dengan jaminan yang pasti.

Pulang ke Indonesia dan ke tempat asal, kedudukannya sebelum dikirim ke luar negeri telah diduduki oleh pegawai putra daerah. Jangan-jangan pengirimannya ke luar negeri hanyalah untuk memberi kesempatan bagi putra daerah menduduki jabatannya. Rasa seputra daerah diagung-agungkan, menomorduakan rasa Indonesiani, menutup kemungkinan mendatangkan para ahli yang terbaik dari luar daerah. Kualitas provinsi pun akan bisa terpuruk dengan rekrutmen putra daerah tanpa mempertimbangkan basis keahlian.

Perencanaan tenaga kerja oleh Pemerintah melalui Lembaga Ketenagakerjaan dan badan pengkajian teknologi tidak jelas, tidak terpaut dengan kompetensi keahlian yang dimiliki oleh tenaga terdidik dan cendekiawan Indonesia dalam pemerintahan. Demikian halnya di luar pemerintahan tidak terkait untuk membangun potensi sumber daya alam yang diteliti. Sampai kapan Indonesia menggali dan membangun potensi Negara dengan keahlian cendekiawan sendiri? Kembalilah cendekiawanku, bergabunglah dengan cendekiawan sejenis, bentuklah lembagamu disini, bangunlah negaramu. Atau tetap bercokol di Negara lain, menjadi pahlawan devisa Negara, dan atau cendekiawan Indonesia menjadi tersebar ke seluruh dunia?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: