Posted by: todung | 14 May 2008

Quovadis Indonesiaku (7), Ekonomi: Masih Perlukah Proyek?

<!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>

Proyek merupakan peluang korupsi terbesar. Proyek pemerintah merupakan pekerjaan pengembangan sesuatu bidang yang dipercepat dalam peningkatan pekerjaan rutin lembaga pemerintah. Banyak terjadi dalam pelaksanaan tugas pemerintah pekerjaan rutin diproyekkan, sampai beli kertas tulis saja diproyekkan. Pekerjaan jalan saja diproyekkan pada hal tugas itu merupakan pekerjaan rutin Departemen. Tidak ada lagi batas pekerjaan rutin dengan pekerjaan proyek.

Bila kegiatan rutin diproyekkan apa masalahnya? Yang pasti terjadi pemborosan, dari sejak tender, mekanisme kerja, kepanitiaan, pendanaan dan peluang korupsi paling terbuka dari sejak penyusunan rencana kerja hingga pelaksanaan dan pengawasannya. Terjadilah mark-up, dan proyek fiktif, terjadi kolusi, demikian juga nepotisme. Uang Negara habis untuk pekerjaan yang tak perlu. Pegawai orang dalam digaji dua kali dari gaji biasa dan dari honor kepanitiaan.

Jadi, proyek identik dengan lahan korupsi. Orang dalam dan orang luar berebut ikut dalam proyek untuk memperoleh keuntungan. Sebaiknya, proyek dihapuskan saja, kembalikan kepada pekerjaan rutin lembaga masing-masing. Tingkatkan kualitas dan kompetensi pegawai, naikkan gajinya sama dengan gaji pegawai PT Pertamina atau gaji pegawai Departemen Keuangan. Proyek hanya diperlukan untuk pekerjaan yang tidak ada dalam pekerjaan rutin misalnya pembangunan jalan antar lintas pulau, pembangunan lapangan terbang baru, pembangunan terminal laut, atau yang lain yang sifatnya bukan pekerjaan rutin lembaga pemerintahan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: