Posted by: todung | 14 May 2008

Quovadis Indonesiaku (9), Sosial: Penyederhanaan Adat dan Budaya

<!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>

Adat dan budaya yang asli ditinggal oleh warganya walau pun disana sini sudah banyak dimodernisasi. Adat pernikahan yang sangat mahal memungkinkan para jejaka dan gadis-gadis menikah dengan gadis dan jejaka dari suku adat lain agar semua syarat-syarat pernikahan yang mahal itu secara otomatis gugur. Terlebih lagi bila adat dimaksud sudah terhisab dengan agama maka banyak jejaka dan gadis berpindah agama. Gugur dan keluar dari adatnya semula, atau akan kembali setelah menjadi orang dan membayar segala kewajiban adat.

Pesta pora adat juga perlu disederhanakan. Helatan Paguyuban, Perhimpunan Marga, Suku, Daerah berbasis adat dan budaya yang diselenggarakan untuk mempersatukan anggota memakan biaya hingga ratusan juta bahkan miliaran rupiah, sepertinya kurang mendidik. Lebih baik bila dipersatukan secara monumental dengan membangun sarana kemajuan seperti pendidikan, kesehatan atau badan usaha.

Buku khusus semacam “Buku Pustaka Adat dan Budaya” dari ratusan bahkan ribuan jenis adat di Indonesia sangat diperlukan. Pemerintah seharusnya memfasilitasi pengadaannya walau pun sangat nir laba, menjadi naskah yang selalu tersedia pada museum atau perpustakaan baik di tingkat nasional mau pun di tingkat pemerintah provinsi atau daerah terutama bagi tokoh adapt daerah pemilik adat dan budaya yang bersangkutan, juga tersedia di tingkat internasional dan situs dunia maya. Lestarikan adat dan budaya sebagai sentral pengaman bangsa dan Negara yang juga dicintai generasi muda.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: