Posted by: todung | 21 May 2008

Quovadis Indonesiaku, 12: Negara Kaya Minyak

Indonesia negara kaya minyak tapi miskin. Bagi masyarakat hal ini sangat lucu dan suatu hal yang tidak mungkin, bahkan menuduh pemerintah macam-macam atas keadaan ini. Belum pernah ada pemerintahan di Indonesia yang kaya minyak ini membawa rakyatnya keseluruhan bahkan Provinsi atau Daerah penghasil minyak itu sendiri sebagai penghasil minyak yang sejahtera. Semakin tinggi harga minyak dunia, justru bukan suatu kebanggaan, malah jadi beban.

Apa masalahnya? Mungkin salah satu aspek ialah monopoli PT Pertamina sebagai pengeksploitasi sumber produksi minyak, perusahaan terbuka ini juga yang mengelola pemasarannya. Bagi produk PT tbk lain hal itu tidak dibolehkan, lain pengelola produk harus lain yang mendistribusikan. Sudah mengelola perusahaan demikian kompleks masih juga mengelola berbagai anak perusahaan yang terkait seperti kapal tanker atau pun tak terkait dengan minyak seperti hotel atau rumah sakit, justru menciptakan inefisiensi karena harus membayar managemen dan puluhan ribu staf/pegawainya melebihi kewajaran sebagai pegawai negeri.  Mengapa pengolahan minyak mentah di Negara lain, bukankah lebih efektif berada di lokasi produksi?

Jadi masalahnya yang utama berkisar manajemen internal PT Pertamina tbk. sendiri, sehingga perlu diubah terutama masalah monopoli, inefisiensi karena kepegawaian dan kaitan pengelolaan anak perusahaan. Beaya yang sangat besar dalam eksploitasi, pengolahan dan distribusi itulah yang kita bicarakan pada kesempatan ini, penyebab lain kita bicarakan lain waktu.  

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: