Posted by: todung | 21 May 2008

Quovadis Indonesiaku, 14 Negara: Serobot Batas Negara

 

Batas negara di Kalimantan Utara dipindah-pindahkan, Pulau Ambalat sudah diancam akan diambil, pasukan waitaniki penjaga perbatasan Negara di Kalimantan disinyalir menggunakan warga Indonesia. Belum cukup Sipadan dan Ligitan yang sudah milik Indonesia sejak tahun 1930 menjadi milik tetangga dibawah Hukum Internasional, kita perlu hati-hati kepada Negara tetangga ini.

Tidak sejengkal tanah pun di Indonesia dimiliki Negara lain. Yel-nya bagus namun siapa sekarang berani mempertahankan kedaulatan Negara dan bangsa terhadap spekulasi penyerobotan sejengkal tanah? Tentu TNI dan seluruh rakyat Indonesia. Namun kenyataan pengamanan oleh Negara melalui TNI kurang serius, tidak ada reaksi aktif berkelanjutan melalui sebuah tim yang dibentuk untuk itu. Sementara kita mengharapkan kebaikan hati negara tetangga, mereka sudah mengkaji lebih dalam teknik tepat untuk menyerobot milik kita.

Negara tetangga lain mengisi dan memperpanjang pantai dengan pasir. Sebuah kiat penyerobotan, sehingga kepemilikan panjang Selat Malaka satu waktu akan dihitung dari pinggir pantai baru yang sudah menjorok jauh ke tengah lautan. Bentuk penyerobotan lain berupa  penyerobotan hasil produksi. Lahan tanah dan hutan Indonesia sekarang ini banyak dikuasai oleh pengusaha Negara tetangga, bahkan disinyalir bahwa pembakaran hutan yang terjadi yang menimbulkan asap tebal juga dilakukan pengusaha-pengusaha Negara tetangga ini. Kita harus hati-hati berhadapan dengan Negara tetangga dalam hal penyerobotan tanah dan kekayaan kita.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: