Posted by: todung | 21 May 2008

Quovadis Indonesiaku 15, Ekonomi: Distribusi Hasil Tambang

Produk dari Perusahaan produsen sabun, obat gigi, mie instant dan banyak produk pabrikan lainnya tidak boleh dijual atau didistribusikan sendiri ke pasar masyarakat harus melalui saluran-saluran distribusi pengusaha pemasaran lain, sehingga tidak terjadi monopoli usaha. Bila terjadi monopoli usaha, maka kesempatan bagi pengusaha lain juga akan berkurang. Semakin banyak saluran distributor yang dilibatkan dari sejak produsen hingga pemasaran saudagar (grosir) hingga pemasar akhir (retailer) semakin banyak yang memiliki keuntungan dari produk tersebut hingga ke tangan konsumen.

            Rupanya peraturan distribusi seperti itu tidak berlaku untuk semua barang produksi. Emas, uranium dan tembaga  yang diproduksi oleh pengusaha eksplorasi, bebas mereka distribusikan sendiri, sudah tentu dengan mengumpulkan lebih dahulu di pusat stoknya, di negaranya. Demikian juga minyak dan gas bumi yang diproduksi oleh PT Pertamina tetap dimonopoli untuk didistribusikan oleh perusahaan yang sama. Bagaimana dengan timah, batubara dan hasil tambang serta produk lainnya? Berarti ada juga diskriminasi terjadi disini. Mengapa harus didistribusikan sendiri?

Khusus untuk perjanjian eksplorasi tambang, harga emas pada saat penandatanganan kerja sama dengan pengusaha tambang misalnya hanya Rp 3.000,- per gramnya, tetapi setelah akhir perjanjian kerja sama harga emas sudah Rp 150.000,- per gramnya, apakah masih layak hasil kerja sama awal tetap dipergunakan? Pasti tidak. Sehingga peraturan tentang distribusi hasil produk juga seyogianya harus diberlakukan bagi produk eksploitasi pertambangan.

 

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: