Posted by: todung | 21 May 2008

Quovadis Indonesiaku 17, Olah Raga: Sepak Bola Sewaan

Dewasa ini Negara atau Provinsi atau klub menyewa mahal pemain bola dari Negara lain untuk memperjuangkan, mempertahankan dan meninggikan nama sendiri. Sungguh sebuah fenomena yang tidak masuk akal jernih manusia namun sudah ditoleranisasi menjadi kebiasaan atau budaya global. Haruskah diolok-olok bila sebuah klub sepakbola tidak pernah menjadi juara?

Sungguh lucu perasaan di lapangan hijau, bila rata-rata pemain asli Indonesia berkulit warna sawo matang dan tinggi kurang lebih 170 cm, bermain sepakbola bersama pemain sewaan berkulit warna hitam pekat atau putih dengan tinggi kurang lebih 200 cm, tak seimbang. Permainan pemain asli pun tidak terlalu kalah dengan sewaan. Pemain asli bermotifkan nasionalisme, pemain sewaan bermotifkan akad kontrak. Lebih baik pemain sewaan lebih dahulu menjadi warga Negara sehingga sah membawa kemenangan  bagi Negara?

Menyewa pelatih dari luar mestinya bukan hanya melatih pemain namun juga melatih pelatih, sungguh suatu hal yang baik. Manajemen sepak bola nasional diperbaiki, dipimpin oleh orang yang berpengalaman main bola bukan oleh pejabat karena berduit dan sifatnya politis. Memperbaiki fasilitas olah raga khususnya lapangan sepak bola sekaligus mengkaderkan pemain di tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional walau harus dibayar mahal namun terarah. Goodwill dari setiap jenjang pemerintahan menetapkan anggaran cukup bagi pembinaan didukung oleh bos-bos klub sungguh meyakinkan masa depan persepakbolaan Indonesia akan cemerlang.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: