Posted by: todung | 27 May 2008

Quovadis Indonesiaku 16, Pejabat: Motivasi Pejabat

Pejabat pada kaya-kaya. Keadaan sekarang sangat memungkinkan “langsung kaya” mendadak setelah menjadi pejabat. Itu artinya, bahwa menjadi pejabat merupakan kesempatan untuk menjadi kaya baik dengan jalan benar mau pun tidak, halal atau haram. Menjadi pejabat bukan lagi untuk melayani rakyat (abdi rakyat) secara murni namun sambil lalu menjadi kaya. Itu yang terjadi dan menjadi kesan umum, walau pun masih banyak pejabat yang bersih, yang diejek sebagai pejabat bodoh, pejabat bloon, tidak tahu menggunakan kesempatan, dan memang tidak memiliki tempat dalam jaman korupsi ini. Jaman ini adalah jaman korupsi, orde korupsi.

Lahan basah bagi pejabat di tiap instansi selalu ada. Lahan kering juga ada. Lahan basah selalu terkait dengan pelayanan masyarakat menyangkut uang dan proyek, bea dan cukai, imigrasi, menyangkut perjanjian, hukum, perijinan, pajak, menyangkut jasa dan keamanan. Bila perlu membayar mahal asal masuk dalam lahan basah.

Seandainya jaman akan berputar oleh pejabat Negara baru. Pejabat masa depan tidak perlu kaya, hidup secukupnya saja karena kesejahteraannya disediakan Negara karena pengabdiannya demi Negara dan rakyat. Hadiah sebagai pejabat hanyalah kemuliaan, turun temurun akan dihormati oleh keturunannya dan diakui sebagai pemimpin Negara yang baik dan bersih. Terdokumentasi sebagai pahlawan-pahlawan murni, bukan pahlawan-pahlawanan. Bila ingin jadi kaya tidak perlu menjadi pejabat, dikejar-kejar KPK, jadilah pengusaha berbagai jenis produk komoditi atau jasa di tingkat nasional atau internasional.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: