Posted by: todung | 25 August 2008

SEANDAINYA SAYA JADI PRESIDEN RI (AYAT 7)

Ayat 7.

GUBERNUR, BUPATI DAN WALIKOTA MAGANG DI LUAR NEGERI

Saya suruh Gubernur, Bupati, Walikota bersimulasi memerintah 1 ā€“2 hari dari kota di luar negeri, magang dan mempraktekkan apa yang baik dan cocok langsung dikendalikan dari luar negeri secara role playing di daerah yang dipimpin.

Para Gubernur, Bupati atau Walikota mengusahakan kerja sama dengan sister city sehingga merasa percaya diri membangun daerahnya. Selain itu kerjasama bilateral selalu dibangun, dengan kerjasama itu bisa terjadi saling tukar informasi pembangunan dalam berbagai bidang antara negara satu dengan yang lain, dan kemungkinan terjalinnya negosiasi dalam hal investasi. Sudah tentu keterpaduan hukum dan pemerintahan selalu menjadi perhatian ti tingkat nasional

Banyak kritikan atas pelaksanaan study banding yang dilakukan oleh pejabat pemerintah pusat dan daerah serta wakil rakyat di tingkat pusat dan daerah, bila digunakan untuk kesenangan pribadi atau bersama keluarganya. Meniru, merupakan proses pendidikan yang paling tua seusia manusia beradab, yang juga disebut sebagai magang (apprenticeship), dimana si pemagang beroleh keterampilan yang sama mutunya atau lebih dari si permagang. Keahlian pemahat patung di Bali secara turun temurun kepada anak cucu dan buyut karena proses magang langsung di sekitar kehidupannya.

Ada Gubernur, Bupati, Walikota yang kualifaid namun tidak tahu harus memulai kemampuannya dari mana. Jalan aspal di Singapur warnanya sama sepanjang jalur, tidak seperti di Indonesia, asal-asalan? Tidak ada genangan air di atas aspal dan di dalam got, tidak seperti di Indonesia tidak ada kaitan antara pembangunan jalan dan got? Tidak ada jentik nyamuk di dalam got dalam kompleks hunian, tidak seperti di Indonesia tidak ada sanksi bila demam berdarah nyamuk dengue bila terbukti dimulai dari got atau pekarangan rumahnya?

Pasar rakyat di kota Makati di Filipina selalu bersih dan tidak bau walau pun ada pasar ikan laut, pasar aneka daging dan sampahnya, tidak seperti di Indonesia terkesan jorok, bau dan sembarangan buang air ikan dan sampah? Kasino bisa berjalan di Kuala Lumpur yang penduduknya beragama, tidak seperti di Indonesia langsung mendapat protes?

Berobat di Rumah Sakit Penang Malaysia langsung sembuh, tidak seperti di rumah sakit di Indonesia tiap malam pasien berobat harus ganti resep dokter dan selalu lebih lama dirawat inap? Sepertinya terkait bisnis. Tidak ada biaya pendidikan di Jerman, tidak seperti di Indonesia semakin disebut bebas uang sekolah, semakin banyak tuntutan biaya? Hutan terpelihara di negara-negara Eropah, tidak seperti di Indonesia hutan ditebang gundul?

Air laut lebih tinggi dari di Amsterdam Belanda tidak bermasalah, tidak seperti di Indonesia bila air pasang atau air kiriman datang dari gunung maka kota mengalami banjir dan meluap? Hampir semua rumah menggunakan teknologi tepat guna dan produktif di Taiwan, Hongkong dan Cina, tidak seperti di Indonesia mainan anak harus beli dari took, gengsi bikin sendiri? Teknologi mekanik pertanian di Amerika Serikat berhasil, tidak seperti di Indonesia tradisional saja?

Pabrik otomotif sukses di Jepang dan Korea Selatan, tidak seperti di Indonesia cukup menetapkan diri sebagai assembler dan pemakai? Peternakan sapi di Australia berhasil, tidak seperti di Indonesia begitu tradisional? Transportasi bis kota di Brazil tertata, tidak seperti di kota-kota Indonesia macet terus? Pariwisata di Pattaya Bangkok demikian menarik, tidak seperti di Indonesia monoton, tidak aman, tidak kontinu? Banyak lagi yang perlu dipelajari dengan proses magang di luar negeri bahkan di dalam negeri.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: