Posted by: todung | 25 August 2008

SEANDAINYA SAYA JADI PRESIDEN RI (AYAT 13)

TINGKATKAN PATRIOTISME MASYARAKAT

Rasa patriotisme rakyat, wakil rakyat dan pejabat saya tingkatkan untuk pembelaan negara, polisi, angkatan darat, laut dan udara, pegawai negeri sipil dan buruh dikembangkan secara manusiawi dan bermartabat, karena mereka juga menjadi ukuran taraf kehidupan rakyat umum; patriotisme tidak hanya sebatas demo emosional yang selesai tanpa tindak lanjut, tidak hanya dibutuhkan apabila saat negara lain sudah mengutik-utik pulau-pulau kecil di perbatasan dan milik serta harga diri bangsa lalu selesai tanpa tindak lanjut;

Segala aspek dalam patriotisme, naluri keindonesiaan, digali dan dikembangkan. Termasuk jiwa dan semangat kebangsaan, jiwa dan semangat nasionalisme jangan kendur, jangan mengalami erosi, jangan kehilangan kedaulatan nasional. Rasa memiliki negara dan bangsa, rasa berpartisipasi dan rasa bertanggung jawab ditanamkan sejak dini bagi seluruh rakyat.

Kebesaran suatu bangsa terletak pada rasa patriotisme yang tinggi yang dimiliki oleh seluruh komponen bangsa. Semua ditingkatkan untuk pembelaan Negara. Patriotisme tidak hanya sebatas demo emosional yang selesai tanpa tindak lanjut. Patriotisme tidak hanya dibutuhkan apabila saat negara lain sudah mengutik-utik pulau-pulau kecil di perbatasan, milik serta harga diri bangsa, lalu selesai tanpa tindak lanjut. Patriotisme merupakan tingkat emosi seseorang atau kelompok terhadap negara yang merupakan miliknya sendiri. yang juga dapat ditanamkan kepada generasi yang lebih muda, sehingga negaranya dan berbagai aspek di dalamnya akan selalu dalam kebanggannya walau dalam keadaan terpuruk sekali pun. Right or wrong is my country.

Bertanya kepada pendidik di negara ini: mengapa anak-anak SMP dan SMA tidak bisa menyebutkan isi Pancasila dan Isi Sumpah Pemuda dengan luar kepala dibandingkan anak TK pada tahun 80-an? Sampai kapan pelajaran sejarah dituntaskan, apakah mereka lewat 3 tahun di SMP dan sederajat atau lewat 3 tahun di SMA dan sederajat tanpa pelajaran sejarah yang benar? Mereka lulus dan masuk di perguruan tinggi atau bekerja tanpa pengetahuan sejarah?

Penetapan jurusan di tingkat SMA sederajat juga perlu dipertanyakan yaitu tentang jurusan Sastra termasuk Budaya. Jurusan ini dianggap orang dan diciptakan oleh sistem persekolahan sebagai jurusan paling rendah derajatnya. Pada hal jiwa patriotisme berbangsa dan bernegara lebih banyak dikuasai oleh mereka yang berjiwa satra dan budaya. Banyak petinggi negara, teknokrat dan bangsawan justru berasal atau memiliki budaya dan jiwa sastra sekaligus memiliki jiwa patriotisme besar.

Mengapa tidak ada lagi penataran nasional semacam P4 bagi pegawai negeri, pemuda, wakil golongan dan lembaga-lembaga tentang Pancasila? Lembaga apa yang digunakan dewasa ini untuk meningkatkan Patriotisme? Untuk itu, bukan hanya P4, pendidikan patriotisme nasional atau apa pun namanya bahkan wajib militer perlu dihidupkan dan diterapkan.

Globalisasi membuat hambar patriotisme rakyat, bahkan cenderung menciptakan penjajahan baru. Indonesia harus lebih berhati-hati dalam rangka AFTA dan Globalisasi perdagangan bebas karena sudah pasti produk yang lebih baik akan selalu unggul laku di pasar global. Pertanyaannya ialah apabila sudah tidak ada batas negara, apakah hasil keuntungan perdagangan global juga dibagi kepada semua negara anggotanya? Ini bahkan suatu persaingan yang sangat hebat, yang kaya akan menjadi tambah kaya dan negara miskin akan menjadi semakin miskin. Bila demikian harus ada standar yang ditetapkan oleh wakil rakyat untuk ikut dalam globalisasi perdagangan bebas. Kurangnya rasa patrriotisme memakmurkan korupsi, kejahatan egoisme, semua yang ada disini ada untukku. Jahat memang orang-orang yang tidak memiliki patriotisme.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: