Posted by: todung | 25 August 2008

SEANDAINYA SAYA JADI PRESIDEN RI (AYAT 15)

LESTARIKAN BUDAYA INDONESIA DAN BUDAYA DAERAH

Budaya asli Indonesia yang terdiri dari nilai kristal, baik yang tergabung secara nasional maupun merupakan nilai yang terkristal secara parsial dari daerah harus digali dan dilestarikan sehingga negara dapat berjalan dengan karakteristik yang kokoh karena kekuatan bangsa juga terletak pada budayanya dan adatnya ;

Negara tidak akan pernah kehilangan budaya, budaya tercaplok atau punah,, walaupun negara sedang membangun dan beradaptasi dengan budaya luar dan modernisasi serta globalisasi. Budaya luar dan global mungkin merajai komunitas tertentu, misalnya rock’n roll atau you can see bagi pemuda pada jamannya namun tidak akan menghilangkan keunikan budaya asli Indonesia. Budaya gamelan atau kebaya yang berwibawa dan bermartabat. Semua harus diberi hak paten di tingkat internasional. Kain Batik adalah asli Indonesia mengapa hak petennya ada di negara lain?

Kehati-hatian terhadap fenomena anti Adat dan Budaya perlu disiagakan. Pemusnahan adat dan budaya karena agama-agama baru yang datang dari luar dan dibawa oleh ahli-ahli siarnya yang menganggap bahwa adat dan budaya yang ada merupakan jamahan kekuatan-kekuatan roh yang masih tersisa dari pekerjaan roh nenek moyang, sifatnya mejik, gaib dan bertentangan dengan ajaran agama.

Negara terbangun bersama dengan adat dan budayanya yang sudah mengkristal dari sejak jaman dahulu kala. adat berkembang dan akan berkembang lagi dengan berbasis pada adat dan budaya serta dasar negara yang ada yang juga hadirnya berbasis pada kristalisasi adat dan budaya itu sendiri. Adat dan budaya berbeda dari daerah ke daerah. Bukti-bukti naskah-naskah kuno tersebar dalam museum yang diperoleh karena kebaikan hati para pemiliknya, sebagian tercuri atau terjual atau tersimpan dengan baik olej pencinta benda-benda purbakala. Di museum negeri Belanda, Jerman dan inggeris juga Malaysia terdapat naskah kuno Indonesia yang demikian aman disimpan. Perburuan naskah-naskah kuno menandakan manfaat dan korelasinya terhadap kelestarian dan pengembangan negara dan bangsa.

Adat dan Budaya Jepang yang dilestarikan sebanding dengan kemajuan negaranya. Jepang di jaman moderen membawa negara itu tetap kokoh dan utuh hingga akhir jaman. Berbeda dengan negara-negara yang tidak memiliki budaya akan rusak dimakan oleh modernisasi itu sendiri. Lebih kuat lagi budaya Cina atau Tionghwa dimana kehidupan manusianya adalah budayanya selalu terbawa kemana saja dan pada silsilah keberapa pun, termasuk bahasa, adapt dan budayanya, pola bisnis tidak dibatasi waktu dan tempat termasuk negara, membuat mereka dan budayanya pada saatnya bisa menjadi warga dunia yang dominan di semua negara mengalahkan warga asli. Hal ini akan terbukti terutama bila perdagangan global sudah diberlakukan. Demikian tingginya budaya mempengaruhi kehidupan bangsa dan negara.

Hak paten produk adat dan budaya, perlu dibuatkan untuk diakui baik secara nasional mau pun internasional. Kemiripan produk budaya bangsa dengan produk negara lain memerlukan hak paten. Naskah kuno, barang budaya kuno dan aset-aset kuno lainnya mestinya ditempatkan di museum resmi atau dikembalikan ke tempat semula. Arca-arca kuno dan benda bersejarah lainnya yang tersimpan sebagai milik pribadi atau milik negara, dikembalikan kepada Indonesia.

Data benda-benda kuno mestinya selalu akurat setiap saat ada pada pusat permuseuman nasional dan lebih detil pada permuseuman daerah agar tidak mudah berpindah tanganDemikian juga keasliannya bisa terdeteksi bila terjadi perubahan akibat penggantian dengan barang-barang tiruan seperti terjadi pada museum-musum besar di luar negeri.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: