Posted by: todung | 25 August 2008

SEANDAINYA SAYA JADI PRESIDEN RI (AYAT 16)

PELIHARA HUBUNGAN

LUAR NEGERI DAN LEMBAGA INTERNASIONAL

Yang penting bagi saya ialah tidak ada negara dan lembaga Internasional yang ingin melecehkan negara ini baik melalui rekayasa politik, ekonomi, media informasi, agama, demokrasi, hukum dan HAM dan lain-lain; Sebagai sesama negara merdeka, anggota PBB serta negara dunia saling menjalin hubungan diplomatik, dan setiap departemen terakses dalam bidangnya;

Politik luar negeri dikembangkan dan negara ini tidak menjadi negara tertutup, terkucil, terlecehkan untuk itu pula badan intelijen harus memiliki nyali untuk mengantisipasi segala hal. Semua negara di dunia menghargai Indonesia sebagai negara berdaulat, dan sebaliknya sehingga tercapai perdamaian dunia yang abadi. Duta besar atau Konsul Jenderal Indonesia di negara lain wakil pemerintah dan rakyat Indonesia tertinggi yang berwibawa di negara itu.

Betapa mulianya Indonesia di mata dunia. Mewujudkan perdamaian dunia merupakan kalimat yang paling indah secara internasional yang termaktub dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Kalimat ini didukung oleh Politik Bebas dan Aktif Indonesia yang diciptakan oleh Mohammad Hatta dan hingga sekarang tetap dipakai oleh negara sehingga tidak memihak kepada blok mana pun di dunia. Bebas, berarti tidak terlibat pada aliansi militer atau pakta pertahanan kekuatan luar. Aktif, berarti tidak passif, tidak netral dalam permasalahan internasional menentang segala bentuk penjajahan. Kabinet Sukiman menjadikan Indonesia memihak pada Amerika Serikat, Presiden Soekarno mencetuskan gagasan Poros Jakarta-Phnom Pen-Hanoi-Pyongyang-Peking memihak blok komunis, anti Politik Bebas Aktif , akhirnya menjatuhkan kedua tokoh itu.

Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955 sebagai cikal bakal Gerakan Non Blok (GNB) menghasilkan Dasasila Bandung yang antara lain menegaskan penolakan terhadap penjajahan dan menolak intervensi luar terhadap masalah dalam negeri masing-masing, menghimbau agar dunia menghindarkan konflik serta mewujudkan prinsip hidup berdampingan (peaceful coexistence) secara damai. Indonesia diperhitungkan secara internasional memimpin negara-negara anggota GNB mempertahankan Dasasila Bandung hingga sekarang dan seterusnya. Terbentuknya ASEAN (Association of South East Asian Nations) mengikat anggotanya untuk tidak terikat dalam perjanjian dengan kekuatan luar. Atas desakan Indonesia maka Dekrarasi ASEAN menyatakan: pangkalan militer asing di kawasan ini bersifat sementara dan tidak ditujukan terhadap negara anggota. Indonesia mendukung ZOPFAN (Zone of Peace, Freedom and Neutrality) di Asia Tenggara.

Keterlibatan Indonesia dalam APEC (Asia Pacifict Economic Cooperation) yang sangat memungkinkan Indonesia selalu dalam dikte negara-negara kaya dalam mengelola produksi alamnya. Hubungan luar negeri bisa terancam apabila kemudian ternyata negara miskin semakin tidak berdaya dalam menghadapi negara kaya dengan berbagai dalih-dalih yang memberatkan. Hubungan luar negeri juga ditentukan oleh bantuan-bantuan lembaga keuangan internasional seperti IMF, ADB, IGGI, CGI. Departemen luar negeri selalu leading dalam hal keterpaduan program Indonesia terkait dengan bantuan-bantuan luar negeri.

Diplomasi anti Undang Undang No 37 tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri, seolah ada kebebasan berhubungan dengan luar negeri menciptakan kota kembar (sister city), melakukan perjanjian investasi, tanpa mengabaikan koordinasi. Diplomasi menindaklanjuti kebijakan internasional yang telah disepakati untuk ditindaklanjuti, Departemen Luar negeri koordinator dalam berhubungan dengan negara-negara di dunia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: