Posted by: todung | 25 August 2008

SEANDAINYA SAYA JADI PRESIDEN RI (AYAT 8)

Ayat 8:

KEMBANGKAN WILAYAH PROVINSI, KABUPATEN,

KOTA, KECAMATAN,

KELURAHAN DAN DESA

Saya pertahankan dan kembangkan wilayah Propinsi, Kabupaten, Kota, Kecamatan, Kelurahan dan Desa bukan untuk kepentingan golongan atau suku atau ras atau kepentingan lainnya tetapi untuk kepentingan rakyat, negara dan bangsa.

Pelaksanaan Otonomi Daerah tidak terkesan bahwa kewenangan yang ada menciptakan arogansi putra daerah, menghilangkan persatuan dan kesatuan serta memisahkan provinsi dengan provinsi lainnya juga dengan pemerintah pusat. Putra daerah harus boleh memimpin dan menjadi pejabat di daerah provinsi lain dan di pemerintah pusat. Jika dibolehkan menjadi pejabat di daerah lain, mengapa harus memaksakan hanya putra daerah yang boleh menjabat di daerahnya?

Lebih baik memanfaatkan tenaga ahli, tenaga terampil dan tenaga profesional dari seluruh Indonesia termasuk putra daerah dari pada mengutamakan mutlak putra daerah yang tidak memiliki keahlian. Khusus mengenai arogansi putra daerah perlu dikaji ulang, apakah dalam pasal-pasal ketentuannya disebut bahwa yang menjadi pegawai dan pejabat di suatu daerah haruslah putra daerah? Itu suatu kerugian besar.

Kondisi sebelum berlakunya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 yang kemudian diganti dengan Undang-Undang Nonor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang mengatur asas otonomi daerah harus dipertahankan dimana putra daerah boleh menjadi pegawai dan menjadi pejabat di daerah lain. Pengusaha di suatu daerah boleh berusaha sesuai dengan kapasitas dan keahlian yang dibutuhkan di daerah lain. Putra daerah boleh menjadi pegawai atau pengusaha di daerah lain sehingga putra daerah lain juga boleh menjadi pegawai dan berusaha di daerah sini. Ada keadilan. Wilayah Indonesia milik kita bersama. Bagaimana menetapkan putra daerah lain (Misal: Andi dari Makassar) yang lahir di DKI Jakarta yang orang tuanya sudah lama menjadi penduduk DKI Jakarta. Putra daerah manakah Andi? Putra daerah Makassar atau Jakarta (Betawi)?

Gubernur, walau pun sebagai aparat Pusat harus juga menjadi aparat daerah (Kepala Daerah), eselonnya lebih tinggi dari Bupati dan Walikota. Gubernur harus dihormati oleh Bupati dan Walikota. Demikian selanjutnya antar Bupati, Walikota dan Kepala Kecamatan, Camat dan Lurah/Kepala Desa.

Mengembangkan Provinsi, Kabupaten dan Kota juga dengan menggandeng kemitraan wilayah dengan kota di luar negeri (sister city) Upaya ini pun sangat baik untuk diefektifkan dan diberdayakan dengan menetapkan prioritas pengembangan kerjasama yang relevan. Misalnya, Denpasar Bali menjadi sister city dengan Kohln Jerman utamanya di bidang kebudayaan, Kota Medan Sumatera Utara sister city dengan New York Amerika Serikat terutama di bidang Sains, dan lain-lain

Mengembangkan Provinsi, Kabupaten dan Kota dengan mengembangkan kawasan produk, misalnya provinsi menangani kawasan industri hilir seperti produk kendaraan, assembling, elektronik, Kabupaten dan Kota menangani kawasan industri hulu seperti produk spare parts sedang misalnya vlag, karoseri, lampu, kaca mobil, motor dan sepeda, sedangkan Kecamatan dan kelurahan menangani kawasan industri hulu dasar seperti kerangka spion, kerangka mebeler yang lebih mudah dan kecil.

Pembangunan sarana dan prasarana kota, perkantoran dan pelayanan masyarakat misalnya berupa jalam provinsi, gedung bertingkat sudah terpusat di kota Kabupaten dan Kota. Provinsi menjadi pusat administrasi sedang Kabupaten dan Kota menjadi pusat pengembangan produksi rakyat agar semua dekat, terutama mendekatkan rakyat. Selama ini pembangunan terpusat di Ibukota Jakarta, kemudian di Ibukota Provinsi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: