Posted by: todung | 26 August 2008

SEANDAINYA SAYA JADI PRESIDEN (AYAT 55)

TINGKATKAN USIA PENSIUN PEGAWAI NEGERI SIPIL

MENJADI 60 TAHUN

Usia efektif Pegawai Negeri Sipil saya tingkatkan menjadi rata-rata 60 tahun dengan perimbangan penerimaan pegawai negeri sipil yang baru, sehingga dana pensiun nasional tidak cepat membengkak.

Seleksi rekrut calon Pegawai Negeri tidak lagi berbasis pada padat karya namun lebih pada keahlian dan keterampilan. Untuk itu tenaga kerja usia muda akan lebih banyak berorientasi swasta dan menciptakan pekerjaan sendiri ketimbang berlomba menjadi PNS; Gaji PNS dan upah buruh serta income per kapita masyarakat harus ditingkatkan sejajar dengan pendapatan kelompok yang sama di seluruh dunia, bahkan di negara besar.

Pegawai negeri tidak perlu sebanyak seperti sekarang. Lebih baik mereka diarahkan kelapangan pekerjaan yang lain yang produktif utamanya ke pada pekerjaan di laut yang luas. dari pada berlomba-lomba menjadi pegawai negeri sebagai kerani dengan gaji kecil. Bila perlu pegawai negeri, pegawai kantor swasta, dan tenaga kerja lainnya yang sudah bekerja namun belum mantap lebih baik beralih pekerjaan. Pegawai yang akan beralih kerja diberi peluang pensiun muda bahkan sebelumnya diberi pelatihan keterampilan yang benar-benar relevan dengan usaha berbasis pada bakat dan minatnya.

Usia 56 tahun untuk ukuran Indonesia masih terlalu muda untuk pensiun, merupakan usia produktif kedua apabila diteruskan secara selektif hingga 60 tahun. Dengan contoh di atas maka pegawai negeri sipil sebaiknya dibolehkan beralih kerja dengan keringanan dan peluang yang diperlukan untuk pensiun muda. Sehingga usia pensiun pegawai negeri sipil dapat ditingkatkan hingga 60 tahun hanya bagi mereka yang terseleksi secara otomatis dan alami dalam perjalanan hidup, pengalaman, bakat dan minat mampu melanjutkannya dengan baik.

Gaji PNS harus disamakan dengan gaji pegawai Departemen Keuangan, sama dengan gaji pegawai PT Pertamina, harus sama dengan honor seorang technical assistant dari luar negeri yang bekerja di Indonesia. Jangan ada perbedaan kecuali oleh karena pangkat dan golongan. Jangan ada pengkelasan manusia kelas satu dan kelas dua di negeri ini, we are the same. Negara ini memang hanya untuk rakyat. Gaji pegawai Departemen Keuangan, gaji karyawan PT Pertamina dan honor seorang Technical Asisten sebesar 10 kali gaji pegawai negeri.

Dengan gaji pegawai yang diperhitungkan sesuai dengan produk yang dihasilkan termasuk upah minimum regional (UMR) yang disesuaikan, maka daya beli masyarakat akan tersesuaikan. Jaman sekarang kualitas pegawai negeri sangat didambakan dan menjadi keharusan. Bagi pegawai yang tidak sanggup sesuai dengan standar pada bidangnya, lebih baik diarahkan kepada pekerjaan lain sesuai dengan bakat dan minatnya, bila perlu dipensiunkan muda setelah mendapat pelatihan, sedang yang berkualitas dipertahankan hingga berusia 60 tahun sepanjang memenuhi syarat yang digariskan.

Saat ini terlalu banyak pegawai yang hanya duduk-duduk di kantor, yang sekaligus menjadi supir taksi, wanita pada jam kerja ke pasar atau ke mall. Di kota kecil juga demikian, mereka bertani, berkebun atau berburu pada saat jam kerja, di kota di tempat seminar baik selaku pembicara atau sebagai peserta. Atau menjadi dosen mengajar di perguruan tinggi negeri dan atau swasta, atau di tempat kursus pendidikan luar sekolah. Ada juga yang berolah raga main golf dan main tennis. Bahkan sudah hampir menjadi syarat tak tertulis bahwa untuk mengangkat seseorang menjadi pejabat harus yang tahu bermain golf atau paling tidak tennis, tahu bernyanyi lagu pop dan dangdut dan poco-poco diiringi keyboard organ tunggal.

Seandainya Saya Jadi Presiden


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: