Posted by: todung | 26 August 2008

SEANDAINYA SAYA JADI PRESIDEN RI (AYAT 32)

KEMBANGKAN

RISET DAN TEKNOLOGI

NASIONAL DAN INTERNASIONAL

Riset dan teknologi saya kembangkan bekerja sama dengan riset dan teknologi internasional terkait dengan riset potensi Indonesia yang sudah dimiliki oleh negara lain baik secara global maupun yang dimiliki khusus dari sumber di Indonesia, dan program percepatan pengembangannya mengejar ketertinggalan Indonesia;

Potensi Indonesia di segala bidang dimiliki sepenuhnya oleh bangsa dan negara Indonesia; koordinasi yang baik dengan litbang masing-masing Departemen juga dengan Badan Intelijen akan sangat memperkaya Riset nasional.

Tugas dan fungsi Kementerian Riset dan Teknologi sebenarnya ialah mengetahui, merekam, menyimpan dan mendisplay data seluruh kekayaan yang terdapat di bumi Indonesia baik yang sudah mau pun yang belum dieksploitasi sekaligus menunjukkan data kuantitas dan kualitas masing-masing jenis dan juga mengetahui manfaat dan daya tahan serta teknologi yang harus digunakan menggali lebih banyak demi kemaslahatan rakyat bangsa.

Di banyak wilayah kabupaten terdapat sumber daya alam misalnya emas namun masih dalam kondisi emas muda, minyak dan gas bumi, bila dieksploitasi dengan teknologi moderen maka biaya penelitian dan overhead cost tidak sebanding dengan hasil produksi karena persediaan dalam perut bumi hanya terbatas. Setiap tugas kegiatan yang ditemukan dan sudah merupakan kebijakan negara maka harus diserahkan kepada departemen teknis. Berarti tugas dan fungsi kementerian ini juga menawarkan kepada departemen teknis atau mempersiapkan sendiri sedini mungkin kebutuhan tenaga ahli dan kebutuhan teknologi yang diperlukan dalam setiap periode waktu tertentu. Dengan demikian tidak selamanya menggunakan ahli dan dari luar negeri sebagai technical assistant. Kenyataannya sekarang, bahwa banyak ahli dan professional di negara ini yang memiliki keahlian dan professionalitasnya bukan karena kebutuhan yang relevan sesuai dengan sumber daya alam yang akan dikelola di bumi Indonesia.

Bila PT Freeport di Papua sudah akan mengakhiri eksploitasi mereka pada tahun 2010 misalnya, maka sudah waktunya kepengolahan selanjutnya dipegang oleh ahli-ahli sejenis dari tenaga kerja Indonesia khususnya dari rakyat Papua, dan tenaga ahli dan teknologinya sudah juga tersedia. Kapan pengolahan minyak atau tambang emas dan tambang lainnya dikelola langsung oleh tenaga kerja Indonesia khususnya ahli dan professi yang dipersiapkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi dan Departemen Tenaga Kerja sebagai departemen teknis? Kapan Indonesia dengan tenaga dan teknologi sendiri mampu menciptakan kendaraan mesin-mesin kendaraan bermotor atau produk elektrik dan lain produk lainnya masing-masing dengan label merk berwibawa: Buatan Indonesia, made in Indonesia?

Apakah tugas dan fungsi kementerian itu hanya riset dan teknologi telah memikirkan tentang teknologi politik, teknologi ekonomi, teknologi sosial, teknologi budaya, teknologi pertahanan negara, teknologi keamanan bangsa, dan teknologi lain, termasuk ketenagaan teknis yang harus dipersiapkan?

Bangsa Indonesia harus memulai berteknologi sedini mungkin. Mengembangkan kreativitas otak anak sejak kecil, tidak bangga bila orang tua mampu membeli boneka dan mainan yang diproduksi massal karena mematikan kreativitas, mulailah dengan teknologi sederhana, dan hingga besar, dewasa, manusia Indonesia akan terbiasa menanggulangi kehidupannya dengan teknologi tepat guna.

Seandainya Saya Jadi Presiden


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: