Posted by: todung | 26 August 2008

SEANDAINYA SAYA JADI PRESIDEN RI (AYAT 39)

PRIORITASKAN DAN PERCEPAT PEMBANGUNAN KAWASAN INDONESIA BAGIAN TIMUR (IBT)

Pada tahun kedua pemerintahan saya mengarahkan pembangunan di kawasan wilayah Indonesia Bagian Timur secara total, sekali lagi “total” setelah saya persiapkan matang pada tahun pertama;

Pemusatan pembangunan di Indonesia bagian barat dan tengah tetap dikembangkan dan pada saatnya secara cepat harus memiliki kemajuan pembangunan yang setara secara merata di seluruh Indonesia. Tahun kedua hingga tahun ketiga saya lebih banyak berada di istana pada pusat pemerintahan di Makassar dan Papua.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pembangunan Indonesia setelah 63 tahun merdeka terfokus pada Indonesia Bagian Barat khususnya Pulau Jawa dan Sumatera. Orientasi pembangunan kedua pada Indonesia Bagaian Tengah. Yang terakhir yaitu Indonesia Bagian Timur.

Kekayaan laut di Indonesia Bagian Timur dan Tengah bahkan di seluruh kepulauan nusantara belum terbangun secara maksimal. Pada sektor perikanan laut, ternyata nelayan Taiwan, Filipina dan China masih lebih banyak memanfaatkannya dengan mencuri ikan dari lautan Indonesia Tengah dan Timur. Itu terjadi karena kita tidak membangun kawasan perikanan laut di atas laut produktif itu. Indonesia harus membangun segera kawasan perikanan laut di sana dengan segala fasilitasnya termasuk penangkapan, pengumpulan, pengolahan dan pengawetannya ditempatkan di daerah strategis. Tidak hanya di utara laut Indonesia tetapi juga di lokasi-lokasi yang produktif di tengah lautan Indonesia bagian Timur. Fasilitas dimaksud juga termasuk keamanan, transportasi dan penempatan tenaga kerja daratan menjadi tenaga kerja bahari. Indonesia adalah negara bahari.

Banyak kemajuan ekonomi terjadi di Indonesia bagian Timur apabila kelautan menjadi program utama. Bahkan melalui percepatan pembangunan yang terencana maka Indonesia Bagian Timur boleh akan lebih maju atau minimal sama dengan pulau lain di Indonesia Bagian Barat dan Tengah.

Pembangunan jalan di kawasan ini perlu untuk mengetahui potensi produk yang ada sekarang dan yang mungkin dikembangkan dari berbagai jenis seperti produk pertanian, perkebunan, pertambangan dan lain-lain, selain sebagai jalan pembuka isolasi ketertutupan. Selain jalan darat juga diperhatikan jalan laut dan udara yang menjadi transportasi alternatif bagi wilayah yang sangat sulit dilalui dengan jalan darat. Kota-kota baru pun akan secara otomatis terbangun pada konsentrasi produk yang laku terjual.

Wilayah IBT khususnya Papua sangat banyak menyimpan potensi daerah yang harus dikembangkan misalnya, pariwisata baik wisata anggrek, wisata alam, wisata budaya, dan semuanya harus dikembalikan kepada rakyatnya. Potensi adat yang sangat kuat yang masing-masing dipimpin oleh seorang Raja atau Tetua Panutan harus didukung dan tetap dilestarikan sebagai kelompok masyarakat yang utuh dan terhormat sama seperti kesultanan di Jawa dan di Sumatera. Biasanya Raja atau Tetua ini sangat berwibawa, jujur, soleh dan selalu mencari yang terbaik bagi sesuku dan seadatnya yang dalam kekuasaan dan kepemimpinannya, karena sifat itu dia diangkat sebagai tetua raja. Hal ini perlu diketahui sehingga semua yang dibangun di IBT khususnya Papua harus dipersembahkan untuk kesejahteraan Raja dan Tetua suku dan seluruh rakyat Papua.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu membangun IBT tidak boleh terfokus hanya pada pembangunan ekonomi, harus bersamaan dengan pembangunan manusianya, suatu hal yang dilupakan selama ini dalam membangun kawasan ini. Untuk itu fasilitas pendidikan yang relevan dibanghun tidak asal-asalan berdiri, termasuk membangun fasilitas pendidikan keterampilan dan kejuruan yang mendukung pengolahan produk serta pengembangan bakat dan minat masyarakat.

Fasilitas kesehatan dan kesehatan lingkungan yang cukup dominan harus dibangun mengingat banyaknya penyakit terutama karena kebiasaan masyarakat setempat baik di pedesaan bahkan perilaku orang terdidik dan pejabat sekali pun, sebagai contoh bahwa pengidap virus HIV/Aids terbesar di Indonesia ada di Papua; Membangun fasilitas olah raga terutama dalam rangka menggali bakat olahragawan yang sangat terprediksi akan mewarnai keolahragaan nasional seperti ditunjukkan oleh para pahlawan-pahlawan olah raga sebelumnya mengingat struktur tubuh yang baik sebagai olahragawan berbagai jenis;

Papua yang kaya akan tambangnya harus dapat membiayai sendiri pembangunan darat dan lautan luasnya dan sekitarnya. Ambon yang kaya dengan produksi minyaknya harus mampu membiayai sendiri pembangunan darat dan lautannya yang luas dan sekitarnya. Sudah tentu pembangunan Indonesia Bagian Timur akan berdampak pada pengembangan Indonesia Bagian Tengah dan Barat baik melalui pelabuhan darat mau pun pelabuhan udara. Pengembangan kelautan di IBT harus bersamaan dengan pengamanan kelautan sekaligus sebagai keamanan negara. Pengamanan laut IBT sangat ditentukan oleh kesibukan negara dalam mengelola kelautan.

Pembagian tugas yang benar antara angkatan laut, petugas pengamanan kelautan, petugas bea dan cukai, petugas keamanan perusahaan akan menjamin keamanan secara keseluruhan dalam pengelolaan kelautan khususnya. Tidak akan terjadi perebutan lahan basah dari masing-masing kekuatan kesatuan. Tidak ada lagi pencurian ikan Indonesia yang dilakukan negara lain di perairan laut Indonesia. Pembangunan di wilayah yang perlu digalakkan ialah penangkapan ikan laut, penyegaran dan pengolahan di tengah laut dan eksport ke pasar internasional. Pengerahan tenaga kerja kelautan dalam berbagai kategori dari karyawan hingga tingkat ahli dalam berbagai jenis sesuai dengan kebutuhannya akan menjadi perhatian awal. ….

Seandainya Saya Jadi Presiden


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: