Posted by: todung | 26 August 2008

SEANDAINYA SAYA JADI PRESIDEN RI (AYAT 44)

JADIKAN PERTAMBANGAN NASIONAL MENJADI SUMBER BESAR DANA NEGARA

Tambang emas, tembaga, timah, uranium, nikel, batubara, minyak, gas bumi dan lainnya saya kembalikan menjadi milik negara seutuhnya, kontrak yang ada saya tinjau kembali, akan dilanjutkan apabila orang Indonesia sendiri menjadi pimpinan atas perusahaan yang ada termasuk joint venture;

Tidak akan ada pipa produk tambang keluar tanpa meteran, tidak akan menulis label tembaga pada hal mencucurkan emas. Bila perlu saya korek kembali dengan verifikasi internasional berapa sebenarnya sejak awalnya volume dan kualifikasi hasil tambang dari masing-masing pusat produk yang sudah diterima oleh negara-negara penimbun dan pembeli, satu gunung atau lembah dari Indonesia berapa gunung dan lembah di sana?.

Rakyat Indonesia harus jadi pemimpin dan pekerja di negaranya sendiri.Tidak ada transaksi jual beli gelap hasil tambang dan hasil bumi Indonesia lainnya di tengah laut luas, semua harus transparan. Bila perlu negara-negara nakal tidak lagi dilalui atau menjadi konsumen bahan baku, setengah jadi atau produk akhir dari Indonesia, batalkan segala perjanjian yang mengikat dan merugikan bangsa dengan negara seperti itu, dengan segala resiko dan akibatnya.

Pengawasan produk pertambangan dan kinerja perusahaan pertambangan serta emiten pertambangan dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Kejujuran mencatat produk yang keluar dibutuhkan sehingga bila dipertanyakan kembali berapa sebenarnya produk tembaga, emas, nikel, ferronikel, uranium yang keluar dari pabrik tembaga di Jayapura dan sejak awal hingga sekarang, dapat diberi jawaban yang benar dan jujur.

Demikian halnya produk aneka tambang lainnya seperti batubara dari Umbilin, produk minyak dari Duri atau Cepu, produk gas dari Kalimantan dan Aceh, produk timah dan bauksit dari Bangka Belitung dan produk tambang lainnya dapat dipertanggungjawabkan sepanjang masa. Apakah joint venture, kontrak kerja, sistem bagi hasil atau bentuk kerja sama lainnya dengan perusahaan asing menutup kemungkinan pengawasan kita akan jenis, kuantitas dan kualitas produksi pertambangan?

UU no 1 tahun 1967 tentang penanaman modal asing, kemudian terbitnya UU No 11 tahun 1967 tentang pertambangan, saat yang sangat strategis bagi pengusaha luar untuk masuk ke Indonesia dalam memasukkan investasi asing termasuk di bidang pertambangan dan mineral. Pada kedua undang-undang ini juga dimulai sistem kontrak.

PT Freeport Indonesia mayoritas sahamnya dimiliki perusahaan Freeport – McMoRan Copper & Gold Inc, sebuah perusahaan pembayar pajak terbesar kepada anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) Indonesia, badan usaha inilah penghasil emas terbesar di dunia yang dieksploitasi melalui tambangnya di Indonesia yaitu di Gasberg, Papua, yang beroperasi sejak tahun 1967 melalui tambang besar di Ertsberg, Papua, dan dilanjutkan pada tahun 1988 di daerah operasi tambang di Tembaga Pura, Papua, hingga sekarang dengan penghasilan sebesar 2,3 milliar dollar setiap tahun.

Saham Freeport –McMoRan Cooper & Gold Inc (AS) sangat dominan sebesar 81,28 %, Pemerintah Indonesia 9,36 % dan PT Indocopper Investama 9,36 %. Berapa penghasilan yang diperoleh Indonesia sebagai pemilik gunung Gasberg dan gunung Ertsberg. Sejak tahun 1967, tidak ada pengkaderan atau perencanaan agar tenaga Indonesia atau perusahaan Indonesia sendiri melanjutkan eksploitasi lanjutan di Ertsberg.

Seandainya Saya Jadi Presiden


Responses

  1. Saya lihat di attachment komentarnya tidak kelihatan. Untuk jelasnya boleh dibaca ayat 1 sd 63 dalam buku saya “63 ayat Dasar Seandainya Saya Jadi Presiden), buku itu saya persembahkan dalam rangka HUTRI ke -63 dan sejak 18 Agustus sudah beredar di toko-toko buku seperti Gunung Agung dan Gramedia, harap disimak lebih dalam. TKasih, Love, Love n Love. (Todung LToruan)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: