Posted by: todung | 2 October 2008

SEANDAINYA SAYA JADI PRESIDEN RI (AYAT 62)

PEDOMANI

VISI DAN MISI NEGARA

Perencanaan pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintahan selama periode saya selalu komit dan terfokus pada visi dan misi negara, bukan dengan ideologi sesaat dan ideologi coba-coba;

Perencanaan dan pelaksanaan pemerintahan negara dan daerah tetap menggunakan visi dan misi nasional negara, yang didukung oleh visi dan misi daerah; program berkesinambungan jangka pendek, menengah dan jangka panjang harus diundangkan dan disosialisasikan sehingga menjadi program rakyat bersama.

Pada jaman orde lama pelaksanaan negara didasari juga oleh UUD 1945 dan Pancasila ditambah dengan pidato kenegaraan misalnya dengan menetapkan tema pidato presiden pada hari peringatan Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus dan hari besar serta peristiwa lainnya, misalnya sebagai Tahun Vivere verycoloso, Resopim, Tahun Kemenangan, Nawaksara, dan lain-lain.

Pelaksanaan negara menggunakan visi dan misi negara sangat baik dan jelas pada jaman orde baru. Misi era pembangunan berbagai aspek IPOLEKSOSBUD-HANKAMRATA disusun dalam rencana pembangunan jangka panjang selama 25 tahun diselenggarakan dalam setiap periode 5 tahun jabatan kepresidenan dengan menyebut sebagai Repelita (Rencana Pembangunan Lima Tahun) yang dilandasi dengan GBHN (Garis-garis Besar Haluan Negara) yang disusun oleh MPR. Mulai dari Repelita I sd VI (1969-1999) Melaksanakan masing-masing Repelita disusunlah Repeta (Rencana Pembangunan Tahunan) melalui RAPBN (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) dengan tetap menjadikan UUD 1945 terutama pembukaannya serta Pancasila sebagai landasan dan dasar.

Satu hal yang kemudian menjadi kebiasaan pemerintahan pada masing-masing periode yaitu untuk lebih memantapkan visi dan misi pelaksanaan pembangunan juga diberi warna pada penamaan kabinet dengan nama tertentu. Kabinet pada jaman orde baru disebut dengan Kabinet Pembangunan I sd VI, pada waktu Presiden BJ Habibie disebut dengan Kabinet Reformasi atau Kabinet Reformasi Pembangunan, pada waktu Presiden Gus Dur dengan Kabinet Persatuan Nasional, pada waktu Presiden Megawati Sukarnoputri kembali terdengar Kabinet Gotong Royong. Pada jaman Presiden Susilo Bambang Yudoyono disebut dengan Kabinet Indonesia Bersatu.

Tahun 2000 pemerintah mengeluarkan keputusan berupa Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2000 yang menguraikan rincian penyelenggaraan negara selama 5 tahun yang disebut dengan Propenas (Program Pembangunan Nasional) mirip dengan Repelita; dan seiring dengan itu Propeda (Program Pembangunan Daerah). Kemudian Kabinet Indonesia Bersatu visi negara dilengkapi dengan kalimat: terwujudnya masyarakat Indonesia yang tenteram dalam kondisi demokratis, aman, adil dan sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Misi: melaksanakan pembangunan, penegakan hukum, tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), memperbaiki sistem pendidikan nasional dan mewujudkan rekonsiliasi nasional.

Visi dan misi didukung oleh berbagai program kerja di bidang Ekonomi, Kesejahteraan Rakyat (Pendidikan, Pengurangan Pengangguran, Kesehatan, Perempuan, Generasi Muda dan Olah Raga, Seni dan Budaya), Keamanan Nasional, Politik dan Hukum, Pembangunan Daerah, Perwujudan Good Governance, Program jangka pendek dan Program 1 tahun.

Good Governance memiliki prinsip transparansi dan akuntabilitas sekaligus memiliki konsekuensi logis senantiasa harus berlanjut dengan pengawasan yang melekat dan komprehensif. Pengawasan berlangsung sejak awal pemanfaatan potensi kekuatan dan kesempatan masyarakat, pelaksanaan aturan perundang-undangan yang berlaku dan relevan. Pengawasan kedua pada proses pelaksanaannya dengan berbagai modul penerapan, penyertaan masyarakaat, serta kemitraan yang juga memiliki tata kelola yang efektif dan baik (good corporate governance), termasuk pengelolaan hukum yang obyektif serta pemberantasan korupsi yang ketat dan cepat.

Pengawasan ketiga pada hasil konkrit yang diperoleh dalam volume dan kualitas yang tepat serta pengawasan atas dampak manfaat untuk segala bidang dan lingkungan hidup dan dampak kelanjutan pengembangannya. Semuanya harus dapat dianalisis secara obyektif dan akademis serta kinerja yang dapat diukur. Good governance yang dicapai berulang-ulang dengan laporan yang kontinu mengakibatkan tercapainya sebuah pemerintahan yang bersih (Clean Government)

Semua visi dan misi harus mengacu pada visi dan misi negara. Bila masing-masing Lembaga dalam struktur pemerintahan negara dan Pemerintahan di daerah dengan segala lembaga di bawahnya menyusun visi dan misi lembaganya maka harus selalu mengacu pada visi dan misi lembaga yang lebih tinggi di atasnya. Perubahan Undang-Undang Dasar 1945 yang diamandemen tidak mengharuskan MPR untuk menetapkan garis-garis besar haluan negara (GBHN), MPR tidak lagi memilih dan menetapkan Presiden mandataris pelaksana negara, Presiden sudah dipilih langsung oleh rakyat dalam program Pilpres.

Sehingga agak berkurang pengawasan langsung oleh majelis tertinggi rakyat dalam MPR untuk mengawasi pelaksanaan Visi dan Misi Presiden dalam melaksanakan negara. Presiden memanfaatkan wadah pelaporan dengan hal-hal yang dibuat sendiri yang seolah-olah menjadi suatu kebutuhan masyarakat umum melalui media yang ada baik media cetak mau pun media elektronik. Heboh dengan evaluasi tidak formal 100 hari, 1 tahun, 2 tahun dan selanjutnya 3 tahun atau 1000 hari atau 4-5 tahun lengkap dengan hasil questionnaire dan hasil interview. Lagi-lagi, media sudah diperlakukan melebihi fungsi wakil rakyat di DPR dan MPR.

Seandainya Saya Jadi Presiden


Responses

  1. Many today fill their minds with scientific knowledge, and are familiar with facts about the world. If you ask, “What is the purpose of your studies?” the answer might be that it is not religion and ethics, but rather technical knowledge and higher degrees that will qualify us for desirable posts. The aim is profit and comfortable living.

    Others are busy with buying and selling. Expensive objects attract them. Women take up jobs to add to the family possessions, often neglecting their children. Men boast of the size of their cars and the prestige of their jobs with little time left over for the family.

    The present economic order encourages man’s greed and ambition to be rich, important and respected.

    Generally, however, many rich people are unhappy. They fear robbery; their minds are taken up with ways of investing their money to the greatest gain. They think materialistically, and harden their hearts. They ignore the poor and the underprivileged. The rich do not want to give of their money. This is balanced by the envy in the poor. They, too, want to be rich and turn to rebellion and wars. Philosophies are thought up to change the social order.

    People fail to see that desire for wealth is the same as fooling ones self. Knowledge and wealth do not make men better. Rich nations soon pass away. The generations that follow become lazy; riches open up opportunities for easy and corrupt living.

    Men by nature are fools. They labour, save great amounts of money, and want to be great and respected. Yet everything is temporary. At death man leaves everything behind, his honours and his bank account. Men should seek the Giver before seeking his gifts. Then they would be rich indeed. For to know Him means to enter everlasting life, and to have riches that endure forever. God is love. So if anyone wants to have treasure in heaven, he should comfort the poor, care for the refugees and be concerned with common people. All things will pass away except love, which is eternal.

    Arise, draw near to God. Then you will realise your sinfulness. All our works and aims are based on selfishness. We trust in our wealth and intelligence, rather than in the Lord. We damage ourselves and risk total loss:

    What shall it profit a man if he gains the whole world and loses his own soul? (Matthew 16:26).

    Neither your prayers, nor your fasting, almsgiving, pilgrimage nor outward confession can justify you. You have lost all by not coming to God. Your lies, corruption, impurity, unfaithfulness will witness against you. When you come to God, you will realise your misery, poverty and helplessness. You will be blessed if you come to know the Holy God and bow down before Him in reverence. Only then will you understand the grace of God and His love, poured into broken hearts.

    God, in His mercy, has sent His anointed One – Christ – into the world to show man the truth about God. He lived a life of poverty and humility. He was despised, though all power and truth belong to Him. He overcame all carnal pride and became a servant to all, despising all riches and honour.

    He was rich in God, and lived without sin. Christ overturned all social values. If you follow Him, then God’s Spirit will come into your life, and renew your hard heart. He will deliver you from a life of greed and jealousy. You will discover that God becomes your Father by forgiving you for Christ’s sake. All He has is yours. He loves you. You will love Him and thank Him and surrender your life to Him.

    His Spirit will free you from all selfish thoughts, and bring you into fellowship with God in love. You will lose the world to gain heaven. You will let go of the world and its falseness to enter eternal life.

    Then it will not matter to you whether you can obtain the earthly things others may have or not, because you have God for a Father. Fine clothes will not be the most important thing to you, because you are clothed with His righteousness. Pride will give place to humility. You will give priority to others. No longer will you seek earthly treasure, but you will be willing to sacrifice your time, energy and money to God and His needy ones. You will do it cheerfully, because God has saved you from material idols. You will regularly give to God for His service and glory.

    How wonderful is that service which is in fellowship with Christ, for he who denies himself gains God. God will satisfy him, and he will be contented, spending himself in the service of others. God becomes his true treasure and his eternal possession.

    Dear Mr Rico, I’m so happy for hosting my web, especially for your kindly opinion on my book “Seandainya Saya Jadi Presiden, ayat 62”, you make warning for people not to do corruption, that’s no value especially in front of The Lord Thy God, see you nextn GBU. Love, Love n Love (TodungLToruan)

  2. Sudah sering banget kejadian seseorang melakukan kejahatan kebanyakan pembunuhan karena berdasarkan sakit hati yang sangat mendalam sehingga menimbulkan kebencian dan kemarahan .

    Banyak orang yang tidak sadar telah melakukan sesuatu yang bikin sakit hati atau banyak orang yang tidak sadar telah disakiti.
    Makin banyak juga yang tidak sadar hal tersebut bisa berlansung sejak bayi/anak-anak bahkan banyak juga yang tidak sadar film kartun yang lucu merupakan salah satu pemicunya.

    Apa yang bisa bikin sakit hati ? bisa berupa komentar, ejekan, hinaan, iseng, karena tidak sengaja/terpaksa/ikut-ikutan sehingga memang niat jahat menyakiti baik secara mental, pikiran hingga fisik terhadap seseorang yang tidak disukainya.

    Berapa lama prosesnya ? bisa dalam jangka waktu pendek atau panjang

    Siapa pelakunya ? bisa keluarga, teman, pacar, tetangga, pimpinan, rekan kerja dan lainnya. Pelakunya bisa dilakukan satu orang atau sekelompok orang.

    Bagaimana efeknya terhadap pelaku dan korbannya ? efeknya akan beragam, bersikap masa bodoh, menyesal, rendah diri, kerap melakukan hal negative, menurunkannya ke anak, sifat berubah, hingga bunuh diri atau membunuh.

    contoh kasus sederhana:

    Sahabat karib saya kadang suka kesal karena “capek dechhhh” sejak bayi suka diledekin karena matanya belo. Walau bersikap masa bodoh tapi saya tahu kadang sahabat saya sedih atau sakit hati karenanya. Dulu sempat saya ikutan manggil dia “belo” bahkan ketika tahu dia hamil aku sempat komentar wach apa anakmu belo juga yach..sekarang saya jadi nyesal secara tidak lansung saya mengatakan hal yang tidak enak.
    Sama halnya para bule asli Russia yang suka ngeledekin suka bangsa kavkaz,Russia yang hidungnya “alamak” guedee dan model burung betet atau ngeledekin bangsa Russia didaerah far east yang matanya sipit karena keturunan mongol dan china, juga sikap sebagian bangsa eropa yang benci kaum gypsy dengan cap tukang mencuri.
    Hinaan dan ledekan ini terus berlanjut turun temurun dan berkembang menjadi sikap rasis contohnya melarang anak mereka bergaul dengan yang bukan satu ras, pemasangan iklan ” disewakan flat tapi tidak untuk suku bangsa kavkaz”, dari pandangan melecehkan, ledekan hingga membentuk gerombolan neo nazi dan hooligan yang suka mukulin hingga membunuh segala bangsa yang tidak bule 100 persen.

    Kasus lain adik saya almarhum pernah nonjok mata saya ampe biru gara gara kesal dengan kebiasaan saya suka cium dia dan panggil dia dengan nama nama lucu termasuk sigembul bahkan didepan banyak orang yang menurut adikku itu penghinaan dan memalukan karena merasa sudah besar bukan bebeh lagi.Saya tidak sadar rasa sayang saya tidak pada tempatnya.

    Kasus lain banyak anak dikeluhkan guru karena suka iseng, kasus lainnya anak yang sering nangis karena diledekin temannya karena warna kulit, suku bangsanya atau kekurangannya atau dihina dengan kata kata tidak sopan misalnya dasar anak kampung, dasar anak miskin, dasar gendut dan lainnya.

    Apa penyebab anak kecil bisa bersikap buruk dan jahat sehingga menyakiti binatang/anak lain ?? jawaban menyontoh sikap keluarganya, karena ikutan teman dan pengaruh lingkungan. Satu lagi yang paling berperan adalah media massa seperti siaran televisi bahkan film kartun.

    Baru baru ini saya sadar bahwa film kartun yang lucu mengandung pengaruh buruk jika anak salah mengartikannya, beberapa kisah kisah kartun juga secara tidak lansung mengajarkan anak untuk saling ngerjain dengan maksud melucu misalnya saling lempar, memukul dengan suatu benda, pasang jebakan misalnya dengan melempar plastic berisi air dan hal tersebut ditiru banyak anak.Keisengan adik saya terhadap binatang karena meniru film kartun yang ditontonnya. Putri saya yang berusia 3 tahun mulai suka getok kepala/badan saya dengan mainannya sekedar iseng, ini gara gara nonton “tom n jerry” kalo pas mukul pake boneka mach tidak apa tapi kalo pas megang mainan yang lebih keras… sakit booo…sejak itu saya berhati hati jika membeli dvd anak.

    Anak- anak yang jadi pelaku dan korban akan berkembang jadi manusia dewasa yang bermasalah jika tidak segera dibantu.

    Nasip situkang bikin sakit hati ? sering kali hanya diacuhin, ditegur, dimarahi dengan kata kata dan hukuman tanpa dicari alasannya mengapa dia begitu dan cari penyelesaiannya dengan cara pendekatan dengan kasih sayang.Jika dibiarkan orang ini akan berkembang jadi manusia yang rasis, tukang iseng/suka ngeledek, bersikap kasar/sok kuasa/egois dan yang terparah isengnya bisa berkembang jadi tindak kejahatan.

    Nasip sikorban ? yang tidak ketahuan akan menumpuk rasa sakit hatinya sehingga berkembang jadi hal negative, kebanyakan orang sekitarnya tidak membantu dia mengakhiri masalah yang membuatnya sedih/sakit hati karena beranggap itu hanya lelucon/iseng ajah.Jika dibiarkan korban akan mengalami tekanan jiwa/stress, yang fatal bunuh diri atau melakukan pembunuhan terhadap situkang bikin sakit hati atau dilampiaskan ke orang lain.

    DiRussia kasus terbaru seorang remaja laki laki bunuh diri karena sering di marahi guru matematikanya dan akibatnya jadi celaan teman teman sekelasnya. Kasus lain seorang pria melakukan pembunuhan berantai terhadap banyak pemabuk dan tunawisma dengan alasan iseng dan pingin mecahin rekor. Banyak kasus remaja putri yang bunuh diri karena diledekin jelek dan tidak ikutin gaya hidup terbaru alias kuper bahkan satu anak laki-laki di Moscow melompat dari flatnya dan tewas hanya karena kesal tidak dibeliin game terbaru dan sering dimarahi ortunya.

    untuk para orangtua pelajari anak anda jangan sampai menjadi situkang bikin sakit hati atau menjadi korbannya.
    untuk mereka yang punya pembantu atau bawahan didunia kerja juga berhati-hati dalam memperlakukan mereka dan dalam berbicara karena jika mereka sakit hati efeknya mungkin akan buruk terhadap kita dan keluarga.

    ivarksd menyarankan para pembaca untuk berhati hati dalam bertindak dan bertutur kata terutama soal keisengan atau membuat lelucon jangan sampe membuat rasa sakit hati.Sebarkan rasa sayang dan perhatian terhadap sesama manusia…

    Yth,: Pak Ivar Ksd. Bagi saya contoh yang anda tulis sangat baru dan untuk itu terima kasih, sering-sering saja mampir di blok ku ini, Love, Love n Love (TodungLToruan)

  3. Dear Todung,

    You mistake, Todung! The main point of the above-mentioned writing is NOT to warn people (including) to avoid any corruption practical.

    BUT TO WARN PEOPLE (INCLUDING YOU) NOT TO GAIN THE WHOLE WORLD. Because the love towards to the Father does NOT exist in this world.

    The aim of Christian’s life is HEAVEN, as your song said, “Surgo i sambulonta do i”

    Dear Mr Rico: Of course, I agree with you. I love it. Heaven is our aim, but do not forget that the world been given to you by Lord Thy God, you have to bring your world clean incl. your families, your neighbour, your church, we ourself (without corruption etc) to Thee, that’s our task, our responsibility. Love, Love n Love (TodungLToruan)

  4. Fitnah

    Fitnah atau mencaci adalah suatu pencurian sepertimana yang kita lihat di dalam karya Hukum dan Perintah Tuhan Kelapan [261].

    Dengan berbuat fitnah kita mencuri ciri-ciri sifat seseorang itu dan kita membunuh mereka. Kualiti hidup mereka dikurangkan dan semangat mereka dihancurkan. Kita telah lihat perintah-perintah terhadapnya di atas.

    Pemfitnah-pemfitnah ini disangkal oleh Allah.

    Yeremia 6:27-30 Aku telah mengangkat engkau di antara umat-Ku sebagai penguji, engkau harus tahu bagaimana menyelidikinya, dan harus menguji tingkah langkah mereka. 28 Semua mereka adalah pendurhaka belaka, berjalan kian kemari sebagai pemfitnah; sekaliannya mereka berlaku busuk! 29 Puputan sudah mengembus, tetapi yang keluar dari api hanya timah hitam, tembaga dan besi. Sia-sia orang melebur terus-menerus, tetapi orang-orang yang jahat tidak terpisahkan. 30 Sebutkanlah mereka perak yang ditolak, sebab TUHAN telah menolak mereka!

    Allah menunjukkan melalui Yeremia, akan hasil akhir bagi pelanggaran hukum.

    Yeremia 9:1-6 Sekiranya kepalaku penuh air, dan mataku jadi pancuran air mata, maka siang malam aku akan menangisi orang-orang puteri bangsaku yang terbunuh! 2 Sekiranya di padang gurun aku mempunyai tempat penginapan bagi orang-orang yang sedang dalam perjalanan, maka aku akan meninggalkan bangsaku dan menyingkir dari pada mereka! Sebab mereka sekalian adalah orang-orang berzinah, suatu kumpulan orang-orang yang tidak setia. 3 Mereka melenturkan lidahnya seperti busur; dusta dan bukan kebenaran merajalela dalam negeri; sungguh, mereka melangkah dari kejahatan kepada kejahatan, tetapi TUHAN tidaklah mereka kenal. 4 Baiklah setiap orang berjaga-jaga terhadap temannya, dan janganlah percaya kepada saudara manapun, sebab setiap saudara adalah penipu ulung, dan setiap teman berjalan kian ke mari sebagai pemfitnah. 5 Yang seorang menipu yang lain, dan tidak seorangpun berkata benar; mereka sudah membiasakan lidahnya untuk berkata dusta; mereka melakukan kesalahan dan malas untuk bertobat. 6 Penindasan ditimbuni penindasan, tipu ditimbuni tipu! Mereka enggan mengenal TUHAN.

    Saksi dusta menghalang orang daripada mengenali Allah. Orang-orang membawa-bawakan cerita fitnah demi untuk mencurahkan darah (Yehezkiel 22:9).

    Keluaran 23:7 Haruslah kaujauhkan dirimu dari perkara dusta. Orang yang tidak bersalah dan orang yang benar tidak boleh kaubunuh, sebab Aku tidak akan membenarkan orang yang bersalah.

    Keluaran 23:2 Janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang melakukan kejahatan, dan dalam memberikan kesaksian mengenai sesuatu perkara janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang membelokkan hukum.

    Keadilan itu janganlah diabaikan kerana orang yang banyak ataupun kekayaan. Kebenaran itu janganlah dianggap kerana bilangan dan pandangan-pandangan orang banyak.

    Imamat 19:16 Janganlah engkau pergi kian ke mari menyebarkan fitnah di antara orang-orang sebangsamu; janganlah engkau mengancam hidup sesamamu manusia; Akulah TUHAN.

    Gosip membunuh orang dan membinasakan keluarga. Ia adalah tanda bangsa yang terkutuk.

    Fitnah di dalam Keluarga

    Lelaki yang memfitnah kesucian isterinya haruslah dihukum oleh para penatua kota. Begitulah juga dengan seorang perempuan yang bodoh yang mencemari nama baik rumahtangganya (rujuk Ulangan 22:13-21; dan karya-karya Hukum dan Perintah Tuhan Kelima dan Hukum dan Perintah Tuhan Ketujuh.

    Semua lelaki haruslah mengasihi isteri-isteri mereka sama seperti Kristus mengasihi Jemaat. Tiada orang yang boleh memfitnah keluarganya dan terus berada di dalam keluarga Allah (rujuk Efesus 5:28-29). Sepertimana isteri-isteri hidup memberikan hormat kepada suami-suami mereka, begitu jugalah suami-suami harus hidup sesuai dengan pengetahuan, memberikan hormat pada isteri-isteri mereka, sebagai waris-waris bersama karunia hidup, supaya doa-doa mereka tidak terhalang (1Petrus 3:1-7). Allah tidak mendengar seorang pemfitnah, dan begitu juga dengan seseorang yang gagal untuk memberi hormat kepada keluarga Allah.

    Begitu jugalah seorang lelaki tidak boleh merendahkan seorang perempuan (Ulangan 22:29; Keluaran 22:16, 17).

    Fitnah di dalam keluarga dilarang sama sekali.

    Mazmur 50:19-20 Mulutmu kaubiarkan mengucapkan yang jahat, dan pada lidahmu melekat tipu daya. 20 Engkau duduk, dan mengata-ngatai saudaramu, memfitnah anak ibumu.

    Fitnah sebagai Pencurian

    Kita telah katakan bahawa fitnah adalah pencurian ciri-ciri seseorang itu. Kita telahpun membuang diri manusia lama itu dan telah memakaikan manusia baru yang diperbaharui di dalam pengetahuan, menurut gambar Dia yang menciptanya (Kolose 3:9-10).

    Kolose 3:9-10 Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, 10 dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;

    Manusia baru adalah Roh Kudus di dalam Yesus Kristus, yang merupakan gambar Allah yang menciptakan dia. Ini adalah salah satu daripada tiga pernyataan khas (rujuk Ibrani 3:2; Wahyu 3:14) berkenaan penciptaan Mesias dan satu-satunya yang tidak pernah dikacau, kerana ia adalah yang paling samar sekali.

    Biarlah setiap orang membuangkan sifat berdusta dan sebaliknya berbicara kebenaran sesama sendiri (Efesus 4:25; rujuk Amsal 11:9).

    Dengan itu kita telah dinasihatkan seperti ini:

    Efesus 4:29 Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

    Titus 3:1-3 Ingatkanlah mereka supaya mereka tunduk pada pemerintah dan orang-orang yang berkuasa, taat dan siap untuk melakukan setiap pekerjaan yang baik. 2 Janganlah mereka memfitnah, janganlah mereka bertengkar, hendaklah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang. 3 Karena dahulu kita juga hidup dalam kejahilan: tidak taat, sesat, menjadi hamba berbagai-bagai nafsu dan keinginan, hidup dalam kejahatan dan kedengkian, keji, saling membenci.

    Turuti hukum itu dan janganlah membicarakan yang tidak baik mengenai orang lain.

    Yakobus 4:11 Saudara-saudaraku, janganlah kamu saling memfitnah! Barangsiapa memfitnah saudaranya atau menghakiminya, ia mencela hukum dan menghakiminya; dan jika engkau menghakimi hukum, maka engkau bukanlah penurut hukum, tetapi hakimnya.

    Janganlah kamu mengutuk dirimu sendiri sepertimana seorang yang bebal dengan mulutnya sendiri.

    Amsal 10:18 Siapa menyembunyikan kebencian, dusta bibirnya; siapa mengumpat adalah orang bebal.

    Allah telahpun nyatakan apa yang akan Dia lakukan terhadap pemfitnah dan orang yang sombong.

    Mazmur 101:5 Orang yang sembunyi-sembunyi mengumpat temannya, dia akan kubinasakan. Orang yang sombong dan tinggi hati, aku tidak suka.

    Horas Amangboru St RM Silaban, godang paribotoonnami dialap hamu Silaban.
    Terima kasih atas ayat-ayat Alkitab yang sungguh mendukung tulisan saya dalam buku: 63 Ayat, Seandainya Saya Jadi Presiden, ayat ke 62, selengkapnya buku itu bisa dilihat di TB Gunung Agung dan TB lainnya di seluruh Indonesia, sejak 18 Agustus 2008 lalu, belilah Amangboru, jangan ketinggalan. Maksud saya agar Amangboru juga boleh memperkayanya lagi seluruh 63 ayat itu dengan Firman Tuhan seperti tulisan Amangboru di atas. Sampai jumpa lagi. Love, Love n Love (TodungLToruan)

  5. Ada banyak orang di dunia yang sangat gila hormat. Banyak orang mengumpulkan uang, memupuk penghormatan, mengasihi keindahan dunia dan menjalani kehidupan hanya untuk masa sekarang ini saja. Tidak ada hasil apa-apa yang akan didapatkan dan mereka justru akan layu dan kemudian lenyap ditelan waktu. Itulah sebabnya mengapa orang-orang yang hidup oleh keinginan daging sering disebut gila hormat. Kalau memang orang itu menjadi kaya, apakah ia memiliki damai sejahtera dan kepuasan? Buah-buah kedagingan pada akhirnya akan layu dan lenyap. Hal-hal duniawi tidak memiliki manfaat bagi jiwa orang lain dan hanya bagi dirinya sendiri. Semuanya itu hanya baik untuk daging kemanusiaan seseorang saja.

    Alkitab berkata, “Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan” (Amsal 11:24). Mereka yang belum dilahirkan kembali berusaha untuk menyimpan banyak uang. Bagi mereka hal-hal duniawa adalah segala-galanya, sehingga mereka tidak memiliki tempat bagi orang lain di dalam hati mereka. Itulah sebabnya yang mereka kehendaki dan yang mereka perdulikan hanyalah diri mereka sendiri. Tetapi dikatakan dalam Alkitab bahwa ada seseorang yang menahan dan menimbun secara berlebihan, tetapi kemudian kemiskinan datang kepadanya. Banyak orang berjalan dalam keinginan daging mereka, tetapi akibatnya sama, pada akhirnya mereka aan menjadi penjahat dan mati karena kejahatan mereka. Semua itu adalah akibat dari gila hormat.

    Gabe jala Horas Amangboru St RM Silaban,
    Sintua na ringgas do ra Amangboru mardiskusi taringot tu Alkitab, Tuhanta ma mamasu-masu. Memang Tuhan Allah tidak pernah melarang manusia itu kaya, bahkan dia berikan kekayaan sebagai anugerah, tanpa diminta, karena dia layak mengelolanya. Salomo sendiri, dalam Amsal 30 memohon kepada Allah: “Tuhan, jangan berikan aku kekayaan, tapi jangan berikan aku miskin, bila aku kaya akan kuhina Engkau: siapakah Allah! dan bila aku miskin aku akan mencuri, melanggar hukummu, kira-kira begitu. Namun Allah justru memberikan kekayaan kepada Salomo. Yang penting kekayaan yang halal itu kita kembalikan lagi kepada kebesaran dan kemuliaan Tuhan, ummalo do Amang Boru disi, hah, hah, haaah. Horas. Love, Love n Love (TodungLToruan)

  6. Siapa bilang Tuhan Allah tidak pernah melarang manusia menjadi orang kaya? Lantas untuk apa Tuhan Yesus mengatakan bahwa lebih mudah seekor unta masuk ke dalam lubang jarum daripada orang kaya? Terus apa gunanya IA menyuruh orang kaya untuk menjual harta bendanya sebelum mengikuti DIA?

    Yang mengatakan bahwa Tuhan Allah tidak pernah melarang seseorang menjadi kaya adalah para teolog, bukan Tuhan Allah. Salomo aja tidak menginginkan dirinya kaya raya. Ia juga tidak menginginkan dirinya menjadi fakir miskin. Yang ia inginkan adalah menjadi orang sederhana.

    Sebagai orang Kristen kita harus mengikuti Tuhan Yesus yang kisahNYA tertulis di dalam Kitab Perjanjian Baru. Bukan Raja Salomo yang tertulis di dalam Perjanjian Lama. Dia itu playboy. Selain itu pendapat para teolog juga tidak perlu kita ikuti
    mereka itu kan manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan.

    TUHAN YESUS yang patut kita ikuti. Sebab DIALAH yang menghapus dosa-dosa kita, bukan Salomo dan juga bukan para teolog.

    .

    Yth. Tulang St M. Sinaga, orang kaya yang mana dulu Tulang. Memang Firman Tuhan: Magigi au mamereng luhutanmunai, ndang parduli au di angka peleanmunai, ini buat orangkaya yang satu itu, tapi buat orang kaya yang satu lagi dikatakan: hamoraon ni namorai lam digandai (baca Amos/PL dan Lukas/PB) Love, Love n Love (TodungLToruan)

  7. Ah ndang pola iba manghatai dohot donganni iba pandita na nidokmuna i. Menurut ukuran ni jolma pakar do nasida di hatabahon dohot hakristenon, alai molo menurut ukuran ni Debata : BELUM TENTU !!!! Ai olo salah jolma i manang TU ERR IS HUMAN. Jadi ndang pola porlu iba manghatai dohot nasida.

    Berarti nga salpu ate periodemuna i. Ima molo hasangapon ni portibi on: SATONGKIN HIAN DO ATE! Pokokna nasa na margoar parhalado (baik parhalado parmingguon maupun parhalado pusat) ndang sihataan ni i hasangapon na olo salpu i, ima hasangapon na adong di portibi on. Hasangapon saleleng ni lelengna i do sihataan ni parhalado marhite Hata ni Tuhan i. Molo nga songoni prinsip ni seseorang parhalado, ba nda tung mungkin be nasida di parhatoban ni hasangapon.

    Dietong ho do naung malo ho????

    .
    Bapak Prof. Yth.
    Lupa Bapak, Titel Prof, DR, MTh adalah kemuliaan seseorang (hasangapon) walau pun banyak yang tidak jadi mulia; jangan lupa bahwa gaji Pendeta 4,2 juta rupiah perbulan melebihi gaji pengawai tinggi negeri juga kekayaan (hamoraon) dan ini masih harus ditambah dengan ucapan syukur salam-salam dari pencinta pendeta, dan pendapatan lainnya dari jemaat juga gaji isteri, walau pun banyak pendeta tidak mensyukurinya; jangan lupa bahwa pendeta pengen nikah/berkeluarga juga termasuk cinta keturunan (hagabeon) walaupun tidak semua orang diberi keturunan. Banyak pendeta yang syok berkata:” jangan pikirkan hasangapon, hamoraon dan hagabeon, yang perlu adalah surga yang kekal dan abadi”. Dia berkhotbah seperti itu karena dia sudah menerima berkat itu, dia enak-enak berkata begitu karena dia sudah berlimpah berkat. Berhentilah berkhotbah seperti itu Bapak Prof. Thanks. Love, Love n Love (TodungLToruan)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: